Rabu, Desember 04, 2013
25
TOKYO-(IDB) : Angkatan Laut Amerika Serikat mengerahkan pesawat pengintai mutakhir ke Jepang, kata pejabat pada Senin, saat ketegangan meningkat menyangkut pengakuan China atas wilayah di kawasan itu.

Dua jet patroli Poseidon P-8A dikirim dari Jaksonville, Florida, pada Jumat dan tiba di pangkalan udara Kadena, Okonawa, dalam usaha terencana sebelum Beijing mengumumkan wilayah pertahanan udara pada bulan lalu meliputi pulau sengketa di Laut China Timur, kata pejabat Angkatan Laut kepada AFP.

"Ini telah direncanakan sejak lama," kata pejabat yang tidak bersedia namanya disebutkan itu.

"Ini satu penggelaran yang dirotasi."

Empat lagi pesawat Poseidon menurut rencana akan dikirim ke Okinawa akhir bulan ini, kata pejabat itu.

Pengiriman pesawat itu ke Jepang merupakan missi pertama bagi pesawat baru itu, yang akan menggantkan pesawat Orion P-3 buatan tahun 1960-an.

Pesawat P-8A, pesawat Boeing 737 yang diubah dengan memasang radar canggih dan rudal anti-kapal, didesain untuk memburu kapal selam dan melacak kapal lain di laut.

Pada 23 November, China mengumumkan zona identifikasi pertahanan udara yang diperluas dan mengatakan setiap pesawat harus mengajukan rencana penerbangan sebelum memasuki daerah itu, tempat di mana pulau-pulau yang disengketakan di Laut China Timur.

Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan Amerika Serikat masing-masing telah mengirim pesawat-pesawat ke zona itu tanpa memberitahu China,yang menunjukkan penolakan mereka untuk mengakui pengumuman Beijing itu.

Setelah mengirim dua pembom B-52 pekan lalu, militer AS tetap melakukan penerbangan militer "rutin" di daerah itu tetapi tidak ada tanggapan permusuhan dari China, kata juru bicara Pentagon Kolonel Steven Warren kepada wartawan Senin.

"Reaksi China terhadap operasi kami biasa saja," kata Warren.

"Kami tidak mengubah waktu operasional kami," tambahnya.

Penggelaran pesawat P-8 itu dilakukan saat Wakil Presiden AS Joe Biden akan menyampaikan "kekhawatiran" Washington kepada China tentang zona sistem pertahanan udara China dan berusah meminta penjelasan menyangkut niat Beijing itu.




Sumber : Antara

25 komentar:

  1. MAMPIR GAN, DI FP : https://www.facebook.com/pages/Info-Militer-Dunia/358471770918874

    BalasHapus
  2. TUNGGU SAJA TAHUN 2020 KEBANGKITAN CHINA.. NEGARA KOMUNIS ITU MASH SABAR, MENGALAH KARNA MEMPERSIAPKAN PERSENJATAANNYA. LHAT TAHUN 2020.AKAN ADA PERANG KALAU AMERIKA JEPAN MENPROPOKASI CHINA..KOREA UTARA VS KOREA SELATAN..CHINA VS US JEPAN. MUDAH MUDAHAN TERJADI.

    BalasHapus
  3. first see first action

    BalasHapus
  4. Hahahaha china cuman omongan doang pas amerika ikut masuk buat maen ga ada aksi apa apa.

    BalasHapus
  5. Bukan gitu..kayanya bro..China ngitung untung ruginya dulu...masalahnya Amrik..punya utang gede ke china..tar kalau Perang tar utangnya ga dibayar ama amrik..nunggu Lunas dulu kayanya.

    BalasHapus
  6. Betul itu broo amrik punya utang gede ama cina jd tunggu lunas dulu baru ambil keputusan perang

    BalasHapus
  7. kyaknya para ano condong ke china... padahal china lah salah satu musuh potensial indonesia. terutama dg tabiat merekayg suka mengklaim suatu wilayah berdasarkan sejarah jaman kalabendu!! Wilayah Indonesia sgt mungkin di klaim oleh china, terutama natuna dan sekitarnya. seandainya ADIZ di terapka di LCS--yg berarti natuna jg kena, apakah anda2 para ano tetap mendewa2 kan china??

    BalasHapus
    Balasan
    1. di peta resmi cina lcs natuna tidak termasuk , malah sebaliknya dokument ausi tertuang penghangcuran nkri dengan jln apapun . menurut bocoran snowden .

      Hapus
  8. china termasuk salah satu kekuatan yang siap mengancam dunia.. baru punya bebrapa teknologi yang belum mampu menandingi russia apalagi dengan US dan Nato saja sudah berani melebarkan sayap mau mencaplok wilayah negara lain.. mereka masih aja ada bibit2 konflik dengan india, konflik LCS dengan sebagian negara asean konflik dengan korsel, taiwan dan jepang..
    sama taiwan yang di dukung AS aja nggak berani konfrontasi langsung..
    bagi AS masalah hutang dengan China bisa dibayar dengan perang...

    BalasHapus
  9. Y KITA LHAT AJA PERKEMBNGAN CHINA DAN MUDAH2HAN CHINA GAK MENCAPLOK NATUNA KRN SAAT INI CHINA MENGHORMATI INDONESIA MUDAH MUDAHAN.AMIN.. AMERIKA TU CM JAGO KEROYOK.BERANI SEBAB ADA SEKUTUNYA,.TPI LHAT AJA KEBANGKITAN CHINA, CHINA SKRG MASH TERTUTP AKSES MILITERNYA, TPI SY YAKIN CHINA SKRG BERBELANJA BESAR, ORANG2 CHINA GAK AKAN KEHABISAN AKAL UNTK MENGALAHKAN AMERIKA.. CHINA AJA UDA MENJAJAH EKONOMI AMERIKA..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cina menghormati indonesia dgn tidak mencaplok natuna? Boleh sebutkan dasarnya apa, natuna adalah palang pintu pertahanan pertama indonesia yg betul2 hrs dipertahankan, jika natuna sampai jatuh menurut saya hanya dlm hitungan hari mrk sdh tiba di laut jawa persis di depan perairan jakarta yg notabene sbg jantung nya indonesia, jgn anda berpikir cina menghormati indonesia tdk sama sekali, kl keadaan sdh spt ini terus kita mau minta tolong siapa?

      Hapus
    2. Minta tlg ma mbahmu,apa nenekmu...jawa kontol penakut.

      Hapus
    3. 23.08.bodoh amat leo. Emang semudah itu bisa masuk ke laut jawa dri natuna bodoh. Lhat peta goblok, makanya tni menempatkan 1 batalion di pulau nipah,.kalau mau masuk china goblok dia mesti berhadapan dngan amerika krn ruang udara natuna masih di kontrol singapura yg jg pangkalang amerika. Dasar goblok. Leo gk lhat apa di jambi tni al buat pangkalan tentara laut.. Mau masuk jakarta dri natuna uda berlapis2 pengamananya goblok.bibara gk pake otak.gak analisis dlu.beda ma senkaku.

      Hapus
    4. 06.18 betul, orang 23.08 analisis pake buntut..munkin pengamen aja yg komen...pulau natuna itu jauh dri jakarta, paling dekat dngan singapura yg jelas pangkalan tentara laut amerika. China mau masuk laut jawa melewati 2 pulau besar indonesia sumatra dan kalimantang. Emangnya tni gk pnya pangkalan apa di sumatra dan kalimantan barat..itu orang bodoh la.

      Hapus
    5. Ano 23,08 pulau sengkaku ma natuna gk sama.sengkaku memang sblm perang dunia ke 2 itu milik china.jepang mengambil pulau itu sewaktu dia menjajah china.jadi pulau itu pnya sejarah panjang, sedangkan laut china selatan pemerintah china klaim pnyanya sejak dlu. Sy yakin china gk mengusik natuna.gak usah terlalu takut. Gk munkin china mau transfr teknologi rudalnya ke indonesia kalau dia anggap musuh nantinya..beda ma malaysia vietnam philipn mana china mau kasi teknologi militer. Krn dia pikir bkal musuh dia.. Indonesia negara sangat strategis di rantau ini. Bgitu jg kalau china mau masuk ke laut jawa apa segoblok itu china.jelas2 ada pangkalan tentara amerika di singapura. Belum pangkalan tentara laut malaysia di kucing dan dijohor. Sewaktu perang china gk bakalan berani masuk ke laut jawa. Krn tni al pnya pangkalan di pulau nipah,blm di jambi skrg di bngun. Lampung ada ada pangkalan marinir. Anm 23.08 belajar lhat peta y. Jangan goblok,tolol.

      Hapus
  10. Pas bngt nih pswt ngejatuhin bom di markas FPI

    BalasHapus
  11. amerika sllu ingin menunjukkan bahwa dia negara super power yang garang, n ingin asia sellu berada dlm cengkramannya, ASU inilah yang menjadi ancaman keamanan asia pasifik. sllu berulah, sllu ikut campu urusan negara lain, biang kerok, jepang sudah gk terlihat sperti negara yang mandiri, jadi kaki tangannya ASU

    BalasHapus
  12. emang w pikirin,hee

    BalasHapus
  13. Keadaan saat ini mnrt saya seperti keadaan kebangkitan militer jepang di awal tahun 1940 dimana jepang dengan sangat cepat menguasai hampir seluruh kawasan asia pasifik, militer jepang yg sangat agresif dan tak tertandingi di kawasan asia pasifik ditambah kebencian oleh aksi kolonialisme bangsa barat pada bangsa2 asia, membuat militer jepang dgn mudah utk menaklukan kawasan asia pasifik dgn iming2 kemerdekaan dgn slogan jepang saudara tua, jepang cahaya dan penyelamat asia, ternyata sejarah indonesia mencatat aksi gila, bejat, militer jepang yg sangat brutal, buat saya cina ini sangat berbahaya jangan kita terlena oleh kebaikan mrk, jelas sekali pernyataan2 cina secara sepihak spt klaim atas LCS ini sangat berbahaya, sekali lg kita hrs sgt berhati2 dgn pertumbuhan kekuatan militer cina, sinyal militer cina akan melakukan spt apa yg akan dilakukan militer jepang di tahun 40 an terlihat sdh sangat jelas

    BalasHapus
  14. Kalo gw sih ga percaya dua duanya sama aja. China suka klaim dan mw nyaplok negara orang sedangkan amerika suka ngatur negara orang. Jd mending sih dua duanya perang aja biar ancur dua duanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. BETUL.MENDINGAN PERANG AMERIKA VS CHINA. KITA ORG INDONESIA GK SEBERAPAH KALAU TERJADI PERANG,YG SANGAT BAHAYA VIETNAM, PHILIPINA.MALAYSIA SINGAPURA,BRUNAI, KALAU TDRJADI PERANG DI LAUT CHINA SELATAN INDONESIA DI UNTNGKAN,KRN VIETNAM MALAYSIA SINGAPURA PHILIPIN AKN MELAWAN CHINA.KITA CM DAPAT TAI2NYA AJA.

      Hapus
  15. Yg perlu di khwatirkan adlh pngkalan miluter as yg mengelingi indonesia sprty irak sblm perang teluk

    BalasHapus
  16. Ahh sok tau u semua nyet...bisanya ngurusin negara lain,urusin aja indon yg msh bnyk korupsinya! LERRRRRR....

    BalasHapus
  17. Cina itu sekutunya rusia

    BalasHapus