Jumat, Desember 20, 2013
33
JAKARTA-(IDB) : Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI I.B. Putu Dunia, mengatakan, bahwa TNI-AU menambah sebanyak 24 unit pesawat tempur jenis F-16 buatan Amerika Serikat guna melengkapi Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista). 

Kasau di Lanud Adi Soemarmo Surakarta, Jumat mengatakan, pengadaan alutsista TNI-AU itu, secara umum melanjutkan program pengadaan alutsista sebelumnya untuk 2014. 

Menurut Kasau, dalam pengadaan alutsista khususnya pesawat tempur F-16 tersebut akan dilaksanakan mulai 2014 guna menambah kekuatan pertahanan di udara. 

Kasau menjelaskan, pada 2014 diharapkan sudah dapat melengkapi pertahanan udara delapan unit dulu, sedangkan sisanya tahun berikutnya 

Menurut Kasau, selain pesawat F-16, TNI-AU juga akan mendapat tambahan antara lain jenis Hercules, CN-295 dan empat alat radar. 

Menyinggung soal peran TNI AU jika diminta mendukung Polri dalam pengamanan terorisme di Indonesia, Kasau menjelaskan, sebagai anggota TNI AU selalu siap sesuai perintah Pimpinan. 



Sumber : INA

33 komentar:

  1. bakal rame ni skuadron f-16nya..positif thinking aja..ibarat nasi udah jd bubur gk usah didebatin lagi,tu duit dah masuk ke asu..!
    karena msh ada Su-35 dan Grippen NG :-) belum lagi tawaran di light fighter yak 130 udah di depan mata untuk mengganti peran hawk 100/200.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya pengganti hawk,t 50 golden eagle btl ga bro..

      Hapus
    2. Sob Ano 06:37 hawk mk53 dan 100/200 beda mas bro. t-50 untuk pengganti mk-53 dengan basic trainer. sedangkan yang hawk 100/200 dengan statusnya light fighter akan diganti yak 130 yg basicnya light fighter juga. u understand..???? kecuali seri f/a-50 golden eagle itu baru versi combat..bukan trainer. maturnuwun

      Hapus
  2. f16 buatan asu....selain lama gak simple , bayar dulu rada maksa 3 tahun kemudian barang baru di kirim barang , bagus ke depan pembelian alusista ke asu patut di evaluasi supaya lebih tepat sasaran . tiga tahun baru di kirim 8 buah itu pun bukan barang baru .ada unsur politec pegadaan alutsista dari asu ...lebih mendominasi kemungkinan besar mereka mulai menekan soal pembelian jet tempur baru . untuk mengantikan f5 teger .

    BalasHapus
  3. kalau F-16 block 60,,, boleh lah ,,, tapi kalau kurang dari itu yaaa sama aja bo'ong ,,, kecuali AS mengijinkan Indonesia memodifikasi sistem dan persenjataan pakai rudal yang ditenteng oleh Sukhoi,,, kalau boleh wah baru tuh mantab,,,

    BalasHapus
  4. bagusan " jas gripen" walau bekas pakai air force sweden tapi avionic se class f16 block 60 . tinggal ganti mesin gripen enggine besutan volvo supaya kalau di adu nanjak gak gos gosan .

    BalasHapus
  5. di jamin kalau akusisi jas gripen 1 tahun langsung megudara di indonesia . pastilah memuaskan alaa...sukhoi gak lama langsung di kirim itu pun tampa bayar lagiii di kasih kridit bulanan . beda kalau asu....krisis asu dan rada maksa 2 harus bayar dulu ....barang gak tentu apa gak cilaka ketemu negara bandit bikin kita berantem gara 2 ...f16 kurang asemm .

    BalasHapus
  6. Su-35 nya jd gak nih......?

    BalasHapus
  7. indonesian air force belllom masuk 20 besar angkatan terkuat di udara alias bellom siap menghadapi perang moderen nan cepat , apalagi kita negara kepuluan ironis sebuah bangsa besar multi kaya hanya bisanya gutang karna nkri sudah di penuhi maling jadi pejabat . ini sebenarnya yata 2.... kita salah ke lolala hampir di setiap intansi karna pada sibuk mencuri . kalau di buka ke publik tepok soray ...nya para maling gak terima alias marah 2.... alias ke mungkinan besar pelakunya ikut commen di block alutsista tampa kita ke tahui . itu ajaa...sih ! # semoga pegagum block ini ikut prihatain negaramu sudah di kuasai maling !!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pejabat sekarang yg jadi maling....dulunya adalah para aktivis mahasiswa yang suka meneriakkan slogan ANTI KORUPSI. Tapi setelah mereka berkuasa GANTI MEREKA YG JADI MALING... jadi mereka teriak maling karena BELUM KEBAGIAN MENJADI MALING....mudah2an yg teriak malong ino BUKAN CALON MALING......

      Hapus
    2. ano 12.19, kami semua maklum masalah itu bos,,, mungkin diantara kami ano-ano malah lebih tahu dari kamu ,,, hanya masalahnya disini forum alutsista dan hankam,,, tempat anak bangsa yang bangga akan negaranya berbagi rasa yang positip soal alutsista kita ,,, kalau anda termasuk yang gak suka atau ada warna politik lain atau ada agenda lain terhadap pemerintah yang berkuasa sekarang itu masalah andalah ,,, carilah forum hujat menghujat yang lain atau LSM Barat bergabunglah disitu ,,, pasti banyak yang sealiran dengan anda ,,,
      Seperti kata ano 16.52,,, maling yang teriak maling sekarang banyak ,,,

      Hapus
    3. ahh.. kalo korupsi tergantung manusianya aja, bukan mutlak karena datang kesempatan...

      Hapus
  8. Yah tetep berpikir positif aja. Yang penting kita tetep mendukung kemanjuan bwat angkatan udara. Saya berharap sih penggantinya f-5 antara gripen kalo ga rafale supaya dapet tot. Kalo sukhoi apa f-16 kita cman beli jadi sih

    BalasHapus
  9. Judulnya seharusnya "8 Unit F-16 Hibah AS Repotkan TNI AU Tahun Depan" soalnya barang bekas udh turun mesin alias rongsokan

    BalasHapus
  10. alutsista buatan asu. ....sudah bekas jauh 2... hari harus bayar dulu barang kapan 2..ajaa ...." ini penjajahan baru dan penghinaan luar biasa , nkri merdeka tampa bantuan asu malah nkri sekarang jadi penyelamat asu dan anak 2 nya di asean ini fakta . hanya indonesia jadi bulan 2 nan asuu di kibulin iyaa iya....terrus . f16 sudah bayar kontan di paksa harus belli heli apache 5 bellom tentu di kirim tepat waktu , sebaliknya kalau negara lain belli pesawat pt (DI) kelewat sebulan langsung di denda jutaan dolar , nahh ....sobat prihatin atau tidak anda ?..... kalau kami sedih senista inikah tanah kelahiran yg kita cintai di hina di kencingi savan hari di sadap tetap ajaaa....tni mau latihan bareng asu di lumbung rumah nya sendiri anehh tapi yata ada apa sebenarnya kita yaris jadi bangsa sialan karna ulah peminpin kita sendiri .

    BalasHapus
    Balasan
    1. TRUS APA YG SUDAH KAMU LAKUKAN? CUMAN BEKOAR DAN MENGHUJAT DOANG DI THREAT INI......

      Hapus
  11. bangsa pecundang, kenapa kecewa ? bukankah rakyat sendiri yang menentukan pemimpinnya ? kenapa memilih pengkhianat jadi pemimpin ? jawabannya adalah : rakyat dan para pemimpin sama2 pecundang besar, pecundang sejati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas mas emang situ dah paling bner yah sampe bisa komennya. Paling juga situ smp ga tamat makanya ngmngnya ga karuan.

      Hapus
    2. ano 20.20 hhh...kwkw....kami lagi study universty pensalvania fisip diplomasion dan hampir kelar atau dropout untuk segera mengadili para ano 2 ....bentukan resim orde baru yg terkennal jadi antek inpralisme , kami akan datang dengan wajah bersinar ada dan mulai terasa tapi tidak pernah keliatan . tunggu tgl main nya harta harta.... para resim kamaruk harus di sita sitaaa...untuk kepentingqn jangka panjang nkri jadi negara adi kuasa baru . rintangan pqstilah ada kita tidak boleh menyerah hanya karna segelintir resim kamaruk yg susah di atur dan yaris bikin negara bangkrut . # kita bicara fakta bukan garang 2... mirip para antek inpralis....

      Hapus
  12. Kok doyan beli limbah pesawat dr amrik dan australia,bukan kah mereka sudah tdk mau pake pesawat tua itu lg...kalo kita tdk beli..bentar lg sudah masuk gudang besi tua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KALO ENGGAK NGERTI JANGAN KOMENTAR DULU KELIHATAN KUALITAS ANDA. F16 INI DIBELI UNTUK MENUTUP SEMENTARA STOP GAP ANTARA KEBUTUHAN DAN KETERSEDIAAN PESAWAT TEMPUR. SAAT INI KITA BUTUH BANYAK SESEGERA MUNGKIN. KALO NUNGGU YANG BELI BARU TERLALU LAMA JADI SEMENTARA PAKE YG BEKAS DULU.

      Hapus
    2. bukan masalah doyan rongsokan / limbah.. masalah nya ada jaminan ga klo 2 thn ke depan indonesia tidak akan kecolongan, atau perang . atau utk patroli seluas nusantara.. ga mungkin di jadikan tumpuan ke su 30 semua.. soal nya biaya oprasional nya lebih mahal. sementara di butuhkan buru2 untuk mengisi kekosongan alutsista, yg makin menua dengan dana terbatas.
      mgkn kalian ga percaya F16 block A/B milik kita bisa dog fight ma F 18 australia.. itu semua bergantung keahlian dan strategi, sang pilot tempur,, karena jumlah nya terbatas,, maka di butuh kan cepat utk mengisi kekosongan alutsista .. dan TNI dari dulu sebagai pengguna F 16 yg handal.. dan maintenen, suku cadang dan pengenalan pesawat sudah di kuasai TNI..
      gw mau nanya ,, klo kalian kelaparan, kalian punya uang 5.000. kalian mau beli nasi ke KFC, atau beli ke warteg,,??? sementara perut lapar..

      Hapus
    3. anda bicara bukan melalui fakta . ke bocoran ke uangan negara tidak puluhan milyar dolar lagi tiap tahun , dimigas , batu bara emmas , jadi sekali kali jangan bicara cekak dana terbatas , uang ada tapi tidak di kelola secara bennar itu faktanya bung....repot maling ikut comment di blok alutsista ahirnya ramai luar biasa . sudah terbukti pada di buiii masih pandai bersilat .

      Hapus
    4. ano 17.04 , anda salah bicara soal f16 rombengan , baca dulu yg comment di atas baru bicara . sudah tahu f 16 buatan asu ...bayar dulu barang nya sampai sekarang bellom di kirim ,sudah 3 tahun f16 rongsokan gak jellas alias lebih lama dari sukhoi 30 mk yg di belli.baru . # pqham .

      Hapus
  13. Uang negara banyak di makan koruptor hasil nya negeri ini dilindungi f16 buangan amrik.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. semoga tidak ada embargo buat ep enembelas..., amin.

    BalasHapus
  16. Ingin rasanya barangnya cepat datang. Tp harus sabar smoga F16 nya diupgrade dlu sm AS spy performanya gk keliatan amat klo barang bekas. Itupun klo AS punya niat sbgai produsen yg utamakan kualitas tnpa embel2 kepentingan politik.

    *Ayam Jantan dari Timur

    BalasHapus
  17. F16 upgrad pesanan indo sudah siap kirim , menurut sumber jet tempur block 30/32 upgrad lockheet martin sudah di polas warna baru mirip hawk 209 tni au . warnanya keren di profilku ini 100% yata .

    BalasHapus
  18. tak diragukan lagi bhw jet F16 memang merupakan penempur legendaris-meski itu blok 15 tetap lah masih letal-tetap di takuti oleh F18D-MIG29.. dan AU CHILI- taiwan dll masih pd berebut pengen dapetin F16 blok15 meski eks belanda( bangkrut)- apa lagi ini F16 blok32 avionik rasa 52pesananTNIAU-MANTAPP-auraF16setararaf dg F18-F15-GRIFEN-MIRAGE2000.5-MIG29* dan semoga pesanan F16 RI itu bisa cepat dikirim ke RI-tuk sergap bandit2 yg datang dari utara batam-

    BalasHapus
  19. jangan komentar yg jelek dulu...perlahan saja..keinginan pemerintah untuk serius di bidang pertahanan perlu di acungi jempol....

    BalasHapus
  20. f16 upgrad block 30/32 enggine pratt& witney kanada . avionic block 50/52 ?... lumayan tangguh untuk menjaga kawasan yg selama puluhan tahun bak negara gak bertuan gampang di masukin asing karna lemah nya pertahanan udara indonesia . perbedaanya block 30/32 and block 50/52 tangki dan mesin . avionic jeroan radar senjata sama . pintar dan patut di acungi jempol tni . dengan biayaya murah meriah senjata tua di rakit ulang jadi senjata ampuh . permasalahan nya asuu ...sengaja megerem lamban di kirim bellom percaya penuh akibat tekanan negara tetangga indonesia waswas akan masa lalu nkri doyan perang dan sulit di percaya . sudah cerita lama tni unggul di pilot berani dan mahir otak atik barang lama jangan heran negeri tetangga sudah mulai waswas . harap maklum f16 bekas tapi canggih lamban di kirim akibat tekanan sebelah tolong mintak tolong.....ke assu f16 upgrad pesanan jangan di kirim dulu.....ini fakta menurut sumber kawasan yg mulai ada perlombaan senjata tampa alasan yg jellas .

    BalasHapus
  21. - 24 Unit F-16 C/D Block 25 + 6 Unit Reserve with AMRAAM
    - 10 Unit F-16 A/B Block 15 OCU
    Kata pak cik negeri jiran itu bekas rongsok, kalu kata saya "kita liat saja sehebat dan setangguh apa F-18 A/B Hornet dan MiG-29 Fulcrum mereka".
    Ayo mana yg lebih dulu tender penggantia F-5 E/F Tiger II TNI AU atau proyek MRCA TUDM Malingsia...atau lebih dl mana proyek SIGMA 10514 TNI AL atau proyek NGPV TLDM Malingsia...

    BalasHapus