Selasa, Juli 30, 2013
64
Presiden SBY memandangi model kapal selam Kilo Rusia (photo: setneg)
Presiden SBY memandangi model kapal selam Kilo Rusia.

JKGR-(IDB) : Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Y. Galuzin melakukan kunjungan ke Menteri Pertahanan Indonesia Purnomo Yusgiantoro,  Selasa (23/7) di Kementerrian Pertahanan, Jakarta. Tujuan kunjungan ini membicarakan beberapa hal menyangkut kerjasama teknik militer antara kedua negara, termasuk kerjasama Angkatan Laut kedua negara dalam penyediaan material dan renovasi untuk Kapal Selam.


Duta besar Rusia juga menyampaikan bahwa pemerintahnya akan mengadakan pameran senjata “Rusian Arms Expo” bulan September mendatang di kota sebelah timur Moskow. Pameran itu merupakan pameran terbesar yang akan menampilkan persenjataan militer khususnya untuk Angkatan Darat. Dubes Rusia berharap Menteri Pertahanan Indonesia dapat menghadiri pameran persenjataan militer tersebut.


Yang menjadi pertanyaan dari kunjungan ini adalah soal kerjasama Angkatan Laut kedua negara dalam hal penyediaan material dan renovasi untuk Kapal Selam. Sejak kapan Indonesia memiliki kapal selam buatan Rusia. Yang diketahui saat ini Indonesia hanya memiliki dua kapal selam gaek yakni U-209 Cakra dan Nanggala buatan Jerman Barat. Jika demikian,  penyediaan material dan renovasi kapal selam dari Rusia, untuk kapal selam yang mana ?.


Pernyataan Dubes Rusia yang baru ini, seakan hendak memperkuat pengakuan dari Dubes Rusia untuk Indonesia yang terdahulu, Alexander A. Ivanov. Situs tempo.co edisi Rabu, 21 Desember 2011 menyampaikan hasil wawancara mereka dengan Ivanov, perihal pembelian alutsista Indonesia dari Rusia dan jaminan bebas embargo militer dari negeri beruang merah tersebut.


Berikut petikan pembicaraan wartawan tempo dengan Alexander A. Ivanov, 21 Desember 2011 :

Sehubungan dengan kerja sama militer antara Rusia dan Indonesia, Ivanov menekankan tentang kerja sama antara angkatan laut kedua negara. Sebagai negara kepulauan yang terluas di dunia, ujarnya, Indonesia perlu memiliki angkatan laut yang kuat. Indonesia telah membeli kapal selam tipe BNV dengan tipe terbaru dengan teknologi termodern dari Rusia. Kapal selam ini antara lain mampu mengejar target dalam posisi di dalam laut ataupun di permukaan laut.

Bentuk kerja sama lainnya, ujar Ivanov, adalah pembentukan pusat pelayanan kapal selam tersebut dan akan dikelola oleh Angkatan Laut Indonesia. “Ini langkah lebih maju dari kerja sama untuk transfer teknologi dari Rusia ke Indonesia,” kata Ivanov.


Bandingkan pernyataan Dubes Rusia Ivanoviv 21 Desember 2011, dengan pernyataan Menteri Pertahanan Indonesia Purnomo Yusgiantoro seperti yang dikutip Kompas 11 Agustus 2011, usai rapat kabinet:

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan hal itu seusai sidang kabinet terbatas bidang keamanan yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis (11/8), di Kantor Presiden. Estimasi kebutuhan anggaran pertahanan itu, menurut Purnomo, termasuk pengadaan 10 kapal selam yang baru terealisasi dua buah.

Dubes Rusia untuk Indonesia, Alexander A. Ivanov mengatakan Indonesia telah memiliki kapal selam tipe BNV dengan tipe terbaru dengan teknologi termodern dari Rusia, tanggal 21 Desember 2011. Sementara Dubes Rusia yang baru Mikhail Y. Galuzin mengatakan adanya kerjasama Angkatan Laut kedua negara dalam hal penyediaan material dan renovasi untuk Kapal Selam, tanggal 23 Juli 2013.


Apakah kita hendak mengatakan kedua Dubes Rusia untuk Indonesia ini, ngawur semua ngomongnya ?.


Global Security Newswire/ NTI.0rg tanggal 11 Juli 2013 menyebutkan:

Contracts for 37 Varshavyankas have been concluded to date, including three to Iran in the early 1990s, as well as boats sold to India, China, Poland, Romania and Algeria. Additional countries that have recently purchased Project 636 Kilo-class submarines include Indonesia, who ordered two in 2007 at a cost of $200 million each, and Vietnam, who ordered six of the vessels in December 2009 at a cost of $2 billion. (Indonesia termauk negara lain yang telah membeli kapal selam Kilo Class Project 636 sebanyak 2 unit pada tahun 2007 dengan harga 200 usd/per kapal).

Sekarang mari kita dengarkan hasil wawancara RIA Novosti dengan Pakar Militer Rusia Igor Korotchenko 11 Juli 2013:


Igor Korotchenko tells RIA Novosti (galangan kapal) ”Krasnoye Sormovo” could provide extra buildingways if  (galangan kapal) Admiralty can’t meet all its export contracts.  He says Admiralty is now building five subs under the GOZ, six for Vietnam, and:

“In the event new contracts are signed for sub construction with Venezuela and Indonesia there will be an obvious problem with inadequate buildingway space, and then a backup could be required.(Dalam kontrak baru yang telah ditandatangani untuk Venezuela dan Indonesia, ada persoalan nyata dengan ruang pembangunan yang memadai sehingga dibutuhkan sebuah  backup -mencari lokasi lain untuk pembangunan kapal selam tambahan tersebut, yakni di Krasnoye Sormovo -red).

RIA Novosti mencatat Rusia agak kesulitan untuk memenuhi permintaan ekspor kapal selam karena keterbatasan kapasitas industri modern negara mereka. Dengan demikian dibutuhkan:

One wonders what, if any, work and investment would be required to bring “Krasnoye Sormovo” and Amur back into the sub-building business. (Dibutuhkan investasi agar Krasnoye Sormovo” dan Amur kembali ke dalam bisnis kapal selam).

Apakah ketiga orang Rusia tersebut: Alexander A. Ivanov, Mikhail Y. Galuzin dan Igor Korotchenko berbohong semua tentang aktivitas Rusia yang menggarap kapal selam Indonesia ?. Tentu tidak. Mereka tidak punya motif untuk itu. Motif yang ada justru mereka ingin mempublikasikan pembelian kapal selam Rusia tersebut, agar negara lain ikut membelinya.


Dari uraian Igor Korotchenko bisa ditangkap galangan kapal Rusia kesulitan tempat untuk membangun kapal selam pesanan (tambahan) dari Venezuela dan Indonesia, karena banyaknya order kapal selam. Rusia membutuhkan galangan kapal selam lain untuk merakitnya.

Apakah persoalan yang dihadapi Rusia dengan tempat pembuatan kapal selam  tersebut, terkait dengan pembangunan Pangkalan Kapal selam yang baru di Palu ?. Belum tahu, yang jelas Rusia membutuhkan drydock dengan segala teknologinya untuk membangun pesanan kapal selam Venezuela dan Indonesia. 





Sumber : JKGR

64 komentar:

  1. Kalo bener terealisasi...alhamdullilah.....Maju Terus Indonesiaku

    BalasHapus
  2. Mari sama kita do'a kan kebenaraan semua wacana tersebut..

    BalasHapus
  3. baru wacana aj udh senang hatiku...... wkwkwk

    BalasHapus
  4. super mak nyak....

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia...jgn bawa2 sara bang.
      Lg'an ga perlu lepas hewan buas klw cuma buat ngejar tikus

      Hapus
  6. Yg namanya paus hitam itu semunyaa sekali-sekali aja kepermukaan jd wajar klw jrng trlihat.
    Yg hrs dipantau itu kelanjutan cap bangau manis atw pahit...?hehe

    BalasHapus
  7. ga paga nyambung yah..itu indonesia udah punya barangnya tapi dipublikasikan.

    BalasHapus
  8. kapalnya udah indonesia miliki..tp ga dipublikasikan.. rahasia negara cuy

    BalasHapus
  9. Tidak banyak bicara tapi banyak bekerja,,, itulah sistem pertahanan indonesia.
    TNI maju terus ...

    BalasHapus
  10. Indikasinya memang benar kearah itu, dari peryataan 2 duta besar Rusia, peryataan Igor Korotchevko, peryataan MenHan, pembangunan Pangkalan Kapal Selam, kalender TNI-AU yang ada Gambar KS Killo, sampe sikap Indonesia yg tenang-tenang saja ketika negara tetangga sibuk menambah armada KS-nya... we hope the Submarine for Hiu Kencana team..!!

    BalasHapus
  11. Memang gak salah dengan semboyan " tabah sampai akhir " hiu kencana memang terlalu misterius untuk dipublikasikan yang jelas biarkan paus (kalau memang ada ane bersyukurrr banget.....) itu beroprasi dng sistem silent opration. yang jelas ks indo cuma 2 cakra and nanggala.......wlpn typenya mungkin U209, 636 BNV....hehe peace ommmm.

    BalasHapus
  12. semoga memang menjadi kenyataan...supaya kita bisa pasang aksi ke negara tetangga dengan lebih gagah agar mereka berpikir ulang salah jika mereka menggurui Indonesia

    BalasHapus
  13. yg namanya kekeuatan militer itu bersifat rahasia..mungkin
    pemerintah kita cuma mempublikasikan alutsista2 kelas teri..tetapi yg sebenernya kita juga punya kelas kakap nya..kan kekuatan militer..jd ga mungkin dong di publikasikan semua...kl negara tetangga tau alutsista kita semua ya kekuatan kita bisa di ukur dong sama mereka..
    yg jelas itu menjadi sebuah rahasia negara..di saat bener2 d butuhkan baru pada muncul tuh jagoan2 pemukul strategis nya...yakin lah indonesia punya itu semua..bangsa besar sudah sepatutnya punya kekuatan militer yg beesar juga....

    BalasHapus
  14. jika benar,,,maka mbah Beye memang silent knight yang hebat. x-)

    BalasHapus
  15. Ini bukan indikasi. Ini bukti2 yg dikumpulkan berdasarkan urutan waktu dan klop. Ada benang merahnya. apalagi kl dikombinasi dg indikasi dari dlm negeri: foto kilo di kalender, berita di kompas ttg penembakan yakhont dr KS, pembangunan pangkalan KS di Palu... Klop!

    BalasHapus
  16. bagus, skrg admint sudah menyeleksi setiap comment yg masuk .
    semoga ano2 bisa memberikan comment yg positive.

    BalasHapus
  17. ane gak heran klo indonesia punya kilo class, dan buat para pemikir negatif tentang alutsista indonesia sekali lagi ane katakan (krn ane prnh katakan) "BUKAN PORSI KALIAN UNTUK TAU SECARA SPESIFIK TENTANG ALUTSISTA DAN STRATEGI MILITER INDONESIA" klo orang awam tahu semua bukan rahasia negara nama'y.

    BalasHapus
  18. gan gan,kalau suka ngimpi mbok yang cerdik dikit....mbok yang rajin amati berita,agar tak ngimpi spekulasi...kayak orang kere yg selalu bergosip mimpi punya mercy....coba cermati baik2 kata ivanov/putin yang terakhir''RUSIA MENDESAK INDONESIA MEMAKAI SISA KREDIT EKSPORT,SEKITAR 750 JUTA DOLAR,DAN ITU HANYA DAPAT DIBELANJAKAN KAPAL SELAM,SAMPAI SAAT INI PLAFON ITU TAK DIPAKAI INDO,MALAH ALIHKAN PROGRAM KE CHANGBOGO''.....mohon paham ya....kenapa juga tni al,150 orang calon awak killo balik kucing dari rusia????ya karena program killo gagal itu...jangan hoax melulu gan,kucing cekikikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru Nte yg harus paham Gan pernyataan yg mengandung arti tersirat bahwa Indonesia punya kilo banyak sekali dan bukan dari satu sumber. sedangkan pernyataan Nte darimana??

      Hapus
    2. Tersirat bisa jadi orang tanpa sengaja menyebutnya alias KECEPLOSAN yg seharusnya menjadi rahasia...

      Hapus
    3. KALO ANALISA DIATAS ...BELUM JELAS......YA MEMANG LOE GOBLOG

      Hapus
    4. KALO ANALISA DIATAS ...BELUM JELAS......YA MEMANG LOE GOBLOG. DATA UDAH TERANG BENDERANG...BAGI YG CERDIK. CANG BEGO DAN SEGALA KONTROVERSINYA ITUKAN HANYA PENGALIHAN ISSUE .....

      Hapus
    5. Cerdas ano 12.50 itu cuma pengalihan isue klo KECEPLOSAN itu asli tanpa sengaja dan pasti ada apa2nya..

      Hapus
    6. Ni, satu lagi malon dongo pala peang tololnya minta ampuuuuun!!!! Plafon kredit expor yg di sedianin rusia mana bisa dipake beli barang dari luar rusia ( ks changbago korsel )!!!!!!!!!!!!! malon kucing buduk!!!!!!!

      Hapus
    7. Ano 11.32, kalo goblok jangan kelewatan, mana bisa kredit ekspor dari Rusia dipake buat beli kapal selam Korea. Kecuali kalo Rusia gobloknya gak ketulungan kaya ente baru mungkin bisa.

      Hapus
  19. KS bukan saatnya lagi utk disembunyikan, udh bkan jamannya lagi, toh apabila ada pelanggaran dari negara tetangga, milter kita jga ngk berani bertindak tegas. Yg ada hanya kasih peringatan dan protes aja.
    By: NKRI

    BalasHapus
  20. Tak perlu pemikiran sekelas intelejen untuk mengatakan bahwa benar indonesia memiliki paling tidak 2 ks kelas kilo

    BalasHapus
  21. ini berita adalah bukti bahwa kapal selam kelas kilo sudah indonesia miliki. Jadi kemenhan gak bisa berbohong lagi, klo perlu buat penjelasan ke media klo kita punya kilo class. Supaya negara2 kawasan sekitar indo tidak panik dan tidak berpikir merasa terancam dengan indo. Bagaimana pun juga, politik indo adalah “Zero enemies, and thousand friends”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya..harus tetap disembunyikanlah.......Sama halnya kita punya pedang pamungkas, masa harus kita unjuken ke tetangga kiri kanan ...atau dibawa kerja bakti ! Untuk kerja bakti cukuplah golok cepot aja. Sedangkan senjata pamungkas tetap dirahasiakan......

      Hapus
  22. Tambahan liat pernyataan berikut:
    Kapal selam 402 milik TNI Angkatan Laut yang sedang melakukan patroli rutinitas di perairan perbatasan negara, kemarin sore sekitar pukul 15.00 Wit singgah di Pelabuhan Sorong.
    Komandan kapal selam Letkol Purwanto melalui wakil komandan Mayor Muhammad Dimas yang ditemui wartawan, mengatakan saat ini ada lima kapal selam milik Indonesia yang sedang beroperasi dengan kondisi yang baik.http://www.radartimika.com/index.php?mib=berita.detail&id=10721#
    Masa seorang komandan salah menyebut jumlah KS tanpa mengkarifikasi lg??? katanya cm Cakra dan Nanggal berarti yg 3 KS jenis apa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang 3 di sembinyiin gan, bener kata ano2 diatas... buat kerja bakti mah cukup pake arit ma cangkul aja....

      kalo mau tebas hutan baru pake buldozer

      Hapus
  23. Tambah yakinlah diriku bahwa TNI kita udh punya ks Kilo,alhamdulillah jayalah NKRI

    BalasHapus
  24. x-) TNI (h) selamat HUT RI ke 68

    BalasHapus
  25. indonesia gak punya tank kelas berat, kurang pesawat tempur, trus langsung beli,, kurang kapal laut rudal langsung beli dan rakit,, kurang bgt jumlah kapal selam cuman ada 2 biji tapi santai2 ajah ya jelas aneh itu pertanda stok nya memang ada.. gak mungkin cuman 2 biji mah.. orang indonesia kan kalo perut nya masih kenyang gak akan ribut (perumpamaan) hehehe...

    BalasHapus
  26. kalau indo punya ks kilo banyak negara tetangga bagaimana,karena sifatnya suka meniru aja kali ya :)

    BalasHapus
  27. om Beler mana nih yg ngmng kita ga pny kapal selam Kilo tlng klarfikasi donk LER....jgn diam aj mentang2 lg puasa,hehehehe...

    BalasHapus
  28. biasa nya om boler klau ngomong iki boler opo buuapaaakmu hehehehe jd kangen ama komennya pak de boler

    BalasHapus
  29. Berarti omongan mantan sekjen kemhan pak Eris Heryanto yang ngomong pas wawancara ama majalah COMMANDO awal tahun ini bo'ong dong yang katanya Kilo batal dibeli karena biaya pembangunan galangan dll yng terlalu besar

    BalasHapus
  30. Di selat palu ud d buat parkiranya, tuh ks killo lagi patrol d antara p.kalimantan & p.sulawesi, atunya lg d selatan p.papua he.... ( liat malingsia melempem, amrik nongkrongin pespur d aussi).

    BalasHapus
  31. Ngapain rahasia kok mau jujur!!!

    BalasHapus
  32. hasil dari

    :http://en.wikipedia.org/wiki/Kilo-class_submarine

    The government of Indonesia in 2007-2008 planned to acquire at least 2 Kilo class submarines. Until now there is no any new report about this plan. Possibly postponed or cancelled.

    BalasHapus
  33. Tentang kapal selam Indonesia biarkan tetap jadi rahasia yg simpang siur, ada yg tahu ttg konsep kapal selam mini (IMX-1) buah karya Kolonel (Pur) Ir Dradjat Budiyanto MBA sdh sampai sejauh mana ditindaklanjuti?

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  35. heheheh, masih ingat sekian U-206 eks Jerman tahun 1996/1997 yg "katanya" batal, yang diberitakan batal dibeli, 2 sisanya dan 2 sisanya dan 3 yang mau dan sekian sekian sekian yang akan datang dari bbrp negara......(deception is powerfull)

    BalasHapus
  36. kalau singapura punya ks yang di tempatkan di negara lain kenapa indonesia tidak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat apa bro di tempatkan di negara lain kan tujuannya buat jaga negara kita klo Singapur di tempatkan di negara lain krn wilayahnya sempit gk muat buat bermanuver masa disitu2 z jd dikirim ke negara sekutunya yg lebih luas wilayahnya untuk latihan meski canggih kan tetep perlu latihan. Klo negara kita luas sekali wilayahnya malah personil dan alusista buat jaganya z kita kekurangan karena perlu biaya besar....

      Hapus
  37. jayalah Indonesiaku, let's get our pride back !!!

    BalasHapus
  38. Jangankan jumla lontong, jumlah f16 jg yg dulu kt beli jg jumlahnya"lebih". Semua yg tersurat berbeda dng yang tersirat.. yakinlah... hehe.. jgn percaya jg kfx stop 1,5 tahun ya.. liat aja saatnya.. jumlah yachoon katanya dikit ya? Sebenernya "lumayan", buktinya gak eman2 uji coba 2 bh.

    BalasHapus
  39. rahasia negara ti dak perlu semua di ungkap bro.......... kita boleh kritik dan kasih saran........ tapi kan orang yang diatas sono tidak goblok.... buat yang yang komen bebas kok beda boleh....... ya namanya beda kita bisa belajar dari perbedaaan...... Allah menciptakan kita berbeda2 .... kalau sejenis semua bisa berabe.... bisa homo wkwkwkwkwk pisss majulah indonesiaku

    BalasHapus
  40. Ano2 d kasih berita hoax aja girangnya bkan mainnn...Ini bkn jamannya lgi ada rahasia, apalagi tu belinya pake uang rakyat, untuk beli alutsista tu g mudah g kaya beli kacang goreng. harus leawt perstujuan dpr dulu bru bisa beli tuh lontong. Klo mau maen rahasia tu bkan dri kuantitasny melainkan kualitas ato teknologinya bro.. baru tu rahasia namany..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasian orang kayak gini kliatannya mudah ditipu dengan strategi militer..emang militer punya lo?klo ndak ngerti dah diem aja.ano-ano disini sebagian besar udah bisa menganalisa

      Hapus
    2. maaf mas globalisasi dan keterbukaan informasi memang sudah hal lumrah sekarang tetapi tidak dengan dunia militer...dunia militer itu punya dunia sendiri dimana sebuah kerahasiaan merupakan hal yang harus dijaga agar tidak diketahui oleh pihak"lawan"apalagi negara besar macam Amerika dan Rusia mereka menjaga ketat rahasia militer mereka..

      Hapus
    3. mas bro inget kisah pembelian rudal yankort gk????
      ad woro woro gk sebelume????
      Bravo TNI.....Jayalah INDONESIAq.....

      Hapus
  41. Ya kalo benar begini ya majulah Indonesiaku. jangan lupa kita selalu jadi garda depan dalam menegakkan perdamaian dunia seperti yang diinginkan Bapak pendiri bangsa ini. Klo sudah gitu pertahanan Indonesia harus kuat biar tidak diremehkan bangsa laen. Setelah itu moga banyak kaum tertindas di dunia ini untuk ikut bergabung dg bangsa Indonesia. wahahaha. Ngigau. tapi siapa tahu bisa bgitu. kekekekekek

    BalasHapus
  42. Nyak urang teh aya kilo...tapi ngan ukur sakilo dua kilo tea tah...eta mah tepung tapioka....kango ngadameul....alah naon atuh ngarana makanan nu dimakan ku urang sumatera tea????

    BalasHapus
  43. nah itw kehebatan dari pejabat militer kita mampu menyimpan rahasia hingga di bawa mati tak perlu gembor2 untuk unjuk gigi walaupun ks IMFROVED KILLO tidak di publikasikan ke publik wong para tetangga dah pada tau sendiri.tapi kita tunggu saja nanti kapan juga akan ke bongkar rahasia inich !!!!!!

    BalasHapus
  44. nggak usah ribut bro..pak esbeye,pak menhan,panglima dan semua petinggi TNI tidak bodoh,mereka tahu apa alutsista penting dam mendesak yg harus dibeli indonesia..klo TNI AL hanya punya 2 unit kasel intuk menjaga laut yang begitu luas masuk akal nggak?ya agk mungkin.lagian pak SBY sudah melihat langsung kasel klas kilo itu pertanda pasti harus dan wajib beli.apa artinya seorang presiden melihat sendiri tapi tdk jadi beli?saya do'aakan smg TNI makin kuat dan indonesia makin jaya.

    BalasHapus
  45. Mr.Susilo Bambang Yudhoyono.. WE LOVE YOU :*

    BalasHapus
  46. Jayalah indonesiAku,,,,,,,,,,selingkuh aja dirahasiakan pelakunya, apalagi masalah pertahanan,ingat bro Pertahanan erat hubunganya dgn harkat dan mrtabat suatu bangsa

    BalasHapus
  47. gimana perputaran australia dan indonesia

    BalasHapus