Sabtu, November 23, 2013
25
JAKARTA-(IDB) : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sabtu 23 November 2013, menerima surat balasan dari Perdana Menteri Australia Tony Abbott terkait protes Indonesia atas aksi penyadapan sembilan pejabat negara.
 
Surat itu diantar langsung oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa. "Presiden secara resmi telah menerima surat balasan dari Perdana Menteri Australia," kata Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha.

Menurut Julian, belum ada rencana menggelar konferensi pers guna mengumumkan sikap Pemerintah Indonesia atas surat balasan tersebut. Sebab, saat ini surat balasan sedang dipelajari Presiden.

Presiden SBY saat ini tengah melakukan kunjungan kerja ke Bali untuk menghadiri Forum Kebudayaan Dunia atau World Culture Forum (WCF) 2013.

Beberapa hari sebelum kunjungannya, yakni pada Rabu malam, 20 November, Presiden SBY mengirimkan surat kepada PM Australia meminta penjelasan atas penyadapan terhadap para pejabat tinggi Indonesia.
Menurut SBY, penjelasan harus ditujukan kepada bangsa Indonesia, bukan kepada komunitas di Australia.




Sumber : Vivanews

25 komentar:

  1. Apapun isi suratnya jangan percaya sama Aushit, sekali pengkhianat tetap mentalnya pengkhianat, perkuat penjagaan di Samudera Hindia dengan Kapal Selam dan destroyer dari Rusia, beli alutsista yang punya efek gentar jangan beli yang kacangan, tambah skuadron Sukhoi dan Kamov, perkuat riset rudal jarak jauh kerjasama dengan China

    BalasHapus
  2. aussie tetangga yg bodoh..

    BalasHapus
  3. Mereka tidak dapat dipercaya.. indonesia jangan terlena lagi.. sesungguhnya mereka sangat memandang rendah bangsa kita..

    BalasHapus
  4. Memang semua ini sudah di skenario dan di siapkan oleh AS dan Barat ,,,
    Sudah sejak lama AS menyiapkan Marinir di Darwin, Armada di pulau Christmas, Cocos, Guam dan Singapura ,,, mereka memang sudah memprediksi hal-hal seperti ini akan terjadi.
    Lihat saja semua pesanan alutsista berat yang dari BARAT jadwal kedatangannya diatas tahun 2014,,, maksudnya apa? maksudnya itu mau lihat siapa yang bakal ganti SBY ... kalau radikal ya dibatalkan kalau penurut ya dilanjutkan ,,,
    Sekarang masalahnya kalau kita beli dari Rusia,,, apakah Rusia berani ngasih Roket yang jarak jauh? apa berani ngasih kapal selam diatas kelas KILO? apa berani ngasih SU 35 ?
    satu-satunya jalan Indonesia harus DIAM dan kerja keras,,, contohlah IRAN dan KOREA UTARA ,,, diam-diam udah punya Nuklir,,, HANYA BAHASA ALUTSISTA ITU YANG BISA DIMENGERTI OLEH BARAT ,,, kalau kita hanya saling cakar diantara kita sendiri dan hanya koar-koar emosi,,, selama itu kita akan jadi PECUNDANG !!!
    Kuncinya DIAM dan KERJA KERAS !!! lihat saja kurang RADIKAL gimana SADAM dan QUADAFI ??? lewat juga tuh ! ayo bangsaku maju terus ... telan sedikit itu penghinaan,,, sambil menyiapkan diri secara senyap,,, baru kalau sudah kuat kita pukul benar-benar lawan kita sampai K.O. !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa gak berani rusia kasi persenjataan ke indonesia. Amerika bukan kyk dlu lg. Setelah munculnya china.. Rusia aja berani nantang amerika soal suriya.

      Hapus
    2. iya masalahnya kan kita tidak tahu kesepakatan rahasia apa yang ada antara Rusia dan AS,,, umpamanya Rusia tidak ganggu Papua dan Amerika sebaliknya tidak ganggu pulau Sakhalin yang dirampas Rusia dari Jepang.
      Amerika ngalah di Syria,,, Rusia juga ngalah di Mesir,,,
      Rusia ngalah di Iran,,, Amerika ngalah di Georgia ,,,

      Kita tidak tahu permainan negara-negara besar itu ,,, Sama juga dulu kan,,, Indonesia ngalah di Timor ,,, AS dan Australia ngalah di Aceh ,,,

      Ayo cerdaslah bangsaku ,,,

      Hapus
  5. Isi suratnya,,beye ɑ̤̈κ̣̇υ̲̣ ƍäª mungkin njaluk mf karo kowe ɑ̤̈κ̣̇υ̲̣ wis njaluk tulung marang usa opo kowe wani karo ɑ̤̈κ̣̇υ̲̣,,,,,,, wkwkwkwk

    BalasHapus
  6. semanis apa pun ucapannya, tindakannya berkata lain.

    australi melakukan penyadapan, hampir tidak mungkin mempercayai orang yg melakukan penyadapan.

    BalasHapus
  7. siapa yg menebar benih, dialah yg menuai hasil.
    siapa yang menebar angin, maka dialah yg menerima badai.
    YOU PLAY DRAMA, YOU'LL GET KARMA.
    Kau biarkan intelijen australia ''BERMAIN'' di Indonesia dgn alasan memberantas teroris, tapi nyatanya malah komunikasi engkau dan istri mu yang malah kena sadap oleh intelijen australia.

    Dipermalukannya engkau di mata internashonal karna penyadapan Ini hanyalah azab kecil dr Allah krn engkau telah mempersilahkan tentara yahudi untuk membunuh umat islam indonesia yg mereka tuduh sbg teroris..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah itu masalah lain,,, nggak usah ditumpangin dakwah lah,,,

      Hapus
    2. Weleh, sampeyan ini agak kebablasan. Ini Indonesia mas. gak ada urusan jahudi, islam kristen.

      yang ada adalah NKRI.
      Kalau mau dakwah sana kelaut kidul.

      Hapus
  8. jiaaaahh..ade abu bakar hangus lg khotbah,kaga gune lo pd caci maki australia/amerika,,y kite yg kudu ngaca dan mawas diri,
    Pan deh tau dunie penuh dgn intrik,kaga ade kwn sejati yg ade kepentingan abadi..sebuah negare wajib hukumnye menjage keamanan negarenye,segale sumber daye dimanfaatkan,termasuk teknologi persenjataan dan intelijen..nah disini aye blg,mereka sdh melakukan sdang kite mikirin aje blom..kite yg kaga siap menghadapi perubahan dunie,kite selalu telat 10 langkah dr mereka krn kite berkutat dgn permaslahan dlm negri sndiri yg bertambah pelik sehingge tak satupun ade yg menyadari maut mengancam dismue sudut nkri..so what gtu loh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kenapa obama mau minta maaf ama angela merkel ya?

      Hapus
    2. Karena merkel adalah kepala negara yang suaranya sangat menentukan dalam masyarakat eropa EEC. Sekali Merkel bilang nehik, maka perseimbangan kueh dieropa akan berubah drastis. Coba yang protes itu perdana mentri portugis misalnya, yah obama mah cuek bae

      Hapus
  9. So pasati bro jerman gitu loh sudah kelihatan taringnya pasti pak obama takut sedangkan kita apaa boro2 ada taring gigi aja ompong,,,,, wkwkwkwk

    BalasHapus
  10. mungkin krn jerman ntu sekutu yg memiliki posisi sangat penting utk menjage kredibilitas/pengaruh amerika di eropa termasuk keberadaan pasukan amerika di jerman,ape jdnye klo amerika tanpa jerman yg selame ini menjd tempat amerika berbagi teknologi tinggi termasuk teknologi persenjataan..jerman kaga boleh dibiarkan jln sendiri kawan,amerika ame sekutu yg laen kaga mau luka sejarah terulang kembali(nazi)..dan potensi ke arah ntu sangat basar sekali klo jerman dibiarkan lepas..apelg skrg jarman terluka krn merasa dikhianati amerika

    BalasHapus
  11. bunyi suratnya ga jelas,apa mungkin aussie blm mw minta maaf ya mknya ga di tulis di forum ini ttg isi surat ????????????

    BalasHapus
  12. kalo soal posisi, posisi indonesia super penting bagi ostrali, penyelundupan manusia, banyaknya warga mereka disini, indonesia adalah negara swing state, "pemimpin" berkharisma dikawasan

    soal taring, pemimpin kita tinggal kontak moscow mengalir alutsista dah, atau kl mo ambil sedikit resiko perkuat hubungan dgn china, geger kawasan.

    BalasHapus
  13. yg paling mungkin ostrali menunggu indonesia memaafkan mereka tanpa harus meminta maaf terlebih dahulu, kasarannya bilang, "sudahlah indonesia jangan melihat kebelakang mari kita tatap masa depan" seperti hal nya luka timor timur yg "terlupakan" dan australi merasa termaafkan" dan terlepas dari dosa masa lalu.

    tapi bgm jika "luka-luka" itu terakumulasi?

    BalasHapus
  14. timor timur, pemberian suaka, kasus tuduhan penyiksaan pada pemotongan hewan ternak, stop ekspor, perekaman informasi scr diam diam. bila dicermati dari dulu-dulu sampai saat ini,protes indonesia thd australia bertambah hebat tiap kasusnya bertambah. bertambah luas pula suport masyarakat berdasarkan kemampuan masing masing. ditambah semakin solidnya pengertian antar instansi pemerintah menghadapi australi.

    jika terjadi insiden lagi dimasa mendatang, indonesia otomatis akan menjadi benar-benar serius, australia bakal rugi, entah mereka sadar ato tidak.

    BalasHapus
  15. yg selama ini minta kerjasama adalah australi, indonesia lah yg memiliki posisi penting di kawasan.

    BalasHapus
  16. saat ini australia memiliki ketergantungan yg tinggi thd indonesia, indonesia tinggal memutus hubungan dgn australi disegala bidang dan mereka bakal sangat kerepotan.

    sayangnya orang indonesia terlalu baik hati untuk melakukan tindakan tersebut. ataukah para petinggi negeri ini bilang "belum waktunya..."

    BalasHapus
  17. kecemasan yang mendera saudare saudareku di indonesia adelah perkare yang sangat sukar untok di maklumkan.begitulah orang kulit puteh mamperlakukan kite bangse asia,tak punye adab sopan santun,boleh menghalalkan semue hal yang tak patut berlaku dalam khazanah bangsa asia terutame kan menzalimi islam,cume dengan bersatunye sesama bangsa asia terutamekan lagi umat islam yang boleh menghentikan kebiadapan mereka,go on saudare saudareku indonesia!

    BalasHapus