Selasa, Oktober 08, 2013
3
NUSA DUA-(IDB) : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka pertemuan puncak pimpinan ekonomi dalam Forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Bali, Senin.

Para pimpinan puncak ekonomi APEC memulai pertemuan sesi pertama setelah Presiden Rusia Vladimir Putin turut bergabung.  Putin tiba di Bali Senin siang dan langsung menuju tempat berlangsungnya pertemuan di Nusa Dua.

Presiden Putin yang ternyata tengah berulang tahun hari ini juga mendapat kejutan dengan ucapan ulang tahun dari para pemimpin ekonomi APEC yang lain.

Dalam sambutan pembukaannya Presiden Yudhoyono mengatakan pentingnya peran APEC dalam perekonomian ke depan seiring dengan kondisi ekonomi global yang tidak menentu.

"Peran dari APEC semakin penting, di samping dalam pemulihan ekonomi di kawasan Asia Pasifik, Ekonomi APEC berlanjut menjadi penjaga pertumbuhan global," kata Presiden Yudhoyono.

Mengutip data IMF, Presiden mengatakan pertumbuhan ekonomi di kawasan APEC diperkirakan mencapai 6,3 persen pada 2013, dan 6,6 persen pada 2014.

APEC adalah forum kerjasama ekonomi beranggotakan 21 perekonomian di Asia Pasifik yang bertujuan mempromosikan perdagangan bebas dan kerjasama ekonomi di kawasan.

Forum itu dibentuk pada 1989 dan perhelatan di Bali adalah kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah APEC. Sebelumnya Indonesia menggelarnya di Bogor pada 1994.

Kejutan Untuk Vladimir Putin Di KTT APEC

Ada yang unik saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka KTT APEC hari ini.

Ternyata hari ini Presiden Rusia Vladimir Putin tengah berulang tahun, dan sang presiden pun sontak mendapat  kejutan berupa ucapan ulang tahun dari para pemimpin ekonomi APEC yang lain.

Selain kue ulang tahun, lagu dengan iringan gitar Presiden Yudhoyono terlihat dari monitor media center menandai ulang tahun ke-61 Valdimir Putin.

Dalam sambutan pembukaannya Presiden Yudhoyono mengatakan APEC berperan penting dalam perekonomian ke depan seiring dengan kondisi ekonomi global yang tidak menentu.
 




Sumber : Antara

3 komentar:

  1. Langkah yang baik untuk pendekatan, semoga tuh presiden beruang merah bisa ngebantu industri pertahanan indonesia.

    BalasHapus
  2. putin itu sahabat sby... pas sby jadi presiden lg putin ngucapin bgtu juga putin... smoga smakin mempererat hub ke 2 negara jadi orng INA ke rusia bisa nyaman... :D

    BalasHapus
  3. RUSIA DAN JERMAN ITULAH 2 NEGARA YG MERUPAKAN SAHABAT SEJATI BANGSA KITA

    BalasHapus