Rabu, Oktober 30, 2013
34
BANDUNG-(IDB) : PT Pindad (Persero) siap meluncurkan tank asli buatan Indonesia yang pertama ke publik. Tank ini sekarang masuk ke fase pematangan model prototype atau purwarupa tank tipe medium di pusat pengembangan.

Dari gambar yang diteroleh detikFinance, tampilan body terlihat mirip panser Anoa 6X6. Kepala Departemen Humas dan Hukum PT Pindad Tuning Rudiyanti menjelaskan medium tank karya Pindad ini memang masih perlu penyempurnaan.

"Nah, kalau tank itu kita mulai dari kelas medium. Sekarang untuk tank baru masuk di litbang. Secara fisik iya sudah jadi tapi kalau teknis baru setengahnya. Ini bisa dilihat di Pindad. Ini benar-benar karya Pindad," ucap Tuning , Rabu (30/10/2013).
 



Tank ini merupakan loncatan dari pengembangan panser Anoa dan kendaraan taktis Komodo. Ketika prototype tank bernama SBS ini tuntas, produsen senjata dan kendaraan tempur pelat merah ini siap melanjutkan ke proses sertifikasi di Kementerian Pertahanan.

"Nanti kalau sudah jadi prototype diajukan sertifikasi baru diproduksi," jelasnya.

Tank produksi bangsa Indonesia ini, bisa disejajarkan dengan tank kelas medium seperti Marder. Selain mengembangkan tank sendiri, Pindad juga ikut membantu Kementerian Pertahanan Indonesia bersama Turki mengembangkan medium tank.




Sumber : Detik

34 komentar:

  1. Lha ko' eelek???!…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobalah belajar menghargai hasil karya bangsa sendiri, kita kan baru belajar membuat Tank kalau pada awalnya kurang sempurna itu wajar,semuanya itu butuh proses Bro untuk menjadi bagus,dari pada beli terus.....mendingan bisa bikin sendiri.
      Hasil kerja PT Pindad ini membuat negara lain pada ngiri lho.....

      Hapus
    2. bener bro uelek tenan,xixixixi

      Hapus
    3. itu kamuflase bro...aslinya pasti lebih bagus....biasalah...decoy....

      Hapus
  2. imut2 pun jadilah yg penting udah mulai bisa ngerakit sendiri.. :>)

    BalasHapus
  3. Senjatanya tolong di kasih pelindung depan n blkg dr baja buat prajuritnya n taruh di tengah biar bisa berputar 360 derajat

    BalasHapus
  4. JK, Jokowi apa Prabowo ya ?

    JK sudah menghasilkan Anoa..

    BalasHapus
  5. mana meriam nya??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tank tipe APC, alias tipe angkut personel jadi bukan batle tank, jadi jelas ga d pasang meriam

      Hapus
  6. Lumayan dari pada manyun

    BalasHapus
  7. Tolong pak S1, pak S2, pak S3!... bapak2 hidup dan terhormat di negara ini, jd tolonglah ya buat negara ini smakin hidup dan terhormat! klo bikin tank ya yg serius dikit napa sih!... saya yakin Bapak2 mampu bikin yg jauh lebih bagus dan setrong!...

    BalasHapus
  8. Sebagai bagian dari bangsa Indonesia saya tetap bangga dengan apapun karya kita. Ini barulah awal dan masih banyak pengembangan ke depan. Pesawat terbang buatan amerika sekalipun pertama dibuat tidak langsung bisa angkut ratusan orang dan tidak langsung terbang dengan kecepatan Mach 2.
    Maju terus Indonesia, kita bisa besar ketika semua masyarakat menggunakan semua produk dalam negeri, sehingga para produsen memiliki dana untuk Riset and Development.

    BalasHapus
  9. problemnya masih pada blok mesinnya, blok mesin pada tank ini berada di bagian tengah dibelakang kemudi sehingga menghalangi pemasangan kubah turet, jadi hanya bisa dipasang turet untuk senapan mesin atau mitraliur 20mm saja, tapi tipe ini cocok sebagai tank APC, untuk tipe tank meriam blok mesin sebaiknya di bagian belakang sehingga dapat dipasang kubah turet versi meriam 105mm atau 102mm

    BalasHapus
  10. Spec mesin dan ketebalan bajanya ada yang tau? tahan ditembak RPG gak?jangan2 diberondong kaliber 30mm aja gosong tentara di dalamnya

    BalasHapus
  11. BRAVO buat PINDAD- LUARBIASA SEKARANG UDAH BIKIN TANK* AYO TUNGGU APA LAGI TNIAD- MARINIR SEGERA BORONG NIHH TANK PINDAD minimal BARANG 800 BIJI PASTI DIBELI -- OKE BRAVO buat PINDAD-kasihan malaysia yah- kok gak pernah bisa2 bikin apapun- MEMBLE AZE LOOHH MALON-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon pasti udah umeg ngomongin tetangganya yang sudah bisa bikin mainan baru...kira kira Malon mau beli apa nggak ya....
      kemarin Malon jadi beli Anoa 35 biji,disana dikasih nama Rimau...

      Hapus
  12. ini tipe IFV bukan tipe battle tank.... cuma dibuat kirim-kirim prajurit, disediai persenjataan hanya untuk perlindungan diri, bukan untuk menyerang.... :d :d :d

    BalasHapus
  13. Semoga punya kemampuan ampibi zuga, lumayan buat daratin pasukan di sipadan

    BalasHapus
  14. yah maju terus,,, mulai dengan yg ringan "angkut personil" beroda, sekarang rantai,,,,

    BalasHapus
  15. protype nya udah lumayan tinggal nunggu fix jadi nya gemana bentuk nya... memang rada jadul sih tampilan body nya di bikin agak2 melengkung2 gemana gitu biar keliatan lebih angker hehehe

    BalasHapus
  16. foto tampak belakang nya mana nih...

    BalasHapus
  17. dari tampilan body depan nya yg berbentuk segitiga agak nya bisa di tingkatkan menjadi bisa berkemampuan amphibi...

    BalasHapus
  18. tenang bro kita udah kerja sm turky+sm negara lain juga.bertahap klw mau instan bikin mie bukan tank,, :d

    BalasHapus
  19. manteup..!!! cuma ntar warna nya saja pak jangan kayak buat di gurun.. pake yg agk gelepan dikit..
    trims..

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Kabar baiknya Gan, tank Pindad ini pda awalnya diprioritaskan utj apc dl, tw knp.? Krn jika prototipe ini berhasil, ini bkalan dijadikan pengganti peran Marder yg dr Jerman, trus Marder mo diapain.? Marder itu nantinya diupgrade menjadi medium tank, dgn pemasangan meriam kaliber 105 mm. Jdinya kalo marder yg dtg nntinya 50 buah, brart Pindad akn upgrade sbagian bhkan semuanya mnjadi medium tank, hal ini sdh trbukti, di Jerman skrg udh ada nmanya Tank marder yg mrupakan upgrade dri IFV marder Gan, so, tunggu kejutan selanjutnya..!! Salam Jiwa Merah Putih..

    BalasHapus
  22. Rantenya kurang gahar...

    BalasHapus
  23. warnanya diganti pasti kelihatan bagus

    BalasHapus
  24. Kenapa ya warnanya mesti kamuflase gurun ? Jadi tampilan kurang seram,kasih warna leopard doong,dan pasang turret karena penembaknya berdirinya tinggi banget,PT PINDAD MEMBANGGAKAN !!!!!!!!

    BalasHapus
  25. Jadi ngak sabar lihat prototipe tank kanon pindad nih,cepetan dong penelitian dan pengembangannya,jadi tahun depan sudah ada tank ringan dan tank medium buatan pindad,PT PINDAD.......HEBAT !!!!!!!!!

    BalasHapus
  26. Lumayan lah.......patut di apresiasi karya pindad ini. Kalau melihat bentuknya dan ada jendela yang kecil2 itu kok condong ke APC atau IFV ya daripada ke Lighttank. Ya semoga ini awal yang bagus untuk kemandirian alutsista bagi negara Indonesia.

    BalasHapus
  27. TANK PRODUKSI SMK YA INI

    BalasHapus
  28. jeeeleeeekkkkk....buang aja? buang duit rakyat banyak hasil kayak sampah....dasarrr.

    BalasHapus
  29. Tank medium pindad di atas kelihatan sangat rapuh, 1. window glass fungsi nya untuk apa? itu kan akan mempermudah inf tentara musuh hancurkan kaca dan masukan granat manggis. 2. Rantai roda tidak memiliki follower adjuster di atas chainwheell untuk peregangan agar rantai tidak terlepas/ putus akibat ledakan ranjau atau beban kejut karena terlampau kendor dan tidak diberi cover sebagai pelindung. 3. apa turet nya autocannon dan dapat berputar 360 degree dan dilengkapi dengan periscope optronic thermal vision, Laser finder dan cannon klass cal Min 30 mm MK30-2/ABM Rheinmettal, 4. Apa akan dilengkapi Launcher Anti tank Missile seperti SPIKE LR, Milan dan protect body terhadap RPG. sebaiknya Pindad medium tank dibuat lebih baik dari kemampuan Tank Bradley atau Puma karena selain untuk dipakai TNI AD sebaik nya tank medium ini juga laku dijual dan diminati negara menengah dan maju paling tidak seperti panser anoa laku dijual kepasar. dengan harga lebih murah dari Bradley dan Puma dengan qualitas dan kemampuan yang sama. Majulah PINDAD sebagai produsen klas dunia.

    BalasHapus