Kamis, Oktober 10, 2013
0
DENPASAR-(IDB) : Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmatim amankan pelabuhan, perairan, dan pantai Tanjung Benoa, Sanur, Nusa Dua, dan Pantai Kuta, Bali, Minggu (06/10).

Tugas pengamanan sektor perairan laut dipimpin langsung oleh Komandan Satuan (Dansat) Kopaska Koarmatim, Kolonel Laut (E) Bramantyo.

Setiap saat Pasukan Katak melakukan patroli perairan pantai bersama dengan unsur Sub Satgas Pelabuhan dari Lanal Denpasar serta pasukan dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan V (Yonmarhanlan V) Surabaya. Material Tempur yang digunakan Kopaska dalam misi pengamanan ini yaitu enam kendaraan tempur air cepat atau Sea Rider dan satu Combat Boat.

Kopaska memiliki kemampuan dalam menyelenggarakan operasi khusus  pertempuran aspek laut atau Naval Special Warfare baik dalam bentuk operasi penanggulangan kejahatan dan terorisme di laut Maritime Interdiction Operation (MIO), pengamanan dan Escape terhadap Very Very Importan Person (VVIP), Very Importan Person (VIP). Pengamanan aspek laut juga didukung material tempur dari Lanal Denpasar berupa KAL. Tanjung Pandangan, KAL. Catamaran, Patkamla dan  Rubber Boat.

Tugas pokok Kopaska dalam misi tersebut yaitu mengamankan wilayah laut sesuai sektornya dan Escape laut VVIP juga meliputi jalur Jalan Tol Bali Mandara (Aman, Damai dan Sejahtera) dari Tanjung Benoa, Nusa Dua dan Bandara Ngurah Rai. Mengingat jalan tol tersebut berada di atas perairan dan pantai. Secara umum Satgas Pelabuhan memilki tugas pokok melaksanakan operasi penyekatan dan pengamanan wilayah pelabuhan dan garis pantai pelaksanaan KTT APEC XXI/13.

Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) XXI/13 di Nusadua, Bali, dibuka oleh Presiden RI Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono pada hari ini. 





Sumber : Koarmatim

0 komentar:

Posting Komentar