Selasa, Oktober 29, 2013
1
Dalam pertemuan dengan Komisi I DPR, Dubes Indonesia mengungkapkan, hubungan strategis China dan Indonesia terus meningkat.
BEIJING-(IDB) : Rombongan DPR yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Mahfudz Shiddiq mengadakan pertemuan khusus dengan Duta Besar RI di China dan Mongoloa, Imron Cotan di Beijing. Pertemuan itu merupakan rangkaian kunjungan kerja komisi pertahanan selama sepekan di Negeri Panda tersebut.

Duta Besar Imron Cotan dalam pertemuan Minggu (27/10) lalu itu mengungkapkan, dalam beberapa tahun terakhir ini, hubungan bilateral RI-China berkembang secara eksponensial. "Ini bisa dilihat dari neraca angka perdagangan bilateral yang terus meningkat," ujar Imron dalam rilis pers yang dikirim Kedutaan Besar RI di Beijing, Senin (28/10).

Imron Cotan mengungkapkan bahwa peningkatan volume perdagangan bilateral antara RI dan China ini melonjak tiap tahunnya. Pada tahun lalu, nilai perdagangan tercatat senilai 66,6 miliar dollar AS, atau naik tiga kali lipat dibanding angka perdagangan pada 2010.

Seiring dengan itu, aliran investasi dari China ke Tanah Air secara akumulatif per 2012 mencapai 2,02 miliar dollar AS.

Oleh karena itu,  kata Imron, visi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden China Xi Jinping untuk meningkatkan kemitraan strategis menjadi kemitraan strategis komprehensif  merupakan kebijakan yang tepat.

"Jalinan kemitraan komprehensif strategis dengan China menjadi suatu keharusan bagi Indonesia demi mencapai dan mengamankan kepentingan nasional Indonesia," ujarnya.

Imron juga menyebutkan, pemerataan pembangunan di Indonesia membutuhkan investasi yang besar dan konektivitas dengan pasar di dunia luar. "Sehingga bermitra dengan China membuka peluang menarik atas arus investasi sekaligus menembus pangsa pasar 1,3 miliar jiwa," ujarnya.

Dalam rapat dengar pendapat ini, Mahfudz Siddiq menyatakan apresiasinya atas kinerja KBRI Beijing dalam terus mendorong peningkatan kerjasama bilateral Indonesia-China.

Selain bertemu dengan petinggi KBRI, rombongan Komisi I DPR RI juga bertemu dengan para pakar militer serta akademisi untuk mempelajari sistem hukum militer China.




Sumber : Jurnamen

1 komentar:

  1. FOTO BUDIL MADONA WAKTU ABG

    baroinfo.com/selebritis/foto-bugil-madonna-waktu-abg-dilelang

    BalasHapus