Selasa, Oktober 29, 2013
29
BALIKPAPAN-(IDB) : Hubungan antara Indonesia dan Malaysia kerap memanas di banyak soal, mulai dari persoalan militer, tapal batas, hingga urusan sepak bola. Meski demikian, ketika dua kapal perang Malaysia mampir ke Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (28/10/2013) sore, para tentara Diraja Malaysia ini disambut dengan tangan terbuka.

"Ini kunjungan persahabatan agar terjalin hubungan persahabatan yang lebih erat antarsesama angkatan laut. Tidak ada terkait isu-isu politik," kata Komandan Pangkalan AL Balikpapan, Kolonel Laut (P) Ariantyo Condrowibowo.

Seperti halnya dilakukan tentara angkatan laut (AL) negara-negara lain, tutur Ariantyo, bahwa kunjungan serupa merupakan salah satu dari tiga fungsi utama AL. Selain itu, terdapat fungsi penegakan hukum dan kekuatan pertahanan.

"Dan, ketiga ini diplomasi. Kedatangan mereka ini adalah diplomasi untuk membangun kepercayaan antarsesama angkatan laut," kata Ariantyo.

Ratusan tentara Malaysia datang dengan dua kapal perang, Senin sekitar pukul 15.00. Mereka membawa KD-Perak 173 jenis Corvette dengan 69 anak buah kapal (ABK). KD Perak dipimpin Letkol Muhamad Hasrulsah bin Abdul. Kapal Malaysia ini dilengkapi persenjataan tempur yang mampu mengantisipasi serangan udara, laut, dan bawah laut.

Datang bersamaan dengan KD-Perak, kapal jenis patroli dengan nama lambung KD-Todak 3506 yang membawa serta 35 ABK. Todak dikomandani oleh Mayor Jamari bin Katimin. Mereka tiba dan merapat di pelabuhan kapal laut Semayang.

Sejumlah pemimpin dari pangkalan AL, Angkatan Udara di Balikpapan, Kodim, dan Polresta Balikpapan turut hadir menyambut kedatangan kapal. Kedua pimpinan kapal menerima pengalungan bunga sesaat turun dari kapal.

"Di sini nanti akan ketemu pejabat Balikpapan dan Kaltim. Mereka dalam kunjungan selama tiga hari," kata Ariantyo seusai pengalungan bunga. 




Sumber : Kompas

29 komentar:

  1. punya niat busuk apa lagi si malay tuh???
    sekali maling tetap maling sampai kapan pun....
    kata bang napi.... kejahatan bukan karena ada niat tp krn ada kesempatan....
    WASPADAAAA...... WASPADAAAA LAHHHHH...........

    BalasHapus
  2. Kalo denger kata2 Malaysia darah tinggiku langsung kumat hehe...
    Maaf sebelumnya saran buat para pejabat. dalam urusan HANKAM kita jangan bodoh dan berfikir kuno, urusan HANKAM tidak bisa menggunakan pake PERASAAN (sungkan-rikuh-ga enak hati sama negara tetangga) tapi pakelah LOGIKA.
    kalo Indo masih menggunakan perasaan dalam urusan HANKAM pasti akan kalah dan terkesan penakut
    Ambil 1 contoh dengan negara yg ngakunya serumpun, ketika kita krisis ekonomi, pemerintah pusat sedang fokus masalah pemulihan pasca tsunami diaceh dan adanya embargo dari US* si negara yg ngakunya serumpun malah ngambil sipadan dan ligtitan. coba kalo kita terapkan dikehidupan sehari2 masa iyaaa ada tetangga sampe tega ketika melihat tetangga rumah sedang susah malah kita ambil (nyolong) sepeda (sipadan) & motor (ligitan)????????????????? (maaf itu hanya perumpamaan saja)
    itu salah 1 contoh urusan HANKAM harus kita lawan juga pake LOGIKA jangan pake PERASAAN

    BalasHapus
  3. hati-hati ada setan di balikpapan....

    BalasHapus
  4. Malaysia pencuri budaya
    Malaysia pencuri pulau
    Malaysia pencuri tanah/patok negara
    Malaysia mencuri hasil hutan dikalimantan
    Malaysia menyiksa TKI
    Malaysia mengirim teroris untuk mengadu domba umat beragama di indonesia.

    Malaysia ANJING..!

    BalasHapus
  5. ah ngapain sih dateng2 mulu dah pulang2 sana lah..

    BalasHapus
  6. FOTO BUDIL MADONA WAKTU ABG

    baroinfo.com/selebritis/foto-bugil-madonna-waktu-abg-dilelang

    BalasHapus
  7. coba sekali2 kita bertandang.. lebih dari 3 kapal perang dengan peralatan perang yang menakutkan.. boleh juga kan..?!

    BalasHapus
  8. Terlalu lunak sikap TNIAL kpd TLDM itu- sangat 2perlu di ingatt/ jadikan pelajaran gimana brengseknya tingkah kapal2 TLDM ke kapal KRI itu dlm insiden AMBALAT yg PROVOKASI all out terhadap RI- TNI AL-plus cerita teraniyaya TKI/ TKW-dan dg itu semua msyrkat minta ke TNIAL- setidak nya bersikap dan miliki lah rasa sensitip-yg sekaligus bisa jadi ciri tanda penghormatan TNIAL kepada rakyat RI yg sangat sering di zholim i oleh malaysia- jadi kesimpulan nya: aspek2 sensitip yg memang fakta adanya perlu dijadikan pertimbangan juga- jangan trus gampang aja diajak krjasama)- trms salam heavy metal

    BalasHapus
  9. betul..,kudu sering puterin lagu2 trash metal biar ada semangat nya,.. like "living dead" by edane

    BalasHapus
  10. MALAYSIA MEMANG ANJING.
    ada yg mau bantah?

    BalasHapus
  11. Balasan
    1. Anjing, itulah malaysia si maling asia.

      Hapus
  12. Kalau jaman Sukarno ada pepatah " BIAR KITA MAKAN TEMPE, YANG PENTING KITA PUNYA KRI IRIAN" ..... kalau sekarang "BIAR KITA PUNYA KRI TEMPE, YANG PENTING KITA MAKAN IRIAN" .......... akakakakakakakak ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dasar anak malaysia anjing,yang lahir dari seorang ibu anjing

      Hapus
  13. Malingsia kudis kurap panuan

    BalasHapus
  14. ini ya bro kapal yang mau dijadiin sasaran tembak kita,,,>>? :-d

    BalasHapus
  15. Damai bersama malaysia benar2 buat indon stres dan sakit jiwa!...
    Tiap hari kerjanya tak ada yg lain cuma ngumpat2 terus...
    Kasian.... kasian.... ndon2!...
    Ayo! Mana kata tni hebat ganyang malaysia?
    Hei ndon! Ambalat adlh hak kami, sampai mati kami akan berjuang utk hak punya kami!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang sll adudomba siapa lagi cok &-cOk..
      Kalao ambalat hak kamu,abil saja ambalat,mau kao makan,kao tiduri jg silahkan ammbalat,,
      skali kao melangkah ke ammbalat,,endazzmu yg tolol akan q lumatt..

      Hapus
    2. Atas itu 16.28. Dia bukan orang malaysia.cara penulisan dan kata2 bukan begitu.sy bnyk teman melayu dimalysia mau pun anak malaysia kuliah di unhas makassar..yg komen atas itu RAKYAT INDONESIA SENDIRI mengaku malysia.itu orang perlu di kasi hammer dia pnya mulut.

      Hapus
    3. Ambalat kau kata punya malingsia.silahkan kalian ambil,tapi kalau kepala kalian pecah terkena rudal yakhont jangan salahkan pihak TNI.

      Hapus
  16. gimana kalo hubungan yg kerap MEMANAS diganti menjadi hubungan yg MEMANIS, hayo siapa yang bisa memulai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngirimnya Cik Siti Nurhaliza....... baru Memanisss..... :d

      Hapus
  17. pemerintah indonesia sll sabar dlm menghadapi masalah teritory dg malontesia,,
    tapi rakyat yg sll tdk terima dg malingsia,dgn seribu cara ingin memecah indonesia,,dr dl sampai besok.. Tidak akan ada kata memanis dg malaysia,,kalaupun mmanis itu cuma di mulut saja,,brooo

    BalasHapus
  18. Tak usahlah takut sama Malaysia cuman tetangga usil...urusan perang sama kita dia mikir ribuan kali, coba tengok tetangga kita yg dibawah, itu yg harus kita waspadai,,,,punya agenda apa sama Papua

    BalasHapus
  19. Huahaha MALINGSIA
    sekali maling tetap maling.jangan lengah wahai saudara setanah airku.Jangan beri kesempatan kepada mereka utk kembali berulah.
    Jayalah NKRI

    BalasHapus
  20. OKE FRIENDS- sekalian aja borong + ajakin duel si malaysia- australia itu- HEY MALAYSIA- AUSTRALIA klo loh berani ama ogut-AYO KITA BERANTEM-luh bakalan gwe jadi in PERKEDEL LHO- kayak sodara2 luh ( gurkha- SAS) yg 8000 an jumlah nya telah tewas di konfrontasi kalimantan itu-GHURKA INGGRIS-gde gaya doank- bisa nya cuman acung2 in kukri- sambil teriak2 kayak manusia pra sejarah- ahh dazar luh GURKHA mahluk prasejarah-

    BalasHapus
  21. Tiada kata serumpun untukmu malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adanya serumpon bozz itu bahasa Melayu-nye..... :d

      Hapus