Jumat, Oktober 04, 2013
10
Dari kiri ke kanan: Rizman A. Nugraha, Muhammad Sidharta Krisna, dan Abraham Gamaliel Figra

JAKARTA-(IDB) : Setelah melalui serangkaian tes fisik, mental, dan emosi selam dua hari di pada 27-28 September di AXE Apollo Space Academy (AASA) National Space Camp, Indonesia Headquarter, akhirnya AXE – Unilever Indonesia mengumumkan tiga orang calon astronot pertama dari Indonesia yang akan dikirim ke AASA Global Space Camp, Orlando, Florida, Amerika Serikat (AS).

Ketiga calon astronot pertama dari Indonesia tersebut adalah: Muhammad Sidharta Krisna (25) asal Yogyakarta, dokter lulusan Universitas Gajah Mada (UGM), Rizman A. Nugraha (24) asal Belitung, praktisi IT lulusan Universitas Bina Nusantara (Binus), dan Abraham Gamaliel Figra (20) asal Bandung, mahasiswa Manajemen Ekonomi Universitas Parahyangan (Unpar).

Pengumuman pemenang dilaksanakan secara langsung dalam acara grand final yang dipimpin oleh Brand Manager AXE – Unilever Indonesia, William Wijanarko, pada Sabtu malam, (28/9). Sebanyak 10 peserta yang masuk babak grand final masing-masing mendapat pertanyaan akhir dari para juri yang dipimpin oleh William Wijanarko. Di antara para juri adalah psikolog, ahli penerbangan, dan tiga sexy agents AXE Unilever yakni artis Vicky Shu, Aura Kasih, dan Tyas Mirasih.

Ketiga calon astronot Indonesia terpilih dari 82.000 orang pendaftar sejak bulan Juni lalu. Dari 82.000 kemudian disaring menjadi 5.000 orang dan dipilih lagi menjadi 40 peserta. Dari 40 peserta yang dipanggil masuk AASA National Camp, Indonesia Headquarter, empat orang tidak hadir sehingga total yang mengikuti serangkaian tes berjumlah 36 orang.

 “Ketiganya akan kami berangkatkan ke AASA Global Space Camp di Amerika Serikat pada Desember 2013. Di sana mereka akan bergabung dengan perwakilan dari 22 negara lainnya. Satu orang terbaik dari Indonesia akan terpilih menjadi astronot Indonesia pertama,” William Wijanarko menjelaskan.

William menambahkan, di AS ketiga calon astronot Indonesia akan menjalani serangkaian tes seperti layaknya seorang astronot, yaitu terbang dua kali lebih cepat daripada kecepatan suara, merasakan sensasi melayang tanpa gravitasi seperti di luar angkasa, dan menjalani simulasi kekuatan gravitasi ekstrem yang dirasakan para astronot saat melakukan pendaratan kembali di Bumi.

Para AXE Astronaut akan diterbangkan ke luar angkasa bersama seorang pilot terlatih menggunakan pesawat luar angkasa berteknologi mutakhir berkapasitas dua orang, yaitu XCOR Lynx Mark II. Pesawat luar angkasa ini akan menerbangkan orang Indonesia pertama hingga ke ketinggian 103 km dengan durasi perjalanan selama 60 menit. 

 “Perlu dicatat, mereka tidak hanya bertindak sebagai turis luar angkasa. Tetapi, mereka akan menjadi kopilot pesawat Lynx Mark II karena pesawat tersebut hanya berkapasitas dua orang,” tegas William. “Astronot pertama Indonesia yang terpilih tersebut akan menjadi AXE man yang akan memberikan inspirasi bagi penggemar setia AXE lainnya, bahwa sky is not the limit,”papar William.





Sumber : Angkasa

10 komentar:

  1. pake' roket buatan sendiri donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. rokeetnya lagi di pasangin knalpoott tunggu aja pak boss

      Hapus
  2. bisa brangkat gak bisa pulang lho... awas jadi klinci percubaan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah komen kayak gini nih yang bikin gak maju2 kalo nggak dicoba kapan mulainya....malaysia malah udah duluan kirim astronot lho...

      Hapus
    2. lebih cocok namanya TURISNOT atawa PLESIRNOT ,,,

      Hapus
  3. INILAH 3 ASUNOT INDONESIA
    1..DJOKO SUSILO (POLISI)
    2..ANAS URBANINGRUM
    3.AKIL (MK)

    SELANJUTNYA SILAHKAN DI TAMMBAHIN

    BalasHapus
    Balasan
    1. qqqqq :d wkwkwkwkw :>) HOAHAHAHAA =))

      Hapus
  4. selamat ya jarang2 tuh manusia yg bisa terbang keluar angkasa... mudah2 an yg berangkat si teknisi it.. biar kalo dah nyampe bumi lage ada semangat buat program pesawat antariksa hehehe..

    BalasHapus
  5. AYO INDONESIA PERBANYAKLAH KOROPSII RAKYAT MMENDUKUNGMU..MENTRA MMENTRI,MK .MKI,,DPR,,DPRD,MPR AYO SILAHKAN KOROPSIII

    ENTAR KALIAN JADI ASU ASUNOOTT NERAKA....
    Joko susilo lancau
    akil moktar chibay
    anas purbaketek
    antasari monyet
    angelina sondakh puQiayam

    monggo di pun koropsiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh para koruptore bisa di expor ngak ya?

      Hapus