Jumat, Oktober 04, 2013
28
BANDUNG-(IDB) : PT Pindad (Persero) mengembangkan tank jenis medium dan Panser Anoa Amphibi. Setelah sebelumnya berhasil mengembangkan kendaraan tempur panser Anoa versi darat dan Komodo.

Selain itu, BUMN produsen senjata dan kendaraan tempur ini juga akan mengembangkan jenis tank medium bernama SBS. Tank ini rencananya bisa ditampilkan pada pagelaran perayaan ulang tahun TNI Oktober 2014.

"Program SBS ngembangin medium tank. 2014 bisa ditampilkan," ucap Marketing Manager PT Pindad (Persero) Sena Maulana kepada wartawan pada acara pameran produk militer di silang Monas Jakarta, Jumat (5/10/2013).


Sena menjelaskan kesiapan pengembangan tank di Pindad sudah cukup lama. Selama ini Pindad telah memproduksi berbagai komponen tank.
"Pindad sudah supply rantai tank, buggy dengan punya itu. Kita desain sendiri medium tank," sebutnya.

Selain pengembangan tank sendiri, Pindad juga membantu Kementerian Pertahanan Indonesia bersama Turki mengembangkan medium tank. Namum diproyeksi produk tank asli buatan dan pengembangan Pindad akan selesai lebih awal.

"Di Kementerian Pertahanan punya program dengan Turki," sebutnya.

   


Selain tank, Pindad tengah mengembangkan varian panser Anoa versi Amphibi. Saat ini panser masih tahap uji berjalan di atas sungai dan danau. Untuk masa depan panser Anoa mampu turun dari kapal perang di atas laut.

"Anoa target 2014 uji dinamis mungkin produksi baru pesanan. Anoa mau fase peningkatan kemampuan. Tahap pertama bisa bisa amphibi danau dan sungai," terangnya.





Sumber : Detik

28 komentar:

  1. dari kemarin2 cuma ngembangin2 melulu....ayo dong pt di segera buat dong,dunia militer berkembang sangat cepat ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak semudah itu sbar ja om btuh waktu ntuk memproses lo kira bkin donat sehari jadi

      Hapus
  2. Pengembangan medium tank adalah awal utk menuju mbt tank..laanjutkan..! Selain tank, indonesia juga bisa menggunakan rudal anti tank yg bisa ditaruh dikendaraan lapis baja seperti komodo.

    BalasHapus
  3. hiduuppp prototype...

    BalasHapus
  4. Setidaknya kita telah berusaha dan mulai menunjukkan hasil positif amiiin!

    BalasHapus
  5. Wah termasuk revolutioner ne kemampuan rancang bangun tank kita (h) . Sekarang semakin dimengerti garis merahnya kenapa kita membeli Tank Marder Jerman dan Tarantula Korea serta kerjasama dengan Turki. Tank Marder Jerman sebagai flatform Medium Tank bahkan blue print nya boleh dipelajari / dimiliki. Dengan adanya kerjasama dengan Turki, maka desain fisik dan teknologi yang dimiliki turki bisa dipadukan dalam sebuah produk tank yang mumpuni. Ada yang menyamakan kemampuanTank Altay Turki sama dengan Tank Leopard Jerman.
    Untuk Anoa maka upgrading kemampuan amfibinya diambil dari panser Tarantula Korea. Panser Tarantula Korea sendiri diketahui merupakan hasil produk kerjasama antara Turki dengan Korea Selatan. cheer

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti dengan kata lain : Negara produsen tank terkemuka dunia : Jerman (Leopard, daya hancur & elektronik), Turki (Altay, kemampuan nubika & elektronik) dan Korea (K1, tank termahal), dan ketiganya telah saling bekerjasama sekarang digandeng Indonesia.. hmm pengen liat hasilnya tar.. semoga Indonesia bisa menjadi negara Produsen Tank Terkemuka Dunia.. semua sedang berproses.. SEMANGAT !! :>)

      Hapus
    2. ya kali korea produsen tank terkemuka, :-?

      Hapus
    3. ya gan, Cek Tank K1 Korea gan, di Youtube banyak, canggih bgt pokonya.. makanya paling Mahal tu tank.. biar ga amrik lge amrik lge.. bangkrut tar

      Hapus
    4. ne link nya gan http://www.youtube.com/watch?v=AVBq3AKwySQ

      Hapus
    5. K1/K2 Korea bisa menghancurkan proyektil / rudal anti tank di udara sebelum menyentuh body tank. K1/K2 ini serta tarantula adalah hasil [roduk kerjasama antara Korea Selatan dengan Turki. (o)

      Hapus
    6. saya kasih tau ya, K1 black panther itu ada kelemahannya, yaitu posisi driver lebih menjorok kedepan cara melumpuhkannya sangat mudah dibanding leopard

      Hapus
    7. lebih mudah mana dengan yang tanpa "pelontar shield" seperti di youtube itu ? seperti contohnya Tank Abram yg ratusan destroyed di irak, kebanyakan oleh RPG.. Tank Abram pun posisi drivernya di depan, sana dengan Leopard, hanya Merkava yg drivernya dibelakang engine..Hanya Altay, Merkava dan K1/K2 yg punya pelontar shield..

      Hapus
    8. Teknologi pelontar shield dikembangkan pertama kali oleh israel setelah kekalahan dalam perang lebanon, Tank Merkava banyak yg dihancurkan ATGM, padahal Merkava dianggap yang paling canggih & kuat.. Hanya Korea dan Israel yang bisa mengembangkan pelontar shield karena butuh kalkulasi superkomputer yang rumit dan akurat untuk menghitung secara tepat kapan pelontar ditembakan dalam menghadang proyektil anti tank / ATGM setelah ditangkap sensor / radar.

      Hapus
    9. untuk masalah teknologi elektronika, korea memang jago-nya.. di dunia mereka mengalahkan banyak membuat perusahaan gadget gulung tikar ;-(

      Hapus
    10. T90 Russia juga sekarang pake bro..

      Hapus
    11. USA belum kedengeran tu :d

      Hapus
    12. menghancurkan K1 korea gak usah pake RPG atau ATGM pake senjata Sniper Anti tank yang mampu menjebol baja ( peluru anti material )tembak dibagian yg tipis pelindungnya pada jarak 200-300 meter, bagian tipisnya sudah ketauan..masak dibeber di sini :-)

      Hapus
    13. emang t90 abram dll yang lain ga tembus ma snip material ? :d

      Hapus
  6. Semenjak menhankam dijabat purnomo....alutsista tni semakin bertambah..beda dgn menhankam yg lama, yuwono...yg tidak py gebrakan...12 mirage 2000 UEA pun ditolak...padahal tni au masih kekurangan jet tempur...sia2 upaya lobi dubes ri di UEA

    BalasHapus
  7. Tank medium pindad jangan setengah-setengah teknologinya, adopsi teknologi leopard, meriam smoothbore dengan self propelled system, baja komposit yang ringan dan tahan rudal, cat anti laser pembidik, pembidik optik, night vision, RWS, radar dan sistem decoy dari rudal musuh, amfibi terbatas, kecepatan dan endurance tinggi dan multi fuel ability

    BalasHapus
  8. punya ATGM pula, amphibious, engine minimal 1600Hp, bisa bawa SAM & Mine detector, satu lagi integrated link communication dengan Apache, Marder, Anoa...
    ini mah jadinya MBT yaa.. :d

    BalasHapus
  9. new bie ikut komen : merkava banyak yang hancur karena tembakan rpg yang beruntun, rata2 3 RPG untuk 1 merkava dalam perang lebanon. jadi walaupun ada shieldnya sekalipun kalau ada multi tembakan bisa hancur juga.

    BalasHapus
  10. prototype doanK...ujung"nya...
    Dari hovercraft
    tank
    bumblebee
    gandiwa..
    Selanjutnya negara prototype dengan presiden potoshop...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting berusaha dulu, rakyat indonesia mendukung pindad, para pengkhianat silahkan dukung malon

      Hapus
  11. yang bawah bentuk sasisnya kok mirip bmp 2..?? yang atas mirip desain cv90 pizzaro..coba deh cek.. apakah pindad membuat 2 versi medium tank ( APC with turret 20mm dan IFV cockeril 90mm )..??????

    BalasHapus
  12. Ayooo pindad engineer kita pintar2 kasih mereka kesempatan biar negara lain tahu bahwa indo juga pintar2. ngak cuma pintar korup looo

    BalasHapus