Sabtu, Oktober 05, 2013
41
JAKARTA-(IDB) : Baharuddin Jusuf Habibie percaya bahwa Indonesia itu paling unggul dalam industri dirgantara di antara negara-negara Asia Tenggara. Malaysia dan Singapura? Itu lewat.

“Malaysia dari mana? Dia enggak punya apa-apa. Pesawat capung-capung,” kata Habibie ketika berbincang di kediamannya di Jakarta, pada Selasa lalu.

Singapura, lanjut Habibie, juga tidak sebanding dengan Indonesia. “Boleh saja dia jagoan, tapi dia belum pernah bisa buat pesawat yang terbang. Kita sudah,” kata Habibie.

Bagaimana sebetulnya kekuatan industri dirgantara di antara ketiga negara yang disebut Habibie? Simak infografis berikut ini:







Sumber : Detik

41 komentar:

  1. kalao segi kuantitas boleh pak..
    Tp quality senjt kt blm ada apa" lah pak..
    Mef -II barulah kita high power di asia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaka sembung bawa golok...kagak nyambung lu, itu bukan alutsista.yang dibijarakan pak habibi..

      Hapus
    2. sekolah mu mbayare karo daun ubi opo daun kelapa maz,
      kalo pinter jangan di untal sendiri
      gkgkkgkgkgkkgk

      Hapus
  2. Yg diomongin industri penerbangan.. bukan alutsista..

    BalasHapus
  3. Ano 11.36 Habibie bilang soal kemampuan pengembangan pesawat sipil Indonesia lebih unggul dibanding negara2 asean,bkn pst tempurnya..

    BalasHapus
  4. Pak jgN N2130 kita d wujudkn juga

    BalasHapus
  5. Sbelum bwt komen berfikir n analisis data dulu, biar lebih peofesional ilmiyah n akurasi diskusi nya mengalir bagai air terjun,..

    BalasHapus
  6. nomor 1 korupsinya..kpk harus pesen anoa untuk nembak koruptor..

    BalasHapus
  7. Pak Habibie itu jalanan buktinya ga ancur tuh dipake tank Leopard? Bapak beberapa bulan yang lalu bilang "Hanya orang bodoh yang beli tank leopard" sekarang bapak harus tarik kata-kata bapak yaaa,,, jangan komentar melulu,,, membingungkan banyak orang.
    Soal negara lain tidak bisa buat pesawat,,, sepertinya harus diralat tuh,,, TIDAK BISA atau TIDAK MAU itu dua hal yang berbeda pak,,, mereka mungkin bisa bikin pesawat tapi tidak mau karena takut digencet oleh BARAT seperti dulu kita dengan proyek Nurtanio langsung oleh IMF disuruh tutup! karena hutangnya terlalu banyak.

    Ayolah pak,,, Rakyat Indonesia memang tidak semua sekolah di Jerman,,, tapi bukan berarti kami bodoh ya pak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. YANG KOMENNYA HUJAT, KUWALAT LUUH, ORANG TUA ITU...LU KAN MASIH MUDA.

      Hapus
    2. maksud pak Habibie, mending beli pesawat tempur dan pertahanan udara lainnya dari pada beli Leopard, apakah indonesia kalau perang nunggu musuh di darat, harusnya musuh yang mau nyerang indonesia sudah di lumpuhkan sebelum sampai kedaratan, artinya yang pertama diperkuat adalah AL dan AU

      Hapus
    3. he ano 15.42 itu komennya ano 13.31 bener banget! beliau yg pertama menghujat TNI beli Leopard baca dong ! dan lagian gara2 pak habibie Timor timur lepas!
      baca yg banyak bung!

      Hapus
    4. orang goblok koment wkwkwkwkwk

      Hapus
  8. YANG HINA HABIBIE ITU ORG ANJING. SAYA PENGEN LUDAHI MUKAMU ANJING..TAUNYA KOMEN. APA SUMBANGANMU MA NEGARA INI. CM JADI BEBAN.. KALAU BUKAN HABIBIE YG MERINTIS INDO GK BAKAL PNYA PT DI. LHAT BATAM JADI BASIS INDUSTRI. BERAPA BNYAK ORG DI PEKERJAKAN. SY ORG BUGIS TPI GK MENGEMIS SAMA NEGARA.KAMI MANDIRI. MAJU PAK HABIBIE.MAJUKAN INDUSTRI PENERBANGAN INDONESIA..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah disini manusia semua bung gak ngerti bahasa anjing! pulang kehutan aja lu!

      Hapus
    2. inda indo .. Bilang indonesia bisa gak,,??
      Bagaiamana dengan andi malarangeng,,??
      Kalau masalah rasis jgn d i bawa masuk di blog militer bung,,mental ente harus di sekolahkan,,
      biar anjing menggonggong kafilah berlalu,,
      kalau EnTE BELAIN PAK HABIBIE APA ENTE DI BAYAR,APA KALAU ENTE BELAIN PAK SBY DI BAYAR,??

      Sekolah dulu sono gak usah pakai rasis segala,,

      Hapus
    3. inda indo .. Bilang indonesia bisa gak,,??
      Bagaiamana dengan andi malarangeng,,??
      Kalau masalah rasis jgn d i bawa masuk di blog militer bung,,mental ente harus di sekolahkan,,
      biar anjing menggonggong kafilah berlalu,,
      kalau EnTE BELAIN PAK HABIBIE APA ENTE DI BAYAR,APA KALAU ENTE BELAIN PAK SBY DI BAYAR,??

      Sekolah dulu sono gak usah pakai rasis segala,,

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Jagan ajarin sy sekolah. Org yg hina habibie org bodoh. Jagan2 kamu ini pengamen.. Org sulawesi jgn di ajarin.cw kamu yg bodoh. Anjing kamu. Sy memang gk suka jawa anjing. Sby babi. Kamu jawa mau apa.

      Hapus
    6. UNTK 18.40 SAYA TANTANG KAMU.KENAPA SY BILANG INDO APA SALAH ANJING. BLOGNYA AJA INDO MILITER. KAMU SURUH SY SEKOLAH. KAMU DATANG LA DI RMH SAYA. JALAN RAYA CIRACAS.DI JAKARTA. KALAU DI MAKASSAR DI BUMI PERMATA SUDIANG BLOK G5 NO25. KALAU DI PALU JGN DWI SARTIKA NO 7. SY GK MAU NGOMONG DI SINI KITA BUKTIKAN.. SY TULIS KOMEN INI SY SKRG DI JAKARTA. KAMU DI MANA..SY CM IKVT BLOG INI CM ISENG2.. AKU TNGGU KAMU BY ANAK MAKASSAR.JGN AJARI ORG MAKASSAR MASALAH SEKOLAH.

      Hapus
    7. Bagus pak ahmad. Kami anak makassar di jakarta tepatnya di kalijodoh siap pasang badang kalau ada yg menghina org bugis apalg pak habibi.siapapun dri suku mana pun kami akan basmi dia.kurang ajar.kalau polisi atau tentara tnjukkan alamatmu. Jgn jago komen di sini.. Kami di belakan kamu pak ahmad..

      Hapus
    8. Sabr teman.kitoran bausadara semua.org yg mengina bpp habibie itu manusia bodoh.gk tau sejarah..munkn diorang buruh kasar.org macm ini bhaya bisa jual harga dirinya..kyk ketua MK. Tpi sy mau ksi tau dorang jgn coba kami org sulawesi. Makassar.mando.palu.kendari gorontalo.mamuju.poso kami bersaudara.kami akan saling membntu..

      Hapus
    9. 18.41 SAMPEAN MAU APA.. SAMPEAN 18.41 ORG BODOH.. ASU.KAMPRET. ORANG MACM SAMPEAN INI WAJIB DI BUNUH.SAMPEAN PENGHIANAT.

      Hapus
    10. Manusia anjing yg menghina habibie. Kalau kamu di batam q mau hajar kamu.. By anak batam pelita 2.

      Hapus
    11. Hadiiirrr bos yg dr ujung sumatra,,,
      aku ini orang ACEH.... kalian tau siapa saya...?! 8-)
      klo ngajak perang melawan JAWA, kami di ajak juga donk bos,kami siap membantai JAWA pukimak... :-t

      Hapus
    12. whoaaahhhh... ngantuk...

      Hapus
  9. KECOCOKAN JODOH BERDASARKAN HARI LAHIR
    Dikutip dari situs :
    www.Primbon.com
    by: KOPLOK 2012


    Ahad & Ahad, Sering Sakit
    Ahad & Senin, Banyak Sakit
    Ahad & Selasa, Miskin
    Ahad & Rabu, Selamat
    Ahad & Kamis, Cekcok
    Ahad & Jumat, Selamat
    Ahad & Sabtu, Miskin
    Senin & Senin, Tidak Baik
    Senin & Selasa, Selamat
    Senin & Rabu, Anaknya
    Perempuan
    Senin & Kamis, Disayangi
    Senin & Jumat, Selamat
    Senin & Sabtu, Direstui
    Selasa & Selasa, Tidak Baik
    Selasa & Rabu, Kaya
    Selasa & Kamis, Kaya
    Selasa & Jumat, Bercerai
    Selasa & Sabtu, Sering Sakit
    Rabu & Rabu, Tidak Baik
    Rabu & Kamis, Selamat
    Rabu & Jumat, Selamat
    Rabu & Sabtu, Baik
    Kamis & Kamis, Selamat
    Kamis & Jumat, Selamat
    Kamis & Sabtu, Celaka
    Jumat & Jumat, Miskin
    Jumat & Sabtu, Celaka
    Sabtu & Sabtu, Tidak Baik

    BalasHapus
  10. Buatin roket atau pesawat yang bisa luncurkan satelit dong pak habibie, demi kemajuan IPTEK

    BalasHapus
  11. tdk seharusnya yg patut dipersalahkan itu pak habibi atas lepasnya daerah tim-tim,toh kita semua tau tim-tim lepas itu jga krna ada campur tangan pihak asing sebagai bagian dr tindak lanjut pengembangan industri pertahanan kita dlm hal ini PT DI yg dilakukan oleh pak habibi dan di lanjutkan dengan embargo senjata oleh AS. semestinya kita bersyukur berkat pak habibi lah industri pertahanan kita berkembang,coba kalian pikir jika dlu tanpa adanya pak habibi apakah mungkin skrg negara kita punya industri pertahanan seperti PT.DI, dan PT PINDAD yg sekarang telah dipandang oleh negara"di dunia??? kalian yg bisanya menghina pak habibi itu adlh org yg bodoh yang tdk mengerti sejarah,tidak memiliki jiwa nasionalisme,dan penghianat bangsa. sama halnya seperti halnya mereka yg pada zaman itu mencoba meruntuhkan industri pertahanan sendiri yg telah susah" dibangun oleh pak habibi untuk kepentingan dan kesejahtraan bangsa ini. ingat "BUNG" presiden kita yg pertama "SOEKARNO" pernah berkata"JANGAN PERNAH MELUPAKAN SEJARAH" kita semua tau pihak barat itu dr dulu sampai sekarang masih berniat untuk menguasai negara"di dunia ini termasuk indonesia guna untuk di ambil dan dikeruk sumberdaya alamnya,tentu mereka tidak ingin melihat negara" di bagian belahan bumi manapun mempunyai industri pertahanan dan persenjataan yg mumpuni sudah tentu pasti dengan segala daya dan upaya mereka berusaha untuk menghancurkannya baik dengan cara langsung maupun tidak langsung seperti industri pertahanan kita dahulu yg dilemahkan oleh IMF dan kemudian dilanjutkan dengan embargo senjata oleh AS dengan dalih pelanggaran HAM di tim-tim. Nah sekarang coba kalian bandingkan industri pertahanan kita dahulu dengan yg sekarang berkat beliau lah skrg industri pertahanan kita sudah di pandang oleh negara"di dunia ini, dan juga karena berkat beliau lah yg mempertahankan industri pertahanan kita hingga saat ini masih ada dan bisa memberikan kebangaan dan kesejahtraan bangsa. dengan industri pertahanan yg kuat dan persenjataan yg mumpunin sudah tentu pasti negara kita akan di segani dan dipandang dunia tdk lg diremehkan seperti peristiwa lalu dengan negara tetangga kita malaysia. hal-hal yg seperti ini yg sudah lama dr dlu di fikirkan oleh pak habibi,yg tidak di fikirkan oleh presiden" terdahulu setelah presiden soekarno. Oleh krna itu saya sangat bersyukur dan berterima kasih kpd beliau yg telah berjasa memimpin NKRI dengan penuh tanggungjawab dan semangat nasionalis,walau sebagai imbalannya daerah tim-tim lepas dari pangkuan NKRI . nah apakah skrg apakah kalian masih mw menjelek"kan pak habibi ???? saya rasa jikalau kalian yg berada diposisi beliau belum tentu dapat melakukan hal seperti ini ... sebaiknya kalian bercermin dahulu sebelum menjelekkan org lain,merenung apa yg dapat dan sudah kalian lakukan pada bangsa ini ?????? tentu anda sendiri yg dapat menjawabnya ..

    BalasHapus
  12. Manusia super pintar atau yg berjasa besar sekalpun tentu tak luput dari kekeliruan!!! Sukarno, suharto, habibi, gusdur, mega dan sby tentu punya kekeliruan!! Untuk itu marilah kita memakluminya!

    BalasHapus
  13. habibie orang pintar, demokratis banyak jasa beliau buat negara ini.. cuma australia si tukang sapi bangsat dan kroni2 nya itu yg gak seneng negara ini maju dan besar.. jaman bu mega putus kerjasama dgn australia dan indonesia oke2 aja... sok ngebatasin eksport sapi sekarang malah datang lagi mengemis supaya sapi2 nya di beli lagi ama indonesia... negara pecundang macam apa yg tingkah nya seperti itu..

    BalasHapus
  14. Jangan jadikan perbedaan itu menjadi ajang permusuhan,ingat "BUNG" sumatra,jawa,bugis dan papua itu bersaudara.NKRI bukan milik individu atau sekelompok masyarakat tertentu tp milik kita bersama bangsa indonesia. Marilah kita tingkatkan persatuan dan kesatuan serta jiwa nasionalis kita guna menyongsong indonesia yg lebih maju dan sejahtra. "MERDEKA"

    by : Anonim 0202

    BalasHapus
    Balasan
    1. persetan dengan Hindonesia yg lebih maju dan sejahtera,,,
      selama pemerintahan dibawah kendali JAWA asu kami ingin MERDEKA :-b
      jika tidak ad sumatra,kalimantan,sulawesi dan papua, Jawa itu hanyalah kumpulan orang" pecundang... ngerti lo tot

      Hapus
  15. "INDONESIA PUSAKA"

    Indonesia tanah air beta
    Pusaka abadi nan jaya
    Indonesia sejak dulu kala
    Tetap di puja-puja bangsa
    *courtesy of LirikLaguIndonesia.Net
    Reff :
    Di sana tempat lahir beta
    Dibuai dibesarkan bunda
    Tempat berlindung di hari tua
    Tempat akhir menutup mata

    Sungguh indah tanah air beta
    Tiada bandingnya di dunia
    Karya indah Tuhan Maha Kuasa
    Bagi bangsa yang memujanya

    Reff :
    Indonesia ibu pertiwi
    Kau kupuja kau kukasihi
    Tenagaku bahkan pun jiwaku
    Kepadamu rela kuberi

    By: Anonim 0202

    BalasHapus
  16. Inilah model demokrasi Indonesia !
    Tidak bisa menghargai pendapat orang lain !
    langsung bawa suku ngajak berantem !
    makanya lebih baik tidak usah demokrasi !
    kita balik kejaman pak Harto saja !
    banyak ngomong langsung di petrus aja !
    bangsa ini terbukti tidak bisa demokrasi !
    mudah-mudahan TNI ambil alih sajalah !

    BalasHapus
  17. Anjing malasya ga ada gunanya kalian komen adu domba disini.fikirkanlah kenapa kalian cuma punya pesawat capung-capung hahaha

    BalasHapus
  18. Pada goblok semua...baru dikomen kok mau berantem segala!

    BalasHapus
  19. Mending gua makan aja ah yg bnyak,
    Biar perut kenyang,& mimpi indah. .
    Tha tha . . .
    Met bobo indonesia.
    Emuaach

    BalasHapus
  20. haduuh masalah ginian di ributin...
    saya hormat pada bp habibie terlepas dia bener apa ngganya..
    setidaknya dia udah ngasih sesuatu bwt bangsa ini...
    yg ngritik boleh aja..tapi insrospeksi dulu deh..
    ini yg ngritik jangan" org malingshit ama singaparna yah

    BalasHapus
  21. iya pak habibie....segera kejar ketinggalan dari Korea, buat pesawat tempur....ndak usah nyaingi F-16, f-35...... buat yg biasa saja yg hemat avtur untuk latih dan patrol kayak golden eagle punya Korsel, tunjukkan kita maju di Asia tenggara

    BalasHapus