Rabu, September 25, 2013
46
HANOI-(IDB) : Vietnam resmi membeli dua belas pesawat tempur Sukhoi Su-30MK2 dari Rusia dengan harga masing-masing lebih dari AS$ 46 juta (sekitar Rp 500 miliar). Sebelumnya Vietnam telah memiliki 24 Su-30MK2 yang mereka beli dari Rusia dalam delapan tahun terakhir, dan kedepan artinya Vietnam akan memiliki 36 Sukhoi Su-30MK2.

Versi MK2 dari Sukhoi Su-30 dilengkapi dengan perangkat elektronik canggih yang memungkinkan penggunaan rudal anti-kapal. Pesanan Vietnam ini baru akan dikirimkan pada tahun 2015 nanti. Disamping Su-30MK2, Vietnam juga telah memiliki 10 Sukhoi Su-27.



Sebagian besar dari total 400 pesawat tempur Vietnam adalah buatan era 60-70-an yaitu MiG-21 (200+ aktif) dan Sukhoi Su-22 (145 aktif) untuk serangan darat. Walaupun secara kuantitas memang banyak, tapi melihat umur dan teknologinya, Vietnam tampaknya memang butuh upgrade dengan pesawat yang lebih modern.

Sebagian analis menganggap Sukhoi Su-30 (33 ton) setara dengan F-15 buatan AS, namun tentunya dengan harga yang lebih murah. Dikembangkan menjelang akhir Perang Dingin, Su-27/30 merupakan salah satu pesawat tempur terbaik yang pernah Rusia buat. Walaupun disaat kondisi ekonomi tidak menentu pada 1990-an, pemerintah Rusia terus menjaga "keberlangsungan hidup" pesawat ini, bahkan menyediakan dana untuk pengembangan versi yang lebih baik dari Su-27, yang disebut dengan Su-30. Hasilnya pun terbukti, Su-30 menjelma menjadi pesawat luar biasa sekaligus menjadi pesawat tempur utama yang diproduksi Rusia.




Sekarang sudah ada beberapa varian Su-30 dan beberapa upgrade signifikan. Sementara Su-27 hanya diproduksi sekitar 700 unit (terutama antara tahun1984 hingga runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991), produksi Su-30 kini sudah mendekati 1.000 pesawat (termasuk yang diproduksi India dan China di bawah lisensi Rusia) dan mungkin akan mencapai 2.000 unit, jika India dan China terus memproduksinya.

Su-30 memang belum pernah digunakan dalam pertempuran sesungguhnya, akibatnya reputasinya di mata barat tidak cukup bagus. Namun perlu diingat bahwa Su-27/30 ini merupakan lompatan besar Rusia yang mengalahkan pesawat-pesawat tempur barat yang selama ini telah mengalahkan desain Rusia selama berpuluh-puluh tahun.



Dalam latihan-latihan tempur, kemampuan Su-30 dinilai sangat baik dan kini selalu dilibatkan Rusia dalam setiap latihan. Di masa lalu, kurangnya waktu latihan menjadi masalah besar bagi pesawat-pesawat tempur Rusia.





Sumber : Artileri

46 komentar:

  1. Diam-diam Vietnam mulai "nimbun" Flanker Family..
    Negeri yg serius dan konsisten dalam mamajukan pertahanannya.
    BTW, disana ada budaya mark up dan korupsi ga ya? :d

    BalasHapus
  2. vietnam Ngikut kita tuh pake MK2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vitnam dan indonesia menggunakan versi sukhoi yg setara dg yg dipakai cina serta rusia(rusia lbh canggih dikit),sdg malaysia pake sukhoi yg setara dg punya india (pakai canard dan avionik campuran barat).

      Hapus
  3. saudara saya 3 tahun kerja di perusahaan asing di vietnam, dia bilang korupsi KELIHATANNYA tidak separah disini. Dia bilang "kelihatannya" karena disana nggak ada lembaga galak seperti KPK.

    Kalo nggak ada yang membuka kasus korupsi ya kelihatannya nggak ada korupsi kan? Tapi bukan berarti sebuah negara bebas korupsi, hanya rakyatnya aja yang nggak pernah dikasih tahu seberapa parah sebenarnya kourpsi di negaranya sendiri.

    BalasHapus
  4. ia tak akan bisa menandingi SU-30MKM..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukhoi punyamu(malon) hanya unggul di jarak deteksi radarnya saja,selisih 50km. Radar mkm mampu mendeteksi jarak 200km,sdg sukhoi vietnam dan indonesia hanya pada jarak 150km,punyamu bisa ngejammer lbh dulu sukhoi mk2,tp menembak punya jarak yg sama krn rudal yg dipakai juga sama,tinggal skill pilot2nya yg menentukan.

      Hapus
  5. dan kita akan berhenti cuma dengan 1 skuadron sukhoi doang

    BalasHapus
  6. BRAVO tuk vietnam skr miliki 36 SU27-30..juga TOP dan OKE banget tuh DPR nya vietnam yg memiliki visibility asimetriik..saling suport-sportip..SALUT untuk vietnam yg sekarang sudah melangkah ke fase 2 skuadron SU27-30 ..

    BalasHapus
  7. Salut untuk Vietnam, dalam mempertahankan wilayah udaranya. (h)
    semoga di mef 2 kita bisa menambah skuadron sukhoi. yang berorientasi ke sukhoi 35 serta pertahanan udara s300nya bisa diboyong ke Indonesia. jangan lupa untuk simulator sukhoinya ya pak.. 8-)

    BalasHapus
  8. ga pa2...kita su-35BM ajeeee 1 skuad aja cukup.....ngarep.com

    BalasHapus
  9. siip bagi rusia yg telah berhasil menjual su-30mk2 nya, semoga semakin membantu ekonomi negaranya

    BalasHapus
  10. Vietnam aja yang tanah nya ngak sekaya kita pesawat sukhoi nya aja mau 36 buah...kita berapa ya...mbuhlah...pejabat kita sibuk nya maling uang rakyat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pejabat yang korupsi tu sama dengan anjjing rabies..lebih ganas dari virus hiv aids..saya laknat orang yang korupsi makan uang rakyat saya sumpahi mudah2han langsung terserang penyakit akut mati nya lama siksa nya lama dia rasakan supaya nyaho tu makan uang jeritan rakyat..apa tu demokrasi yang hanya mendatangkan korupsi

      Hapus
  11. indonesia kapaan ea belii sukoiiiii lagii...... ;-(

    BalasHapus
  12. Dengan menjamurnya kaum alay,kaum olga, hedon,pesimis, provokator,apakah mgkn nkri bisa menghadapi tantangan jika suatu saat terjadi perang?,, dulu nkri bisa mengusir penjajah krn tidak ada kaum itu(ada mgkn hanya sedikit),,

    BalasHapus
  13. Mudah mudahan kerjasama proyek pembuatan pesawat tempur Indonesia & Korea Selatan bisa berjalan dengan sukses supaya nantinya Indonesia bisa membuat pesawat tempur sendiri (gak usah beli).
    Pastinya ke depan Indonesia akan menjadi bangsa yang unggul di bidang teknology kedirgantaraan karena di Asia Tenggara ini hanya Indonesia yang bisa membuat pesawat terbang.

    BalasHapus
  14. Betul sob2 ano,emang negara kita yg luasnya berkali2 daripada vietnam hanya dijaga 1skadron sukhoi (16unit) beda dg vietnam. Walaupun dari segi tingkat perekonomian kita lbh unggul drpda viietnam tp mereka lbh konsisten dlm membangun angkatan bersenjatanya,mana pilihan alutsistanya jg yg nomer wahid,kita sptnya ga melihat bahwa luas wilayah kita seberapa besarnya dan mesti berapa alutsista yg mesti dimiliki,menurut ku yang mungkin ada benarnya militer kita hanya dibangun untuk menyeimbangkan dg negara2 tetangga yg notabene lbh kecil luas wilayahnya dan bukannnya menyesuaikan dg kebutuhan serta luas wilayah,biarpun pihak GFP menilai kita berada di posisi 15 sklipun. Ya mudah2an di MEF 2 pengadaan sukhoi trtma sukhoi 35BM terlaksana khususnya buat pengganti F5 tiger yg 2 tahun lg mesti pensiun biarpun cma 1 skadron,kita msh bisa menerima.

    BalasHapus
  15. gak apa apa lah..wlpun cm pnya 1 skudron sukhoi, tapi kita pnya 18 KS.

    BalasHapus
  16. VIETNAM memang patut dicontoh ... diam senyap senyum sopan tidak ribut-ribut tidak hujat sana sini tapi kelihatan benar serius dalam membangun alutsistanya ... dan mereka memang pemenang perang 2 X Perancis di linggis, dan Amerika diseterika pada perang Vietnam 1 dan 2.

    Hebat VIETNAM !!! andaikata Bangsa ku bisa kayak mereka yaaa? kapan yaa? sopan senyap tapi trengginas membangun diri sendiri!

    BalasHapus
  17. Vietnam getol memperkuat sistem persenjataanya karena punya konflik kepulauan dengan China, jadi ya wajar saja.....

    BalasHapus
  18. ya klo iri juga buat apa, tapi emang kayak gitu jadinya. tinggal angan saja TNI berniat jadi 10 besar dunia. dg vietnam yg kcil saja kalah. pdhl ekonomi juga lbh bgus indonesia. Kita kurang greget.

    BalasHapus
  19. ya klo iri juga buat apa, tapi emang kayak gitu jadinya. tinggal angan saja TNI berniat jadi 10 besar dunia. dg vietnam yg kcil saja kalah. pdhl ekonomi juga lbh bgus indonesia. Kita kurang greget.

    BalasHapus
  20. indonesia ini selain telat ngebangun alutsista nya trus banyak pula protes nya... tapi bagaimanapun juga keunggulan indonesia itu mencoba untuk ngerakit sendiri dan lumayan keliatan hasil nya jadi gak cuman beli aja repot jangka panjang nya.......

    BalasHapus
  21. indonesia nunggu aja Kfx,,
    atau mau nunggu hibahnya MiG nya mAlon..wkwkkw

    kan daana nya udah habis. Di beliin tanah saamma si joko,
    di beliin rumah sm anas,d buat jlan" si udin... Wkwkwk

    rakyat cuma mlongoo dananya entek di gondol fir'aun nd dajaL yg duduk di Dpr/d,mpr,

    BalasHapus
    Balasan
    1. santai aja bro yg udah terjadi gak perlu di inget2 terus dan harta2 mereka juga udah pada di sita di kembaliin ke negara lagi.. dan masalah korupsi mah udah ada kewenangan sendiri kok kpk yg ngurusin...

      Hapus
    2. ano17:16

      kPK nya kurang tegaZ dgn pejabat korupt,,di lokap masih bisa enjoy.. Bahkan nyengir.. (gue udah rampok negeri gue,betapa pandainya gue)
      dana sapi yg udah di bagi" in ap masih bisa di ambiL brow...??

      Hapus
    3. bos bos...ane mau taruhan..kfx itu program mimpi basah yg gak akan wujud...wong korea aja sendiri kalang kabut teknologynya....kalau mau lisensi/tukang rakit doang....itu rafale-griphen pasti akan kasih....wong pt di selama ini juga cuma tukang rakit pesawat airbus kan???

      Hapus
    4. ano 18;36

      kalo uang sapi gak bisa di tarik lagi ya mau di apain namanya juga udah abis duit nya di pake ama para koruptor2 nya tapi ya kita juga gak bisa mencela kpk tidak tegas dgn jumlah personil kurang dan niat penambahan gedung baru yg tidak di bangun2 dgn alasan ber macam2 oleh dpr... kpk menurut ane sudah cukup maksimal melaksanakan tugas nya dengan segala keterbatasan nya...

      Hapus
    5. ano 19.00..

      Kalau feeling ane...
      Kayak optimis jadi,,
      tapi ketika ujicoba pada th 2018...
      Nah korut ngajakin dueLdg korseL,yg nyebabkan gk jadi dech kang..


      Ano 21.22
      kog Dpr trus tho gan yg banyak gak setuju,,
      apa" gk setuju,leo gk setuju,apache gk setuju,, skalinya 10 kilo diem (bungkus).. Bkin gedung gk setuju,, skali d suruh ngantongi dana Hambalang dan sapi, (dilipet,kantongin)..

      Kog gk tobat" o.. Banyak antek asing yg duduk di Dpr,,
      sbgai contoh dan BUKTI NYATA ya Gan...

      "" PARA TKI YG AU KE LUAR NEGRI BUAT KTKLN DI PEMMERINTAHAN DINAS TENAGA KERJA DI PERSULIT, PADAHAL EREKA PAHLAWAN DEVISA,TP MMEREKA MASIH DI MINTAI DANA UNTUK INI ITULAH DAN ANEHNYA SETIAP ORANG BERBEDA"..KALAU TIDAK PERCAYA SILAHKAN DATENG AJA DI NJAGIR SURABAYA KANTOR KTKLN/TENAGA KRJA LUAR NEGRI,,LHA 1 HR MENCAPAI RATUSAN DTG DN 1 ORANG KLUARKAN MINIMAL UANG 600,000 UP,,SAPAI 1JT....TRUS UANGNYA KEMANA,KOG ASIH TEGA PLOROTIN UANGNYA PARA PAHLAWAN DEVISA KITA...

      Bila ada waktu boleh d check di sana...
      Seperti aapa klakuanya para Pns/peda kita..
      BIROKRASI DI INDONESIA SANGAT MENYUSAHKAN RAKYAT,BERBEDA DENGAN BIROKRASI DI LUAR NEGRI LEBIH SENANG..

      Sekian...

      Hapus
  22. yang penting kita nambah pensilnya saja..mudah2an kita bisa nambah lagi...

    BalasHapus
  23. klo mau jujur di vietnam harga bbm gak di subsidi sedang indonesia di subsidi dg perbandingan harga 6500/ltr sedng di vietnam 9500/ltr ada selisih 3000 rupiah x 2 juta kilo ltr /6bln = 60 triliun.coba kalo dibuat untuk beli sukhoi dah ada 125 pesawat sukhoi hanya untuk kenaikan 6 bln saja .coba kalo dalam 1 thn,2 thn...hehehe harap mode on.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau buat sukhoi????kalau diembat buat kepentingan politik dan kroni????mau apa hayoooo????subsidi atau tidak teteap aja gak peduli sama rakyat

      Hapus
    2. ano 18;56

      bro kalo ente masih nyaman dgn menerima subsidi dari pemerintah jadi ya jgn menuntut yg macam.. sekalipun di korupsi kalo minyak sudah tidak di subsidi tetap pemerintah duit tabungan nya ada... boleh salahkan korupsi tapi kita juga salah karena masih mau terima subsidi minyak dari pemerintah... kalo korupsi maling uang negara nah kalo subsidi kita sama aja menodong negara.. karena orang2 kalo subsidi nya di tarik pada ngamuk2 demo.. korupsi dan subsidi sama2 jahat bro...

      Hapus
  24. Ano 21.31
    Bbm dr bumi indonesia, yg olah org indonesia knapa kita kok beli bbm mahal2 bukankan bumi dan seisinya untuk kemakmuran rakyat.pertanyaannya sdhkah rakyat kita makmur??klo mw makmur ya smua perusahaan asing di privatisasi smuanya kita olah sendiri hasilnya untuk sendiri, klo sdh begini kita bisa gratis bbm bro..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana mau di olah sendiri gan..???
      Malahan suber inyak kita.. Kita cumma dapet 35%.ja....
      Seperti freport kita br dpt 0%....

      Gimana mau maju,,,
      lebih baik kl au maju sperti iran.. Ya siap" engemmbargo diri sendiri....

      Di situ br kt mmncintai product nasional.
      Hehhehe

      Hapus
    2. ano 23:07

      ente kata siapa kalo sekarang negara kita masih kaya minyak searching berita migas terbaru bro.. produksi minyak kita ntu sekarang 2013 gak nyampe 1 juta barrel per hari.. total produksi gabungan pertamina, swasta dan asing cuma capai 850 ribu barrel per hari sedangkan konsumsi minyak indonesia sekarang di atas 1 juta barrel per hari maka nya kita sekarang jadi pengimpor minyak.. blm lagi produksi minyak kita harus berbagi dgn asing yg punya peralatan untuk pengeboran nya,, kalo mengandalkan produksi dari pemerintah pertamina aja 500 ribu barrel per hari pun gak nyampe.. nah kurang yg 500 ribu barrel lebih per hari itu di tutupi dgn impor dari berbagai negara...indonesia import minyak dapet nya harga pasar dunia sedangkan rakyat mau nya harga subsidi gemana gak berat pemerintah... maka nya negara ampe ngutang2 untuk nutupin subsidi harga minyak yg penting rakyat gak demo padahal secara tidak langsung subsidi itu sama aja kita membunuh diri kita secara perlahan karena utang itu ada bunga nya.. kumpulin duit dari pajak rakyat buat bayar bunga hutang.. belum lagi harus bayar pokok hutang nya... masih gak percaya silahkan search di berita2 kondisi produksi dan konsumsi migas indonesia saat ini menyedihkan bro..

      Hapus
    3. http://finance.detik.com/read/2013/06/05/164609/2265910/1034/ini-kondisi-sektor-migas-indonesia-tahun-depan

      http://finance.detik.com/read/2013/06/28/130104/2287006/1034/tiap-hari-ri-impor-bbm-800-ribu-barel-wamen-esdm-apa-boleh-buat

      Hapus
    4. ente bisa bayangin bro brapa trilyun duit pemerintah yg harus keluar tiap hari buat nutupin subsidi harga minyak.. coba gak pake subsidi brapa trilyun duit pemerintah yg tiap hari bisa kesimpen... buat beli sukhoi, ks kilo, rudal s-400 mah encer bro tiap minggu juga bisa kebeli...

      Hapus
  25. Yang jelas masih jauh dari minimum pertahanan udara kita, perlu tambahan skuadran sukoi........F16 kemampuannya dibawah su30mk2 tambah lagi su30nya negara kita luas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ente mau sukhoi bantu donk pemerintah bro... kalo ente punya mobil atau motor pake pertamax donk bro yg non subsidi biar duit pemerintah gak abis cuma buat subsidi bensin doank..

      Hapus
  26. Itu bro yg sngt ane sesalkan, pertamina yg nota bene punya kita g dikasih kepercayaan untuk mengelola.liat blok cepu, LNG tangguh, di riau, dikalimantan,blm lg isi perut bumi kita selain migas.siapa yg kelola??hampir smuanya asing bro..!!yg lebih miris lg persentase share profitnya kita dpt jauh lebih kecil dr si "ASING"...klo kita nasionalisasi smua pasti kita bisa menikmati bbm murah, sukhoi 35bm, ks kilo,kang mas leo bisa kita beli tiap hari..pt di, pindad, pal, lapan bisa dpt suntikan dana yg besar untuk riset yg pd ahirnya kita bisa punya ks kilo made in pal, punya sukro made in bandung, punya S300 made in lapan, mas leo made in pindad...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Natuna saaja yg ada minyaknya udah di blok sama Asu dkk,,
      indonesia cuma dapet 40%,,
      skrg yg di incar di mamuju,lahan emaz nd uranium,,krn dimana ada uranium di situ pasti ada emaz,,bhkan Us pura" ngelawat ke mmamuju.ngsih bntuan kshatan etc lah..


      Salam 1jiwa NkRI


      Hapus
  27. migas produk strategis sedikit pihak memiliki akses kesana, sangat mudah "disesuaikan"

    BalasHapus
  28. edan, makin parah aja tertinggal di tingkat asean negara kita

    BalasHapus
  29. nanti milih pemimpin 2014 harus yang berani dan tegas,jangan yang lemot n lemah jadi ginilah negara gampang di putar ma negara lain,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  30. Mungkin ada yg pernah berurusan dg bnptki beginikah perlakuan mereka kpd kami yg dikatakan "pahlawan devisa" pemerasan berjamaah berleluasa disana. Kemana kpk..!?!

    BalasHapus