Rabu, September 25, 2013
5
ARC-(IDB) : Mencermati perkembangan pemberitaan di media masa beberapa hari terakhir terkait kekhawatiran pengadaan peralatan intelijen akan disalahgunakan untuk kepentingan politik pihak tertentu, Kementerian Pertahanan melalui Pusat Komuniasi Publik Kemhan memandang perlu untuk menjelaskan dan menegaskan bahwa pengadaan tersebut adalah bagian dari proses modernisasi Alutsista TNI yang dimaksudkan untuk mengoptimalkan pencapaian tugas pokok dan fungsi TNI sesuai amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2003 tentang Pertahanan Negara dan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.


Pengadaan peralatan intelijen oleh Kemhan berawal dari pengajuan kebutuhan peralatan intelijen oleh Badan Inteligen Strategis (BAIS) TNI. Proses awal pengajuan kebutuhan tersebut sudah dimulai sejak tahun 2009. Dalam pembahasan anggaran tahun 2012, rencana pengadaan peralatan intelijen tersebut telah mendapat persetujuan dari Komisi I DPR untuk dibiayai dengan Kredit Eksport.


Kontrak pengadaan pelaratan intelijen tersebut dilakukan dengan perusahaan Inggris (Gamma TSE Ltd), setelah melalui mekanisme pengadaan barang dan jasa pemerintah sesuai Prepres Nomor 54 Tahun 2010 junto Perpres Nomor 70 Tahun 2012.  Kontrak senilai USD 5,6 juta (€ 4,2 juta) tersebut mencakup materiil peralatan intelijen dan paket pelatihan bagi personel yang mengoperasikannya, baik yang bertugas di dalam negeri maupun kantor-kantor Atase Pertahanan Indonesia di luar negeri.


Peralatan intelijen yang tercakup dalam kotrak tersebut meliputi peralatan komunikasi data yang dilengkapi dengan encryptor dan decryptor, peralatan surveillance yang dilengkapi dengan source code serta peralatan pengamanan komunikasi. Menurut terminologi yang berlaku di lingkungan TNI, peralatan tersebut dikategorikan sebagai materiil khusus intelijen teknik (Matsusintelnik) yang berfungsi untuk mendukung tugas-tugas di bidang intelijen. 

Secara operasional, peralatan tersebut akan digunakan untuk meningkatkan sistem pengamanan instalasi Atase Pertahanan RI di luar negeri, meningkatkan kualitas pengamanan petukaran data/informasi serta mengamankan sistem komunikasi antara Bais TNI dengan kantor-kantor Atase Pertahanan RI di luar negeri.


Pengadaan peralatan intelijen tersebut bertujuan agar proses pertukaran informasi antara Bais TNI dengan kantor-kantor Atase Pertahanan RI yang tersebar di seluruh dunia dapat berlangsung dengan aman dan kedap dari gangguan. Peralatan tersebut sangat diperlukan untuk menjamin bahwa pengiriman data/informasi strategis tidak terganggu atau tersadap oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.


Peralatan intelijen tersebut tidak akan digunakan TNI untuk menyadap rakyat Indonesia. Selain secara teknis peralatan tersebut tidak berfungsi untuk menyadap, jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang dan Tentara Nasional telah terbukti efektif untuk mencegah institusi TNI melakukan tindakan-tindakan inkonstitusional dalam kehidupan bernegara sejak reformasi 1998.


Peralatan intelijen tersebut tidak akan digunakan untuk kepentingan politik praktis. Sesuai penjelasan Panglima TNI dalam beberapa kesempatan, telah ditegaskan bahwa seluruh jajaran TNI menjunjung tinggi komitmen netralitas dan tidak masuk dalam urusan politik praktis menjelang Pemilu 2014. Selain itu, netralitas TNI juga telah teruji dan terbukti memberikan kontribusi positif dalam menopang kehidupan demokrasi sejak pemilu 2004 sampai saat ini. Kedua hal tersebut merupakan jaminan bahwa peralatan intelijen tersebut juga tidak akan disalahgunakan untuk kepentingan politik pihak tertentu.


Demikian siaran pers Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan ini, diharapkan dapat memberikan klarifikasi terhadap berbagai pemberitaan di media masa yang berkaitan dengan pengadaan peralatan intelijen TNI.





Sumber : ARC

5 komentar:

  1. yg takut itu siapa ya? yg pasti kalo orang baik2 ya santai aja

    BalasHapus
  2. Sudah ketara si buya haus kekuasaan rakyat bakal di polototi terrus menerus sebaliknya asimg di sembah , kita bicara kasarnya looo....ini cara penjilat gak tahu malu !!!

    BalasHapus
  3. Sejak kedubes dan presiden kita bisa disadap oleh amerika inggris dan aussie, kita memang wajib mempunyai alat spt itu. Utk kepentingan keamanan dan pertahanan negara, TNI tdk perlu mendengarkan ocehan pihak2 yg belum tentu capable dlm masalah ini apalagi lsm2 yg kurang jelas integirtasnya.

    BalasHapus
  4. ano 14.29, komentnya asal, situ ga ngerasa kecurian ketika mas aussie & paman sam nyadap informasi pemerintah kita, gimana kalo tetangga kita yang katanya sodara serumpun yang nyadap informasi pemerintah & pertahanan nkri, berpikir panjang lah.....

    BalasHapus
  5. Yg jadi pertanyaan adalah kenapa RI beli alat anti sadap dari INGGERIS?? Yg nota bene adalah pelaku penyadapan yg akhir2 ini terjadi di seluruh dunia?? Sungguh aneh,seharus'y RI lebih memilih beli ke RUSSIA ato JERMAN yg merasa berang dgn perilaku penyadapan yg dilakukan AS & INGGERIS,meskipun perusahaan swasta tsb (GAMMA) bkn prusahaan Negara tapi sangat mungkin bahwa otoritas negara'y bertindak jauh utk intervensi(atas nama negara) dlm rekayasa agar tanpa kita sadari bhw alat tsb disadap jg,sprti intervensi AS kpda google dn facebook. Itu semua sangatlah mungkin terjadi tanpa kita sanggup utk berfikir bgmana hal itu akan terjadi.

    BalasHapus