Jumat, September 20, 2013
1
SLEMAN-(IDB) : Di Hanggar Skadron Pendidikan 101 Lanud Adisutjipto, empat pesawat Grob G120TP-A buatan pabrik Grop Aircraft Tussenhausen Mattsies Federasi Jerman, diserah terimakan ke Pemerintah Indonesia Jumat (20/09/2013). 

Selanjutnya Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyerahkan pesawat ini kepada Kabaranahan Kemhan Laksamana Muda TNI Rahmat Lubis dan selanjutnya, diserahkan kepada Aslog Panglima TNI yang diwakili Wa Aslog Panglima TNI kemudian diserahkan kepada Aslog Kasau Marsda TNI Ida Bagus Anom.


Pesawat Grob G120TP-A dipastikan akan menggantikan pesawat-pesawat generasi sebelumnya yaitu Pesawat AS 202 Bravo dan T 34 Charlie yang akan disesuaikan silabus pendidikan mendatang. Pesawat ini memiliki kecepatan maksimum 439 km/jam (237 knot) dan bermesin turbo prop menggunakan mesin Roll Roys tipe 250-B17F dengan lima baling-baling,"


Sesuai rencana untuk tahun 2013 TNI AU/Lanud Adisutjipto kedatangan empat Grob G120TP langsung dari negeri Jerman. Serta pada tahun berikutnya akan berturut-turut menyusul tahun 2014 hingga total 16 pesawat.


Upacara penyerahan diisi dengan sejumlah agenda seremonial. Antara lain, serah terima log book pesawat dan penandatangan berita acara, penyerahan log book pesawat secara simbolis dari Grob Aircraft kepada Ka Baranahan Kemhan, acara pembukaan selubung pesawat dan pembukaan cover lambang Skadron 101 pada pesawat Grob G120 TP-A oleh Menteri Pertahanan RI serta penandatanganan naskah berita acara serah terima Pesawat Grob G120 TP-A oleh Ka Baranahan Kemhan kepada Aslog Panglima TNI dilanjutkan kepada Aslog Kasau. Selain itu acara penyerahan pesawat Grob juga dimeriahkan oleh Tari Sinjang Sinerat, Adis Big Band dan PIA Voice lewat alunan suara merdunya.


Ikut hadir sejumlah pejabat tinggi TNI AU di Hanggar Skadik 101 untuk mengikuti acara serah terima pesawat. Acara juga dihadiri CEO Grob Company, Anggota Komisi 1 DPR Marsdya TNI (Pur) M. Basri Sidehabi, para pejabat Kemhan, Mabes TNI, Mabes TNI AU dan Muspida DIY.






Sumber : TNI AU

1 komentar:

  1. TNI AU Resmi Diperkuat Pesawat Latih Grob G120TP-A Jerman.

    Kata" DIPERKUAT tdk cocok dgn pesawat yg d beli...
    klo d perkuat itu ya SU 35 bung...
    ne admin ngawur aj judulnya....

    BalasHapus