Minggu, September 15, 2013
20
Sejak April 2013, China mulai mengganti Kapal marine surveillance yang berpatroli di sekitar Senkaku/Diaoyu dengan kapal-kapal perang (photo: Zhong Kuirun/Getty Images)
Sejak April 2013, China mulai mengganti Kapal Marine Surveillance yang berpatroli di sekitar Senkaku/Diaoyu dengan kapal Patroli Laut.

LCS-(IDB) : Tujuh Kapal Patroli Laut China bergerak ke perairan Pulau Senkaku?Diaoyu yang tengah disengketan dengan Jepang, sehari sebelum ulang tahun nasionalisasi Tokyo atas gugusan pulau di Laut China Timur. Kedatangan tujuh kapal penjaga pantai ini merupakan yang terbesar sejak ketegangan antara kedua negara pecah.


Penjaga pantai Jepang mengatakan kapal China telah memasuki wilayah perairan Jepang sekitar pukul 10:30 am waktu setempat.


Tidak itu saja, China juga mengirim dua bomber Xian H-6, untuk melintas di perairan sekitar Okinawa dan Miyakojima, Jepang. Kementerian Pertahahan China berdalih dua bomber itu terbang di perairan internasional, namun tidak bertujuan mengusik kedaulatan Jepang.


“Itu hanya bagian dari latihan dan patroli rutin di sepanjang wilayah China di Laut China Timur hingga ke bagian barat Pasifik tanpa melanggar wilayah udara Jepang,” kata juru bicara kementerian di Beijing.


“China memiliki kebebasan untuk melakukan aktivitas apapun, termasuk latihan militer di wilayah perairan dan udara yang menjadi bagian dari kedaulatannya,” pernyataan Biro Infomarsi Kementerian Pertahanan China.

Bomber H6 China terbang mendekati wilayah Jepang di Okinawa dan Miyakojima
Bomber H6 China terbang mendekati wilayah Jepang di Okinawa dan Miyakojima

Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera, memerintahkan fighter mereka untuk scramble pada 8 September 2013, membayangi rute bomber Xian H-6 China yang berada di antara selatan pulau Okinawa dan Miyakojima.


Bomber Xian H-6 dibangun berdasarkan Tupolev Tu-16 Badger, buatan Uni Soviet. Versi terbaru bomber H-6 telah dilengkapi rudal jelajah jarak menengah.


Sehari setelah itu, 9 September 2013, Jepang menyatakan dua frigate China — Type 054A Yi Yang and Changzhou — berada sekitar 100 km di utara Miyakojima yang berlayar dari Pacific menuju Laut China Timur.


Di hari yang sama, UAV China terdeteksi berada di sekitar kepulauan Senkaku. Angkatan Udara Jepang mengirim fighter mereka untuk mencegatnya, sekaligus untuk mengkonfirmasi laporan radar. Kementerian Pertahanan Jepang menyatakan UAV China itu BZK-005 (pesawat intai tanpa awak jarak jauh, medium /high-altitude). Pesawat tanpa awak tersebut dinyatakan tidak melanggar teritori Jepang dan berbalik arah menjauh dari Senkaku.

Frigate China Type 054A Yi Yang  berlayar  dari Pacific menuju Laut China Timur dan berada  sekitar 100 km di utara Miyakojima
Frigate China Type 054A Yi Yang berlayar dari Pacific menuju Laut China Timur dan berada sekitar 100 km di utara Miyakojima

Media Jepang menuduh keberadaan bomber, kapal perang China di sekitar Senkaku, Okinawa dan Miyakojima merupakan cara China untuk memamerkan kekuatannya dan memprovokasi Jepang.


Sebagai reaksi atas kapal perang dan bomber China, Pasukan Jepang meningkatkan kesiapan mereka ketingkat siaga. Pemerintah Jepang mengeluarkan pernyataan bahwa Beijing harus menerima konsekuensi dari beberapa tindakan provokatif mereka.


“Kita sudah dalam kondisi siaga pada perayaan satu tahun nasionalisasi Senkaku,” ujar juru bicara pasukan penjaga pantai Jepang Yuma Miyako.


“Kami akan mencegah kapal patrol China yang masuk di teritori kami dengan menempatkan kapal perang kami sedekat mungkin dengan mereka,” ujar Yumi.


Sengketa Pulau Senkaku dimulai pada 1895 ketika Jepang mengkliamnya, karena saat itu belum ada yang memiliki. Sementara China mulai mempersengketakan pulau tersebut pada 1960 dengan melihat adanya sumber daya besar yang ada di dasar laut Senkaku. China menilai pulau-pulau itu direbut secara ilegal oleh Jepang pada masa Perang Dunia II.


Hubungan Jepang dengan China terus memanas akibat masalah perebutan Pulau Senkaku. Kedua negara dalam kondisi tensi tinggi selama satu tahun terakhir. Konfrontasi sering terjadi antara kapal perang dari kedua belah negara yang merupakan kekuatan ekonomi terbesar di Benua Asia.


Banyak kalangan pengamat meyakini pulau-pulau menyimpan sumber daya alam yang besar di bawah laut ini bisa menjadi titik api yang menyebabkan konflik bersenjata antara raksasa Asia.

China menggelar patroli sejak September 2012, ketika Tokyo menasionalisasi pulau-pulau tersebut. Beijing mengklaim kepulauan Senkaku sebagai miliknya dan menyebutnya Pulau Diaoyu. 




Sumber : JKGR

20 komentar:

  1. RI dulu miliki 26 bomber strategic radius Menengah tipe TU16 BADGER setipe dg-" H6 RRC- pemerinta nya miliki politikelwill tuk maksimalkn TU16-H6 -sukses lwar biasa di th2013 TU16 RRC masi terbang-eksis dg aura deteren yg tinggi..apabila RI tiru kreatipitas RRC dan maksimalkan26 TU 16 pasti jadi TOP di asean dll-sy usul :mulai dari skr RI pikirkan tuk miliki bomber strategic medium dg kapasitas tipe TU22-26 BACKFIRE- BLINDER next generation.

    BalasHapus
  2. HARGA KEDELLAI SAJA MEROKET TINGGI.TAHU TEMPE MAHAAAALL..

    Gimana negeri kita bisa punya bomber?????
    Pemerintahan sekarang beda dengan 60th yg silam.
    Lebih baik kantong penuh di banding mikirin kedelai,,
    pemmikiranya pejabat sekarang gak sekerass waktu pemilihan umum,,

    untuk RI bomber belomm perlu karena uangnya masih di korupsi..jd dananya udah habis..


    Sekian terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di RRC malah bukan hanya kedelai- tempe yg harganya naik om-tapi juga..bomber TU16 bisa naik tinggi..hingga jepang kaget..he he

      Hapus
    2. cuma susu dan pepaya yang menurun

      Hapus
    3. MEMEKNYA PUN JG DA TURUN. LBH MAHAL AYAM PANGGANG

      Hapus
    4. mas Ano .. Pak Apri... Kang ano..
      Hehehehe

      berhubung harga kedelai naik,,
      pemerintah mmenganjurkan kedelai di ganti dengan Telek kambing,karena memiliki tekstur yg sama dan Mengandungi struktur karbohidrat dan kaya mineral tingi.

      cOCOK UNTUK LSM ,,PEJABAT KORUP,serta DPr/d yg suka makan duit rakyat..

      Sekian terima kasih

      Hapus
    5. Ahhh KONTOL Lo semua!!kenalin nama gw Wowok,om gw Kepala Pos Polisi Senen Mau apa Lo Semua?!!!

      Hapus
    6. kedelai naek ga ada hubunganya sama bomber...salah sendiri kedelainya impor mulu, sekali dolar naek jadi harganya naekk..makanya jangan pada pergi ke kota semua, kerjaanya ngamen doang di bis kota, metro mini...pulang kampung sana!! bantuin bapak ibu nanem kedelai yang banyak...ada manfaatnya ketimbang gombrang gambreng..pak bu ya om tante..saya gak punya uang buat beli rokok....
      teriak2 doang gak ada aksi!!

      Hapus
  3. Ano-ano LSM dan ano-ano ABG dilarang komentar di blog alutsista .... pada ga tahu sopan santun! kalian berteriak anti BARAT tapi mulut kalian lebih parah dari orang BARAT !

    BalasHapus
  4. Om admin...ano-ano sampah yang bisanya cuma caci maki negeri sendiri tu di delet aja komennya...gak bermutu...otak - otak kerdil gak pernah sekolah tu.. cuma bacot aja pada dibesarin...bikin emosi aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang tu yg ngebacot qoq situ yg emosi...lol
      kan mereka ndk kataiin lo...lu pun byk cocot jg...wkwkw

      Hapus
    2. Anoo 19:41
      kalau orang ingin maju,harus bisa menerima kritik dan saran dari orang lain,,begitu juga negara.tidak semuanya di urus oleh presiden,mereka memiliki punggawa" yg memberikan solusi,yg di arahkan dlm bidang masing"..

      Atau anda adalah salah satu LsM ,,yg ingin menciutkan bangsa dan negara kita,kommentar dari kami bukan di tunjukan kepada monyet seperti anda..!!
      Tapi kepada wakil rakyat.supaya sadar.!!!

      Tapi kenapa anda marah" dan sewot kepada kami..??
      Anda mmungkin termasuk thempramental,jadi saya sarankan anda ANO 19.41...LEBIH BAIK ANDA KE PSYIKOTES UNTUK UJI LAB,DENGAN OTAK ANDA G SUDAH HABIS SETRU ATAU SCREW DALAM KEPALA ANDA ADA YG LEPAS


      SEKIAN TERIMA KASIH

      SALAM 1JIWA NKRI

      Hapus
  5. kami tidak caci tanah kelahiranku yg kami caci maki babu barat yata 2 gak punya otak !!!! ....dari alusista sampai pegadaan kedelei hanya bikin asing ketawa. dansa 2 indo di pinpin jogos bisa nya memperkaya diri . mana hasilnya selama 1o tahun berkuasa ?.... hutang segudang negara mu yaris ambruk di colongi di jarah dari tambang sampai migas .

    BalasHapus
  6. pakek bahasa2 yang santunlah coy..kan dibloger ini banyak orang yang baca..peace..

    BalasHapus
  7. buruan serang kalo berani..jangan pake pake lama..cemen ah!!

    BalasHapus
  8. ditinggal Mbah Boleroes malah makin katrok ya komenya..!

    BalasHapus
  9. sabar mas bro sabar
    boleh ngomong ceplas cplos tapi jangan adu jotos
    kita semua saudara dari sabang sampai marauke
    BHINEKA TUNGGAL IKA

    BalasHapus
  10. astagfirullah....sadarlah temen....jangan sampai dihasut oleh setan, jagalah perbuatan dan hati, tidak baik bekata kotor, nanti dimarah tuhan...masya allah....kotor sekali dunia ini

    BalasHapus
  11. ano2 banyak komen yg tidak sinkron dg judul artikel-bahasan diatas.bahasanya kotor dimana2..kayak orang yg tak akan ketemu sakaratull maut aja...

    BalasHapus
  12. jagalah hati, jangan kau nodai, jagalah hati lentera hidup ini....

    BalasHapus