Selasa, Agustus 20, 2013
60
Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq mengatakan, tawaran 10 unit kapal selam dari Pemerintah Rusia kepada Pemerintah Indonesia, merupakan hal menarik. Karenanya,  tawaran itu perlu dikaji lebih lanjut.

JAKARTA-(IDB) : Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq mengatakan, tawaran 10 unit kapal selam dari Pemerintah Rusia kepada Pemerintah Indonesia, merupakan hal menarik. Karenanya, tawaran itu perlu dikaji lebih lanjut.

"Saya kira, tawaran dari Rusia, 10 kapal selam itu menarik untuk dikaji lebih mendalam dan ditindaklanjutinya," ujar Mahfudz Siddiq di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/8).


Namun, menurut Mahfudz, jika nantinya disetujui, pengadaan kapal selam dari Rusia itu baru bisa direalisasikan pada pengadaan tahap kedua atau setelah 2014 mendatang. "Sebab, saat ini sudah ada keputusan untuk pengadaan tiga kapal selam dari Korea Selatan," ujarnya.


Tambah Mahfudz, dalam proses perjalanannya saat ini pengadaan tiga kapal selam dari Korsel berjalan lambat. Ini setelah pihak Jerman, pemilik teknologi kapal selam yang diproduksi Korsel yang akan dijual ke RI, mempermasalahkannya. "Karena, Jerman mengaku menjual hak paten teknologi kapal selam yang dimaksud hanya ke Turki," katanya.

Mahfudz menambahkan, Komisi I akan mendukung pengadaan kapal selam dari Rusia itu. Sebab, sesungguhnya sebelumnya sudah pernah dilakukan penjajakan pembelian kapal selam dari Rusia. Namun karena saat itu yang ditawarkan pihak Rusia adalah kapal selam dengan spesifikasi yang besar, sementara kebutuhan kapal selam RI saat ini untuk kelas dan ukuran yang sedang.

"Secara prinsip, Komisi I pasti akan dukung upaya penjajakan kerja sama dalam pengadaan kapal selam dari Rusia tersebut, sejauh syaratnya juga dipenuhi oleh Rusia yaitu ada proses transfer teknologi pada Indonesia. Sebagian pengerjaannya juga harus dilakukan di dalam negeri Indonesia," jelas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Menurut Mahfudz, tawaran Rusia sangat potensial ditindaklanjuti secara serius. "Karena dalam pengadaan tiga kapal selam dari Korsel saat ini, realitanya berjalan lambat. Sementara kebutuhan akan kapal selam bagi Indonesia saat ini sangatlah besar. Sehingga sejauh spesifikasinya sesuai kebutuhan RI, harganya terjangkau, dan mau melakukan alih teknologi, DPR pasti akan mendukungnya," tegasnya.

Sabtu (17/8), Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan, Pemerintah RI mendapat tawaran untuk dapat membeli sekitar 10 unit kapal selam dari Rusia. Jumlah ini di luar rencana pembelian tiga unit kapal selam dari Korea Selatan yang akan datang pada 2014.




Sumber : Jurnamen

60 komentar:

  1. Hati-hati,paling2 biaya upgradenya mahal,malah entar kebakar kayak punya india....hmm..kalau barang bekas aja ngiler capek deehh..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati hati setuju,tapi memang harus diambil karena kita sangat2 membutuhkan kapal selam tsb mengingat luasnya samudra NKRI yg blm tercover...jayalah NKRI JAYALAH TNI KU

      Hapus
    2. ane yakin gan klo bekas rusia masih terjamin... d bandingkan negara negara lain... :>)

      Hapus
    3. Iya bro klo Rusia ane percaya gak bakalan ada embargo2an ambil z

      Hapus
    4. KS India kebakar itu salah mereka sendiri. Human error. Biar kapal bekas ato baru gress kalo awaknya ceroboh ya celaka juga.

      Hapus
    5. ada yang bilang amerika rajanya di permukaan lau namun rusia berjaya di dalam laut, salah satu yg ditakuti amerika dr rusia ya kapal selamnya...
      ga ada salahnya kit ambil , kalo masih bagus gress dan memenuhi syarat" dr TNI kepa ga??? hajar bleh...!!!

      Hapus
  2. Bungkus aja gan

    BalasHapus
  3. Untuk mengisi kekosongan ks bagi tni al tawaran ini sangat menjanjikan,..ambil jng banyak pertimbangan,lihat singapur yg hanya punya laut sangat terbatas tapi punya beberapa kapal selam gahar..

    BalasHapus
  4. udah bungkus jangan kelamaan tar di ambil tetangga sebelah nyengir lagi..
    siapa cepat dia dapat.... ayo pak menhan cepat bungkuss.....

    BalasHapus
  5. Tuk apa diambil? Yg diuntungkan palingan cuman hj.sukri tukang loakan mending beli teksi buat tni di lubnan, kasian tni di lubnan naik taksi tapi tdk sanggup bayar mending segera akuisisi taksi 1000 unit >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. malon tuh scorpen luh harunya yang di loakan hahaha..masa beli kapal selam mahal tapi tuh kapal tak bisa menyelam..haha..w bingung tuh apa kapal selamnya rusak apa tldmya rusak...

      Hapus
    2. malon satu ni dah rusak otaknya gan hehehe...

      Hapus
    3. Ngawur ini orang....Loe z beli delman kavaleri naek kuda

      Hapus
    4. malon urus mahatir saja ..kakek tua pelanggar ham ..thd sabah..

      Hapus
    5. ada yang bilang amerika rajanya di permukaan laut namun rusia berjaya di dalam laut, salah satu yg ditakuti amerika dr rusia ya kapal selamnya...
      ga ada salahnya kita ambil , kalo masih bagus gress dan memenuhi syarat" dr TNI kenapa ga??? hajar bleh...!!!

      Hapus
  6. tuh liat di fotonya 3 biji aja sanger liatnya apa lagi yang di jejerin 10 biji wuiiihhh pasti bikin merinding kawasan.....apa lagi nanti di jejerin di tengah perairan ambalat di jamin pasti tetangga yang pongah itu..gk berani lagi nampakin batang idungnya.....dan di jamin mereka ngumpet...karena ngeriii.....

    BalasHapus
  7. wuiih..bungkusan nya kudu gede kali gan..tapi kalo dah bocor duluan tuh bungkusan manteep kali gan.. he..3x

    BalasHapus
  8. Tot harga mati....kalau barang nya ok harga nya logis dibungkuih kata orang minang...apa sih yang ngak dikasih oleh rusia ke indonesia...masih ingat kapal perusak irian yang bikin belanda terkencing2 lari...itu baru lihat muka nya saja belum merasakan hantaman meriam nya...ondeh mande jangan ragu2 bungkuih siapo cepek dapek nan lambek katinggalan

    BalasHapus
  9. Katanya anggaran untuk militer di RI untuk tahun ini terbesar, kok masih pikir 3x? klo mikir 2x gk msalah so'alnya bekas, meskipun bekas, saya tetap setuju kalo pembelian itu terealisasi karena meskipun barang bekas, kalo di upragade itu jadi bagus lagi, apalagi dari russia. D1J4M1N حلال

    BalasHapus
  10. yang mau dihibahkan 10 KS bersepesifikasi besar,,,waw..waw kelas apakah itu 8-)

    BalasHapus
  11. To Ano 15 .35 satuju.Kita harus '' cadiak ''pintar saja tak cukup dalam hidup ini.Bungkuih 5 kalo kabanyakan kita tak sanggup untuk maintenance dan repairnya.minal aizin wal faizin sanak.












    BalasHapus
  12. Di ambil aj... Kbutuhan TNI AL utk bwah laut sdh mngkhawatirkan,cuma dijaga 2 ks jadul. lihat tu singp,malay,vitnm da pade mnyiapkn armada bwh lautnye.

    BalasHapus
  13. Juga to ano14.54 yg rada2 udeh cepet an gih makan obat...koar2 Mulu- malon gak kebeli obat-reyot amat-he he kasihan banget si awak nie-makin stress dikepung 5 U209-dan10kilo class

    BalasHapus
  14. Komisi I akan mendukung pengadaan kapal selam dari Rusia itu. Sebab, sesungguhnya sebelumnya sudah pernah dilakukan penjajakan pembelian kapal selam dari Rusia. Namun karena saat itu yang ditawarkan pihak Rusia adalah kapal selam dengan spesifikasi yang besar, sementara kebutuhan kapal selam RI saat ini untuk kelas dan ukuran yang sedang.

    Brarti sesuai kebutuhan laut kita dong.ayo Bapak2 Dewan merapat dan satukan kata..
    Demi NKRI TERCINTA,..

    BalasHapus
  15. Rusia teman sejati...Dulu, saat trikora, Rusia sediakan 12 KS whiskey utk Bung Karno.. Sekarang, masalah ambalat, Rusia kembali menyediakan 12 KS terbaik utk RI (2 KS + 10 tambahan)...

    BalasHapus
  16. gw jd inget jaman bung karno yg menjadikan negara ini macan asia.
    rusia gak pernah asal kasih buat indonesia... contoh kri irian jaya dan pesawat2 pembom jarak jauh dan pesawat tempurnya yg cangih2. saat itu yg punya cuma berapa negara aja china aja blum punya dulu.

    BalasHapus
  17. wait & see, dech...!

    BalasHapus
  18. ambil aja ntu KS,liat dong,btp luasnya NKRI ini...
    walaupun bekas,tp klo dr Rusia,pasti lah....
    gk lumayan lagi lho,10 biji....!!

    BalasHapus
  19. woles aja bror 8-)

    BalasHapus
  20. Coba tanya ki joko bodo. Menurut penerawangan beliau indo pasti ambil ƍäª kesempatan amat langka ini.moga hasilnya 100% di bungkus, di taro di teluk palu

    BalasHapus
  21. Ambil z kebutuhan mendesak untuk saat ini, tapi tetep kita harus melek teknologi belajar untuk membuat sendiri yg lebih canggih...

    BalasHapus
  22. Laut kita amat luas angkatan laut kita harus lebih gahar seharusnya

    BalasHapus
  23. sekarang kapal selam yg ditawarin mudah2n ke depan S400 dan SU35 Rusia tawarkan kepada kita.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. moga aja bro

      Hapus
    2. mas bro s300 n s400 uda prnah dtawarkan ke indonesia tp gk diakusisi apa pembelianya secara silen aja
      sampai su-35BM suda ditawarkan untuk indonesia... rusia emang patner terbaik

      Hapus
  24. Ini baru anggota Dpr yg bijak mengerti apa yg sangat diperlukan tni al.salut banget apabila jadi kebeli tu ks.saya sbg rakyat mendukung pak.tpi ks itu hrs bermanfaat dan tidak merugikan dikemudian hri

    BalasHapus
  25. 100 PERSEN RAKYAT NKRI SETUJU PAK MENHAN
    TUNGGU APA LAGI LANGSUNG BELI AJA PAK
    BIAR KUAT DAN AMAN NKRI

    BalasHapus
  26. http://militaryrussia.ru/blog/topic-211.html,nih link tentang kilo

    BalasHapus
  27. nih kalo mau diskusi militer sama yang jago jago analisa http://jakartagreater.com/

    BalasHapus
  28. Kalo denger barang bekas milik rusia wuahhh....hebattt...langsung bungkus,pas kena F16 bekas us,herkules bekas aussie wowww.... Anchorrr semua komennya,pa lagi yg anti barang second,pada kebalik semua deh?! gue sih setuju aja selama bermanfaat buat negara dan tni. Cek dan teliti sebelum membeli,teliti juga saat singapur beli 4 kasel bekas kelas sjoormen,apa biaya modernonisasinya sama beli barunya sesuai apa tidak???

    BalasHapus
  29. Tambahan lagi,kilo yg ditawarkan rusia umurnya ga beda jauh ama si cakra/nanggala alias kilo lawas dan bukan improve kilo,kalo dimodernisasi bisa kepake berapa taun lagi? Bisa jadi sama aja sama U209 tni hasil modernisasi.

    BalasHapus
  30. Analisa, Hitung dan Bungkus Komandan......!!!

    BalasHapus
  31. Tawaran rusia patut di tindak lanjuti , megigat megigat sub marine buatan beruang merah puya reputasi hebat , ancaman embargo tidak ada , kedepan kapal selam lada class di desain fungsinya doblle ganda patroli plus pemburu , tapi menurut perkiraanku bakal sulit terliasasi pegadaan ks rusia
    Antek antek barat bebas berkeliaran di bumi pertiwi dan mereka tidak happy tni kuat luar dalam , kalau hanya buat pencitraan alias palsu yataa .

    BalasHapus
  32. Bungkus 10 tusuk! Torpedo dipisah. NGGAK PAKE LAMA BANG!!

    BalasHapus
  33. KATA KATA MUTIARA DARI JENDERAL SUDIRMAN KITA "Ibukota negara boleh jatuh, presiden boleh ditawan, tapi TNI tidak pernah menyerah. Benteng terakhir republik ada dalam hati para prajurit."

    BalasHapus
  34. indon..siap-siap ndon krisis moneter tahab 2..., rupiah jeblok ndon..., dasar bangsa babu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata2x anda mencerminkan orang primitif dan tdk berpendidikan,,,, padahal mengaku bangsa moderat,,, dan saya pikir sepertinya anda bukan manusia,,,,karena manusia diciptakan memiliki otak krna segala sesuatu dipikir dahulu termasuk sopan santun dalam berbicara,,,, jd buat yg lain tdk usah menghujat, ,,, anggap aja binatang ataupun dajal,,,,

      Hapus
    2. satu lagi malon stress tahap gaban wkwkwk....:-d

      Hapus
    3. YANG KRISIS MONETER ITU MAH...MALAYSIA. HA..HA...

      Hapus
  35. Anonim21 Agustus 2013 13.55
    mudah mudahan kau sama alloh di laknat dunia dan akherat, amin ya robalalamiin.

    BalasHapus
  36. babi-babi indon lagi berasap, dasar bangsa babu asia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. babi itu yang paling di takuti anda kan ?????

      Hapus
    2. Anonim21 Agustus 2013 18.26
      kamu orang gila habis obat seperti ini seperti orang kesurupan "SETAN", kaya "anjing", monyet, bagong, semua kotoran ada di kamu makan tuh BAJINGAN

      Hapus
  37. Udah jangan di layani mah orang yg g berpendidikan, namanya juga babu neng eli, urus negara lw dulu malon, merdakain dulu, 999 tahun lagi loh klo g diurus, kehkehkeh...

    BalasHapus
  38. malas-ia bangsa doyan sodomi. Beli KS buat sodok2x pantat orang malas-ya sampe lecet berdarah-darah.

    BalasHapus
  39. Kalau ks tsb masih mumpuni segeralah ambil.. sudah gregetan nich pengen liat perairan kita dijagain sama ks dari rusia apalagi langsung dipasang yakhont

    BalasHapus
  40. banyakntawaran mlah bikin pusing.bisa jdi gak ada yg di beli

    BalasHapus
  41. kapal2 selam yg kelak dibeli indonesia perawatannya serahkan pada pt.pal.yg sedang giat bikin kapal selam terbaru.pasti lancar dan hemat

    BalasHapus