Selasa, April 16, 2013
40

Anggaran militer China sudah melebihi US$100 miliar

BEIJING-(IDB) : China dikenal jarang mengungkapkan kekuatan militernya, yang diduga berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan ekonominya yang dinamis. Namun, pemerintah komunis itu mengumumkan sebagian kekuatan militernya terkini.

Menurut kantor berita Reuters, publikasi kekuatan militer China itu disampaikan juru bicara Kementerian Pertahanan, Kolonel Yang Yujun, dalam jumpa pers di Beijing hari ini. Dia memperlihatkan sebuah dokumen, yang merupakan Buku Putih Pertahanan China yang berjudul "Pengarahan Beragam Angkatan Bersenjata Tiongkok." 

Dalam Buku Putih itu, yang juga dilansir oleh stasiun berita BBC, Angkatan Darat China kini diperkuat 850.000 personel, Angkatan Laut 235.000 personel, dan Angkatan Udara 398.000 personel.

Kekuatan darat militer China terbagi dalam 18 korps. Mereka ditempatkan di tujuh wilayah komando, yaitu Beijing, Nanjing, Chengdu, Guangzhou, Shenyang, Lanzhou, dan Jinan. Angkatan Udara China pun ditempatkan di tujuh wilayah komando yang sama dengan pasukan darat.

Untuk kekuatan maritim, Angkatan Laut China memiliki tiga armada. Mereka berpangkalan di Beihai, Donghai, dan Nanhai. Buku Putih Pertahanan itu juga mengungkapkan peran kekuatan artileri China, yang dipersenjatai dengan nuklir dan rudal konvensional.

Anggaran belanja militer China pun meningkat. Pada 2012, anggarannya naik 11,2% hingga melebihi US$100 miliar, ungkap Buku Putih itu.

Bagi China, kekuatan militer itu mendukung "penangkalan strategis," dan "punya tujuan utama menangkal negara-negara lain menggunakan senjata nuklir atas China dan menjalankan serangan balasan baik dengan nuklir maupun dengan rudal konvensional," demikian kutipan Buku Putih itu.






Sumber : Vivanews

40 komentar:

  1. kapan ya TNI dapat anggaran besar buat beli alutsista to buat riset alutsista..biar jadi negara adidaya n diperhitungkan dikancah internasional..tp KAPAN........

    BalasHapus
  2. Unjuk gigi untuk sengketa laut dan kepulaun baik dg philipina,vietnam,jepang dan brunai...kira2 bisa ngalahin amrik ga ya klo 1vs1

    BalasHapus
  3. Indonesia bisa seperti itu ketika 90% wajib pajak bayar pajak!, ketika 80% korupsi bisa di hapus, 50% tambang di kuasai!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sontoi emang dirimu dah bayar pajek.lo tahu berpa besaran pajekkk

      Hapus
  4. Jangan harap kita bisa seperti China klu mental kita tidak disiplin, korup dan malas. Lihat sekeliling kita dan compare dengan bangsa China, Korea dan Jepang! Marilah mengoreksi diri kita sendiri berlanjut ke orang lain bermulai dengan kesehari harian kita seperti berlalu lintas, buang sampah dan rajin rajinlah membaca!

    BalasHapus
  5. kita mulai yuk..indonesia jadi bangsa besar dari diri kita sendiri..tunjukan kita punya peradapan yang lebih unggul dari mereka..

    BalasHapus
  6. Aku dr kecil dah mulai disiplin

    BalasHapus
  7. p de ada kbr KS skrg da ada 5 (slain yg lg dibuat di kosel itu jg kl jd kl ga bs ky program kfx-ifx nyaho dah) yg 1 lg ada di sorong yg laen lg nyebar lg pd jagain laut. Bnr ga da ada 5 infonya mana ni

    BalasHapus
  8. Dalam perang ekonomi, Amrik sudah jelas keok melawan China, terbukti dari besarnya utang dagang ke China.
    Dalam perang senjata, Amrik pasti berhitung berapa besar biaya yg harus dikeluarin. Agar tidak di tanggung sendiri biaya perangnya maka seperti biasa Amrik memakai pola keroyokan dg melibatkan Korsel, Jepun, Taiwan, Philipine, Vietnam, India.
    Bagaimana memulai perang ya dihembuskan isu bahwa Korut akan melon tarkan rudal nuklir, tapi Amrik tetap tidak berani memulai offensif betulan, karena China tidak dapat di gertak, duit banyak, teknologi punya, senjata punya, jumlah tentaranya terbanyak di dunia,dan militansinya sudah nggak dapat diragukan lagi, apalagi di belakang China ada Beruang Merah yg juga lagi bangkit alhasil hanya negara-negara sekutu Amrik yg harus menanggung akibat dari perbuatan Amrik. Bagaimana dg Indonesia menyikapi kondisi tersebut? Mengapa hal ini dimunculkan? Karena wilayah udara dan laut Indonesia juga berperan sangat strategis, sebagai alur pelayaran barang-barang produk China dan juga sebagai urat nadi pe layaran bahan baku industri China, disisi lain, sekutu Amrik ingin menguasai lintas tersebut untuk membantu Amrik seperti Australia,dan S'pore, Vietnam.
    Ternyata Indonesia tidak memanfaatkan kondisi tersebut secara cerdik, karena terlilit dengan masalah dalam negeri yg dilanda korupsi dan politik yg mengakibatkan energi pemerintah habis sudah tanpa berusaha menguatkan diri di aspek diplomasi politik dan pertahanan.
    Akhirnya yg mencuat di publik ya mismanagement dari mulai pangan, kita sudah di gerogoti ketahanan pangan dg maslah daging, bawang putih, bawang merah, beras, gula dan bbm.
    Di lain sektor maslah pendidikan sudah gagal dg mundurnya jadwal UN, blm lagi maslah politik dari kekisruhan parpol yg nyatanya memakan waktu dan energi pimpinan negara.
    Untuk itu, mimpi dululah kalau kepengin seperti China yg modern sekarang ini, nanti kapan kapan saja Indonesia dpt gagah dan berwibawa.

    BalasHapus
  9. Kita punya KS tidak hanya lima tapi ada delapan unit.
    Yang dua 401 Cakra, 402 Nanggala, yang dua sedang dibuat di negara ginseng yang satu lagi nanti dibuat di PT PAL itu juga kalau mulus, karena harus bersiap di protes HDW Jerman yg ngasih lisensi ke Korsel.
    Lanjut, yang dua lagi proses ngenggantung karena blm berani memutuskan secara politis untuk mengambil KS Kilo dari negeri Beruang Merah, mungkin takut sama Amrik, dan satu lagi eks kelas Whiskey RI Pasopati di Monumen Kapal Selam Surabaya.
    Jadi coba di hitung kembali kita punya KS berapa?
    Tak bantu menghitung ya, jadi kita sekarang ini cuma punya "Dua" KS.
    Kalau nggak percaya boleh tanyakan ke Armada Timur.

    BalasHapus
  10. paling paling kalau anggaran militer naek, LSM LSM antek asing koar koar, dasar penghianat bangsa

    BalasHapus
  11. WOW... komentarnya bagus-bagus semua ya hehehe.....

    BalasHapus
  12. cina itu PDB nya berapa???
    kita aja baru 1,125 T dolar dan yg masuk ke pemerintah itu cuma 2000-2500T
    buat APBN aja 1800T lebih

    mau kayak cina?
    make bensin aja subsidi
    listrik subsidi
    listrik ama bbm aja dah makan 300T lebih buat dibagi2 ke rakyat dlm bntuk energi

    BalasHapus
  13. MENURUT "GARUDA MILITER", KS KITA UDAH 5 BUAH :

    CUPLIKAN BERITA:

    Komandan kapal selam Letkol Purwanto melalui wakil komandan Mayor Muhammad Dimas yang ditemui wartawan MENGATAKAN, Kapal Selam 402 yang berangkat dari Surabaya kurang lebih satu setengah bulan lalu tersebut, mengangkut 66 anggota yang dilengkapi dengan peralatan khusus. Kapal selam sendiri, menurutnya sempat singgah di Sorong pada tahun 2002 lalu. "Untuk selanjutnya kita masih menunggu perintah, bisa saja saat dalam perjalanan ditengah laut mendapat perintah gerak kemana ya kita laksanakan," paparnya.

    Dikatakannya, saat ini ada lima kapal selam milik Indonesia yang sedang beroperasi dengan kondisi yang baik. Kapal selam sendiri sandar di pelabuhan Sorong, tepatnya di pelabuhan sebelah kanan disamping kapal pengangkut container.

    ------------------------
    INI CUILAN BRITA DARI "GARUDA MILITER"

    BalasHapus
  14. Sebagai konsekwensi negara yg menganut sistim demokrasi keberadaan LSM sah-sah saja. Banyak LSM yg berjuang untuk kesejahteraan masyarakat dengan memperkenalkan teknologi tepat guna di daerah pedesaan yg jauh dari majunya teknologi di perkotaan.
    Banyak juga LSM yg secara konkrit mengentaskan problem sosial masyarakat yg selama ini tidak tersentuh oleh tangan pemerintah karena sibuk mengatur strategi karena saking banyaknya SDM yg pinter tapi kebanyakan keblinger karena kebanyakan minterin yang bodo.
    Nah, jadi LSM yg begini jarang di munculkan ke publik karena tidak mempunyai nilai komersiil dari aspek pemberitaan lain halnya kalau LSM yg berbicara mengenai kebijakan dan politik pemerintah, wah ini "good news" buat dijadikan topic berita untuk menaikkan rating siaran.
    Sakin seringnya masyarakat menyimak siaran berita perihal LSM tsb, memang dasar kitorang senang bakudapa maka yg terbentu di mindset masyarakat adalah LSM itu "anjing" alias Asu.
    Opini dan mindset masyarakat terbentu karena di jejalinya mereka dg info yang sebenarnya tidak membangun karena semuanya sudah bersifat traksasional dalam segala hal, alias wani piro, ini akibat proses demokratisasi yang sangat liberal.
    Jadi kapan kita punya jati diri seperti yg sekarang ditemui di China maupun Jepang dan Korea, dimana aspek budaya masih sangat tinggi nilainya walau dijejali dg modernisasi teknologi yg sangat deras mengalir.
    Tetap saja budaya mereka tidak berubah, disini anak-anak balita saja sudah dicekoki budaya orang lain apakah itu bahasa, atau berpakain dan tingkah laku serta budaya yang meninggikan / men"dewa"-kan kebendaan atau Hedonisme.
    Jadi kehancuran suatu bangsa di dahului dengan penghacuran budaya bangsa itu sendiri terlebih dahulu.
    Gimana?

    BalasHapus
  15. Ada pemeo : " Orang pintar tempat bertanya, orang kaya tempat meminta" bener gitu yah?
    Dengan makin banyaknya orang pinter di negara kita dan begitu banyak orang kaya di negeri kita, mestinya kesemrawutan masalah bangsa dan negara kita gampang dicarikan solusinya, apakah itu kemiskinan, kebodohan, mahalnya sembako, dan masalah politik, pertahanan, dan pengaturan pemerintahan pasti teratasi dengan baik, karena faktor SDM yg pinter banyak. Tapi yg terjadi kok malah sebaliknya ya?
    Dulu jaman normal, ( karena harga telor selama sepuluh tahun nggak pernah berubah ) orang pinternya sedikit, negaranya kacau balau karena di landa pemberontakan sana sini, sekolah-sekolah tingginya juga dpt di hitung dengan jari, devisa negaranya mungkin sudah sangat S.O.S tapi saya sekolah nggak mbayar, dicukupi alat tulis menulisnya dari mulai kertas, tinta, sampai staalpenya, grip, karet penghapus, pensil serta buku bacaan semuanya gratis masih di tambah tiap tiga bulan sekali ada pemeriksaan kesehatan kalau musim pancaroba di beri suntikan TCD, atau BCG, atau obat tetes mata ( ada yg coklat ada juga yg putih) sambil ditakut-takuti jgn sampai kena sakit trachoom, kalau korengan diberi salep podem porem, kalau luka lecet ya cukup diberi yodium tinctir yang rasanya mak "nyos" tenan saking perihnya, dan semua-semua GRATIS.
    Bagaimana dg kondisi sekarang? Masihkah berlaku pemeo seperti diatas? Jangan-jangan malah di blusukan ke tempat yg lebih parah, karena mereka kan pinter-pinter tapi keblinger dan nggak pener!!!
    Damm.

    BalasHapus
  16. Apa? Pancasila sakti, PKS aja nggak ngakui Pancasila sebagai azaz dasar organisasinya.

    BalasHapus
  17. berarti bukan orang indonesia itu partai, btw pakai kata2 bhineka tunggal ika juga gak?
    Maklum bukan orang partai jadi gak tau deh dasar2 organisasinya..
    Itukan anggota eyang dubur ups keceplosan maaf saya kasih bumbu rasis biar lebih sedeeeuup masakannya :D

    BalasHapus
  18. Pengurus Partai Keadilan Sejahtera seh, tulen orang asli Indonesia tapi garis politiknya tidak memakai asas Pancasila, karena menurut mereka Pancasila itu buatan manusia jadi nggak sempurna yang sempurna ya berasaskan Islam yg punya landasan Al Qur'an dan Hadist, sedang Idjma dan Qias para ulama Indonesia yg ikut membidani berdirinya Republik Indonesia yg kita cintai ini serta mendukung Pancasila sebagai dasar falsafah Negara dan Bangsa Indonesia tidak berkenan di hati sanubari para pendiri dan pecinta Partai Keadilan Sejahtera.
    Menurut mereka yang selama ini sya ikuti arahannya dari para kader PKS Pancasila thougut alias kafir.
    Biyuh,biyuh , kok eram tenan aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan keluar dari topik pembahasan yg ujung2nya SARA...lebih baik mari kita tingkatkan rasa nasionalisme yg tlh diajarkan para pejuang2 dulu semisal,pangeran diponegoro,imam bonjol,teuku umar dll..

      Hapus
  19. namanya juga PKS= Partai Kotor Sekali...
    ya itu otak kadernya pada kotor semua

    BalasHapus
  20. di dalam pengertian Pancasila sakti itu sendiri, lebih di titik beratkan pada KETEPATAN Pancasila bagi bangsa Indonesia dalam hidup bermasyarakat,
    berbangsa dan
    bernegara. PKS Tanya kenapa ?
    Karena pada dasarnya
    tanpa kita sadari Pancasila memiliki kekuatan untuk dapat
    menyatukan keragaman masyarakat Indonesia
    yang notabennya memiliki berbagai
    macam perbedaan mulai dari perbedaan suku, agama, ras dan lain sebagainya.
    kesemuanya itu dapat disatukan oleh Pancasila di dalam wadahnya yang lebih di spesifikasikan lagi ke dalam suatu nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku. Selain itu Pancasila juga menjadi suatu dasar ideologi dari negara indonesia ini.
    Dengan demikian Pancasila juga dapat
    diartikan sebagai akar
    dari segala sumber kekuatan bangsa Indonesia.

    Dengan demikian “tepat” memiliki makna :
    ... memiliki kekuatan yang sah
    ... sebagai perekat bangsa
    ... mampu menjangkau masa
    depan.
    Sehingga bila kita
    mengatakan bahwa
    Pancasila itu adalah tepat bagi bangsa Indonesia, maka harus memenuhi ketentuan tersebut di atas yakni memiliki kekuatan yang sah, benar dan adil, dapat diterapkan, mampu menyelesaikan tujuan
    bangsa, dan dapat dipergunakan sebagai
    pegangan dalam menjangkau masa depan. Marilah kita mencoba untuk membuktikannya.

    BalasHapus
  21. Mau tidur lagi sob2 ano...mau nerusin ngimpi lagi nyetir kapal selam kilo punya tni al...bravo...

    BalasHapus
  22. makanya BBM subsidi cabut aja, kalo dicabut terus diganti ke anggaran militer, anggaran militer indonesia bisa sama kek US wkwkwkwk

    BalasHapus
  23. pks = partai komunis sejahtera

    i love u full pacasila...

    BalasHapus
  24. Woii...bawang putih,bawang merah....naik......bentar lg ada banyak macam yg bakalan naik.....tensi darah bakalan naik lht gaji tdk naik naik

    BalasHapus
  25. Bicara supsidi semua negara barat di supsidi ,makanya mereka bangkrut eropa ,america mulai dari kartu acces buat orang miskin ,pertanian ,hanya bensin di lepas ke pasar ,hukum kuat tidak ada penimbunan bbm yg di lindungi aparat ,indonesia bisa gejar ketertingalan nya asal kita punya peminpin tidak pernah berhutang budi aliass dana kampanya ,gak krupsi ,semua hasil krupsi datanya ada di negara barat .gak nurut habiss di bukak gejarah dengan fantastic.
    Semua belli alutsista class 2 yg di belli alias tidak bikin cilaka negara barat ada apa 2 tinggal gebuk analis indenpendent .

    BalasHapus
  26. cara paling gampang ya cabut subsidi 300t ,masukan ke anggaran pertahanan... ngak papa kita beli bensin Rp9000-Rp12000-, yang penting kekuatan militer kita hebat sudah ada rasa kebanggaan tersendiri...

    BalasHapus
  27. \\"ANDAI SAJA TAK KENAL SUBSIDI"//negara yang ekonomi rakyatnya tergantung dengan subsidi adalah negara yang rawan dan lemah ,coba bayangkan kalo suatu saat terjadi krisis di negeri ini andai saja pemerintah kita tidak sanggup lagi membeli minyak untuk rakyat nya bisa-bisa menjadi hancur ini republik ,ya mumpung belum terlambat mumpung ekonomi lagi bagus2 nya cabut segera subsidi ,akan tapi pemerintah juga harus memberikan jaminan sosial kepada rakyat golongan miskin sehingga tidak boleh ada lagi satu orangpun yang kelaparan di republik ini,,, rakyat indo harus mampu hidup tanpa subsidi seperti rakyat singapore dan malaysia,mau sampai kapan rakyat republik ini terus-terusan merengek mengemis subsidi kepada pemerintah nya.. kalo kondisinya seperti ini terus menerus dipastikan sampai mampus!!pun negara ini tidak akan pernah menjadi negara maju, yah memang berat pada awal nya,yah kita akan pusing tejuh keliling pada mulanya, tapi kita yakin kalau saja negri ini telah berhasil beradaptasi mungkin 4-7 tahun melewati fase berat tersebut indonesia akan memasuki era baru yaitu jaman keemasan!! bahkan boleh jadi negara ini akan menjadi salah satu negara adi kuasa di dunia berkaca dari potensi yang dimiliki negara ini lebih besar dari negara lain nya,jangan mau kalah dengan rakyat timor leste yang sanggaup hidup tanpa subsidi kalau saja tingkat pendidikan di sana sebagus di jakarta bisa jadi timor leste sudah menjadi negara yang makmur,,memang subsidi terlihat seperti meringankan beban rakyat tapi sesungguhnya subsidi itu bukannya membantu rakyatnya justru subsidi akan memanjakan rakyatnya dan melemahkan potensinya untuk menjadi negara maju,memang tidak seperti semudah membalikkan telapak tangan itu semua butuh kerja keras,perjuangan,pengorbanan bahkan penderitaan.. lihatlah contoh semangat dari kakek-nenek kita yang berkorban segala galanya demi yang namanya kemerdekaan indonesia itu, ,sekarang sudah menjadi tugas kita untuk mewujudkan cita-cita mereka menjadikan negara ini menjadi negara maju ,lalu apakah kita bisa ?? yak indonesia pasti bisa, dimulai dari masalah subsidi terlebih dahulu lihatlah juga perubahan besar yang di alami india setelah pemerintahannya berhasil mencabut subsidinya dan sekarang india telah menjadi negara yang berpengaruh di dunia,asal kan saja kita mau sebenarnya kita pun pasti bisa jangan merasa kalah sebelum berperang itu saja.. terimakasih.(salam dari si pengangguran)

    BalasHapus
  28. masyarakat indonesia mempunyai pedoman don't worry be happy,hidup enggan mati tak mau,berakit-rakit ke hulu berenang-renang ketepian,mati satu tumbuh seribu....ya sudah makan nih dotkrin sekenyang-kenyangnya yuahhh biar enggak lapar and tepar.....

    BalasHapus
  29. Mengenal lbh jauh tentang China lbh enjoy di China Indonesia Information....byk hal menarik di luar sana yg bs menambah wawasan

    BalasHapus
  30. saya setuju subsidi bbm dihilangkan, mobil memang mahal, motor memang mahal, bbm pun memang mahal. alternatif yg lebih murah naik kendaraan umum.

    BalasHapus
  31. dg adanaya daya iban akan bergabung dg laskar sulu utk pencerobah malaysia, maka didatangkan 4 mesin sukro rasa asin 35 BM sisanya 2 menyusul dan dipersiapkan utk dominasi antara cina dg indonesia utk kawsan laut cina selatan inclus sabah. Miris.....pak pres mengatur strategi shunsu dr generasi akmil....HEBAT....!!

    BalasHapus
  32. brow mudeng perpajakan ora. kamu tahu perpajakan itu mencekik leher kita kerja hanya untuk bayar pajak, kayak jaman kerja rodi aja, klau dak tau pajak bok jangan ngomong soal pajak, emang ente udah bayar pajak, liat tu di undang undang berapa persen yang harus di bayar 10% dari pendapatan kotor mas keuntungan dak ada segitu, trus tuk bayar karyawan uang dari mana, bayar utang, anak isteri, tambah modal...................dipikir yo mas yo

    BalasHapus
  33. INDON : Seharusnya sejak awal kita harus berbangga bahwa sebagai bangsa Indonesia kita bisa mengusir penjajah sehingga kita bisa merdeka, bukan diberikan dengan bangsa lain tapi dengan cucuran darah, karena kita tidak sadar juga dan tidak mau berfikir secara logika hanya dengan hati jadinya bangsa indonesia seperti ini dan sadarilah hai bangsaku bahwa kita bisa menjadi bangsa yang paling kaya didunia karena kekayaan alam kita seperti tambang apa saja Indonesia punya, berbagai buah, berbagai sayuran dan tumbuhan lain dan ikan melimpah serta mineral kalo itu semua kita kelola dengan baik niscaya kita bisa menjadi bangsa yang besar dan dibanggakan dan dihormati bangsa lain dengan belajar dari kesalahan dan mengejar ketertinggalan dengan sikap positif dan mental baru dan semoga Indonesiaku tercinta bisa berjaya dan dihormati serta disegani bangsa2 lain Amin

    BalasHapus