Jumat, Maret 23, 2012
0
BEIJING-(IDB) : China menggelar latihan perang di wilayah perbatasan India dengan melibatkan jet tempur J-10 yang dilengkapi oleh bom laser di Dataran Tinggi Qinghai. Latihan militer ini muncul di saat India juga meningkatkan pengamanan di wilayah perbatasan China.


Pengumuman latihan perang yang diutarakan oleh China muncul di saat India kerap meningkatkan jumlah persenjataannya dan mengalami sedikit friksi dengan Negeri Panda. China bahkan sempat menggelar latihan yang sama di wilayah Tibet dengan melibatkan jet Sukhoi.


Latihan militer itu diduga menjadi peringatan yang dilontarkan China terhadap India yang sudah dinobatkan sebagai negara pengimpor senjata terbesar di dunia.


"China selalu mengerahkan jet tempurnya di wilayah Tibet pada Maret. Namun, pada 2011 lalu, China mengerahkan jet tempur J-10 di wilayah Lhasa, meski musim dingin masih melanda China," ujar pejabat militer India, seperti dikutip India Times, Jumat (23/3/2012).


Hingga saat ini, India tampak mengerahkan jet Sukhoi miliknya yang berada di pangkalan udara di dekat China. India juga berniat untuk mengerahkan pesaawat Super Hercules C-130J.


Negeri Bollywood itu berencana untuk menempatkan 37 ribu pasukannya di wilayah pegunungan. Sebanyak 1.260 perwira dan 35.011 infanteri akan di tempatkan di wilayah Assam dan Nagaland. India juga berniat untuk menempatkan misil-misilnya di wilayah utara guna mewaspadai China.

Sumber : Okezone

0 komentar:

Posting Komentar