Kamis, September 15, 2011
0
TEHRAN-(IDB) : Kepala Badan Antariksa Iran (ISA) mengatakan, Iran akan menguji bio-kapsul, yang mampu mempertahankan kehidupan makhluk hidup di ruang angkasa pada peluncuran mendatang ke orbit bumi. Peluncuran itu akan melibatkan roket pembawa satelit, Kavoshgar 5 (Explorer).
 
Kepala ISA, Fazeli Hamid mengatakan kepada IRNA pada hari Rabu (14/9) bahwa peluncuran mendatang pembawa satelit buatan dalam negeri, akan membawa Iran selangkah lebih dekat untuk misi berawak ke ruang angkasa di masa depan.

Dia menjelaskan, uji coba bio-kapsul akan memberikan Badan Antariksa Iran pengetahuan penting dalam mengembangkan sistem pendukung kehidupan di ruang angkasa.

Pada Maret lalu, Iran berhasil meluncurkan roket Kavoshgar 4, yang mampu membawa satelit dan makhluk hidup ke ruang angkasa.

Sebagai bagian dari rencana untuk mengembangkan program ruang angkasa, Iran juga berhasil meluncurkan satelit, Rassad (Observasi) ke orbit bumi pada tanggal 15 Juni.

Misi Rassad adalah mengambil foto permukaan bumi dan mengirimnya kembali ke stasiun di bumi bersama dengan informasi telemetris.

Iran meluncurkan satelit produksi dalam negeri pertamanya pada tahun 2009 dengan nama Omid (Harapan). Negara Islam ini merupakan satu dari 24 negara anggota pendiri Komite Penggunaan Damai Ruang Angkasa PBB, yang didirikan pada tahun 1959.

Tehran mengatakan pihaknya bertujuan untuk mengirim astronot ke ruang angkasa pada tahun 2020.

Sumber: Irib

0 komentar:

Posting Komentar