Jumat, Agustus 19, 2011
0
JAKARTA-(IDB) : Berhasil melaksanakan misi Fly-pass yang membanggakan kemarin di HUT Republik Indonesia ke-66 (17/8), pesawat tempur TNI Angkatan Udara F-16 Fighting Falcon dan pesawat tempur Sukhoi, hari ini (Kamis, 18/8) kembali ke Home Base masing-masing, F-16 Fighting Falcon ke Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi, Madiun dan pesawat tempur Sukhoi ke Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanudin, Makasar.

Menurut penuturan Komandan Skadron Udara 11 Letkol Pnb Untung Suropati yang memimpin satu Flight pesawat tempur Sukhoi, diketahui kegiatan Fly Pass ini merupakan kali pertama dilakukan di atas Ibukota RI tepatnya diatas lingkungan Istana Merdeka disepanjang sejarah TNI AU.

“Hal ini tentu saja sangat membanggakan, tetapi dibalik kebanggaan itu ada tanggungjawab yang sangat besar pula”, tegas dari kedua Komandan Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 11 disela-sela persiapan mengenakan pakaian tempurnya di Lanud Halim Perdanakusuma.

Lebih lanjut dikatakannya, tidak ada bedanya dengan kegiatan Fly Pass lainnya, seperti pada kegiatan Hari Ulang Tahun TNI AU 9 April lalu di atas wilayah Lanud Halim Perdanakusuma,. hanya saja ciri-khas Jakarta dengan kondisi berkabut tipis diatas Ibukota, menjadi perhatian lebih bagi ke-12 Penerbang Tempur saat melakukan manuver di atas langit Istana. “Pada fly Pass kali ini para penerbang tempur tersebut menggunakan formasi Delta” ujarnya.

Mewakili para Penerbang Letkol Pnb Untung Suropati dari kokpit pesawat Sukhoi menyampaikan ucapan selamat HUT RI serta ungkapan syukur Jayalah Indonesia, yang disimak oleh Presiden RI beserta seluruh undangan dan peserta upacara memberikan aplos yang gemuruh di halaman Istana Merdeka.

Sumber: TNI AU

0 komentar:

Posting Komentar