Sabtu, November 02, 2013
62
ANALISIS-(IDB) : Deru dan gelegar 8 jet tempur canggih Sukhoi dan 6 jet tempur F16 di langit Batam tentu “terdengar nyaring” di jiran sebelah dan sebelahnya lagi.  Bahkan ribuan buruh yang lagi demo di Batam akhir Oktober lalu menghentikan teriakannya sejenak untuk mendongak keatas menyaksikan dan mengagumi. Selama 5 hari di penghujung Oktober dan awal Nopember 2013, Hang Nadim Batam menjadi home base latihan tempur khusus tentara langit Nusantara  bersama Tanjung Pinang, Pontianak dan Ranai Natuna.

Batam menjadi pangkalan aju Sukhoi, F16, Hawk skuadron Pekanbaru.  Pontianak menjadi pangkapan aju Super Tucano dan Hawk tuan rumah. Sementara 7 Hercules diterbangkan langsung dari Halim membawa ratusan tentara untuk diterjunkan ke Natuna.  Materi latihan tentu bermacam menu dan biarlah itu menjadi urusan rumah tangga AU mau mendapat ponten berapa. Tapi kita sebagai penonton secara visual bisa melihat betapa lumatnya sasaran yang dijadikan target penghancuran oleh jet-jet tempur tadi.
Jet tempur Sukhoi dan rudalnya di langit Natuna
Sudah tentu kurikulum latihan matra udara paling bergengsi itu diintip dan dipantau oleh jiran sebelah dan sebelahnya lagi. Singapura dan Cina sangat diyakini ikut memantau gerakan tentara dan jet-jet tempur RI itu dengan mata telinga elektronikanya.  Tak apa-apa, ini akan semakin memberikan kesan dan pesan pada “musang-musang” itu bahwa TNI mampu memperlihatkan dan menjalankan pertempuran modern dengan alutsista setara. 

Show of Force untuk tetangga sebelah Batam diperlukan karena ini menyangkut kewibawaan. Termasuk untuk warga Batam Riau bahwa payung dan persenjataan dirgantara di atas mereka siap melindungi ummatnya setiap saat. Penting juga untuk dipesankan bahwa mereka adalah merah putih. Soalnya warna keseharian warga perbatasan adalah lintas batas dalam interaksi eknonomi. Sekedar mengingatkan.

Pesan untuk musang Natuna jelas, jangan bermain api dengan teritori NKRI.  Musang yang dimaksud adalah singkatan dari musuh anggapan, sebuah nama sandi militer untuk sebuah negara yang menjadi musuh simulasi.  Beberapa waktu lalu musuh simulasi itu bernama Sonora tanpa ada kepanjangannya, sehingga dipersepsikan macam-macam. Musang yang ini pun bisa dimaknai dengan “musuh sang naga” atau “musuh sangar” atau tetangga yang berwatak musang.  Yang jelas untuk wilayah Natuna dan sekitarnya kita berhadapan dengan kekuatan multi kelas.  Ada kelas Naga, ada kelas Singa dan ada kelas Jaguh. Tidak usah dijelaskan lagi karena diskusi forum militer sudah memahami terutama pada kelas yang terakhir itu.
Hasilnya, melumat musang Natuna
Banyak hal yang bisa dicatat dalam latihan ini. Inilah untuk pertama kalinya diperlihatkan kepada khalayak bahwa persenjataan Sukhoi tidak lagi sekedar kanon dan bom P100. Tetapi juga sudah memiliki tentengan rudal-rudal mautnya.  Ada rudal R73, R77, Kh31A, Kh31P dan S8 yang made in Rusia itu, sehingga memberi kesan gentar dan getar.  Catatan lain adalah adanya sorti pertempuran udara yang tentu bernuansa mencekam karena kemampuan first look, first shot dan first kill menjadi kejaran prestasi untuk pilot kita bersama keunggulan teknologi radar dan rudalnya.  Pertempuran udara modern saat ini dan seterusnya sesungguhnya adalah uji keunggulan teknologi radar, jarak tembak dan kecepatan rudal serta militasi pilot jet tempur.

Sebagai evaluasi untuk kondisi kepemilikan dan jenis alutsista TNI AU saat ini dibandingkan dengan luas wilayah dan spektrum ancaman maka harus diakui kekuatan pukul alutsista udara kita masih belum memadai.  Satu skuadron Sukhoi yang dimiliki saat ini belum mencukupi nilai gizi kegaharan pengawal dirgantara.  Meski tahun depan akan ada penambahan 24 jet tempur F16 dan melengkapi kekuatan penuh satu skuadron Golden Eagle dan Super Tucano, tetap belum disebut gahar. Oleh sebab itu masih diperlukan minimal 1-2 skuadron Sukhoi Family lagi untuk memastikan kewibawaan itu.  Apalagi jika dikaitkan dengan kehadiran F35 yang mulai tahun depan di kawasan ini. Dan kita meyakini bahwa dalam program MEF tahap 2 nanti kekuatan pengawal dirgantara bersama dua matra angkatan lainnya akan semakin bagus dan berotot.

Intensitas latihan militer yang dilakukan Indonesia selama dua tahun terakhir ini adalah memastikan tingkat kesiapsiagaan yang tinggi untuk menjaga kepemilikan medan teritori.  Lebih dari itu adalah untuk mengingatkan negara manapun untuk tidak mengusik teritori Indonesia.  Kampanye militer dengan mengerahkan berbagai alutsista untuk diperdengarkan dan diperlihatkan bunyi musik amunisi dan dentumannya. Menenggelamkan kapal perang dengan rudal Yakhont dari jarak 200 km yang membuat para musang terperangah. Membumihanguskan dan mendemonstrasikan teknologi persenjataan yang dimiliki adalah pesan militer yang jelas dan tegas.  Pesan yang hendak disampaikan kepada para musang lewat dentuman, deru, gelegar dan manuver di wilayah perbatasan sesungguhnya adalah rangkaian kalimat yang kira-kira berbunyi seperti ini: anda sopan kami sapa, anda maju  kami sapu.
Sumber : Analaisis 

62 komentar:

  1. Jgn brbangga hati liat tetangga atas dan bwh punya alutsista yg lebih modern dan canggih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ITU BUKAN BANGGA HATI TAPI sbg RESPON RI ATAS BRENGSEK nya SINGQPORN YG BELA BANGSAT2 KORUPTOR SIPIT SEMBUNYI -sering berbangga hati justru si singapore- malaysia broe- REALISTIS: BEDA DENGAN 4 TAHUN LAUSEKARANG FAKTA singaporn- malaysSUDAH PERHITUNGKAN KEKUATAN TNI-BRAVO AU TERUS TINGKATKAN KEKUATANNYA-

      Hapus
    2. Kecanggihan alutsista tidak menjamin kemenangan suatu negara. Pertempuran dengan teknologi canggih hanya merupakan pembuka saja. Selebihnya adalah kemampuan taktik dan stategi darat. 3 tim anggota khusus yang dilatih dengan khusus yang dimasukkan dari kapal selam atau pulau terdekat bisa membuat singapura hancur ekonominya. Tidak terlalu rumit tapi butuh kehati-hatian tingkat tinggi dan perhitungan yang matang. Sekali lagi yang dibutuhkan adalah kemampuan tingkat tinggi dalam hal membunuh, grilya kota atau hutan, menghancurkan, dan membumi hanguskan. Masalah pesawat2 tempur singapura yang katanya canggih di pangkalannya di singapura bukan perkara yang rumit bagi paskasau untuk masuk dan mengambilnya. Sekali lagi yang menentukan adalah pertempuran, taktik dan strategi di darat.

      Hapus
    3. ROGER... betul - sy setuju dg maz ano21.16

      Hapus
    4. Selamat jumpa lagi mas ERSATO,lama sekali sampean nggak pernah nongol di blog IDB,pa kabar??? Tinggal satu orang lagi yang lama ga muncul2 om BOLEROES 11.

      Hapus
  2. Ya...bknnya gak mensyukuri apa yg ada..kt. Baru punya sukhoi se umprit aja uda...kata2 spt super power..noh cocos. Island msk daya jangkau kita gak...knp sih kita selalu lambat...bergabung aja dgn blok rusia dan. Cina buat aliansi...negara kita kuat...buat komitmen serangan thd satu negara mrpkan serangan thd semua negara...biar negara ini ada teman kl tjd perang...asu aja. Uda super power msh aja keroyokan....presiden mendtg hrs bs. Baca situasi ini...

    BalasHapus
  3. woeiiiii alaaaay banget.....kekuatan superiority udara aja belum sepadan...kok main intimidasi??????makanya beli 150 su35bm+rudalnya...baru koar2 stroooong

    BalasHapus
    Balasan
    1. duwitee embahmu .. ..
      Sedangkan bbm 6000 saja banyak bacoot mau beli 150 su -35bm,,
      mikirrr kalao mau nyocooootttt.. ..

      Hapus
  4. saya suka ulasan/artikel dari analisis alutsista...pasti isinya menarik dan membangkitkan rasa nasionalisme kata-katanya juga pas dan menarik...untuk penulis jangan dengerin Ano-ano diatas saya,teruslah berkarya sebarkan ulasan pembangkit nasionalisme seperti ini...kita semua jenuh dengan keadaan negeri ini maka tulisan seperi ini sangat membanggakan dan dibutuhkan....Untuk ano diatas saya kita bukan membanggakan diri atau pongah terhadap tetangga,,tetapi kita menunjukan bahwa kita masih punya taring untuk mempertahankan NKRI kita yang tercinta....

    BalasHapus
  5. Bagaimanapun,Bravo TNI AU! Setapak demi setapak terus tingkatkan kemampuan dan kekuatannya!

    BalasHapus
  6. LUAR BIASA PETA KEKUATAN TNI SEKARANG CUKUP MENINGKAT SIGNIFIKAN- NYATA: beda dg 5 th lampau - SEKARANG TETANGGA2 ATAS BAWAH RI MULAI MERASAKAN PERBEDAANYA-dan fakta adanya-balance air power di asean masuk KATEGORI STANDAR- SINGAPOR- AUSIE- MALYS juga kategori standar aja- yg beda hanya prilaku tetangga nya saja yg musti di rubah " kalau gak mau latihanTNIAU MENJADI SERANGAN SUNGGUHAN UNTUK TETANGGA ATAS BAWAH- BRAVO TNIAU -semogaTRUS TINGKATKAN LAGI KEKUATAN NYA- UNTUK ANTISIPASI BANGSAT2 NEGRI SEBELAH-oke- salam heavymetal from motley crue

    BalasHapus
  7. Yah lumayan lah buat takut2in FPI dan buruh yg pd suka demo dan bikin rusuh...by : wowok

    BalasHapus
  8. Sekali sekali memang perlu mengasah parang didekat pagar tetangga ..... Sebagi isyarat kita bahwa parang kita bisa dipake melibas ....... Bagi yang tidak mengerti strategi militer ya wajar kalau komennya "pesimistis" ...... Kenapa cina latihan di shaol yng jauh dari tanah besar cina, tapi jaraknya cuma +80 km dari pantai sarawak itu satu strategi di LCS ...... Indonesia sekarang seperti pengantin jawa menebar senyum kepada semua orang, tapi keris terselip di belakang !

    I LOVE INDONESIA

    BalasHapus
  9. Wajarlah kita harus bangga agan",, dan lebih wajar lg klau tetangga" kita sdh mulai memperhitungkan kita, keunggulan alami Militer Indonesia itu skill individu tentara yg memang mental tentara, membunuh atau dibunuh dan 100 % buat NKRI bhs kerennya TNI kita itu memang Militan yg hebat, so, apa jadinya kalau skil alami itu di poles dgn alutsista canggih.? Msh ingat gk, soal F18 Ausi dikadalin sm F5 TNI AU..? Pesawatnya beda generasi tu, jdi bisa dibayangin kalo Pilot" tempur kita tunggangannya Sukhoi,.? Wlwpun bru brp biji jelas itu warning yg besar buat pra tetangga., dan jelas keluarga Sukhoi pst akan ditambah tinggal menunggu waktu. Salam Jiwa Merah Putih.

    BalasHapus
  10. Usul to pemerintah RI- TNI: perbanyak terus koleksi rudal yakont-termasuk versi yakont mobile darat-alasan nya bukan mengada2 tapi fakta: dg begitu arogansi nya negara2 tetangga atas bawah RI- ekploitasi pasir reklamasi/koruptor yg dibela singapor- radar pulau cocos ause- dan eskalasi border zone dg malysit-disamping tambah pswt fighter-RI musti trusTambah arsenal misile jarak jauh-realisasikan segera ROKET LAPAN RX530 jadi balistic misile IRBM sprti SCUD dll- plus yakont versi udara untuk antisipasi radar cocos / jindella ausie..jadi kebutuhan alutsista tipe ini perlu segera di prioritaskan-ancaman memang fakta datang dari tetangga atas- bawah RI - nyata-- trims from heavy metal motleycrue

    BalasHapus
  11. taon dpn ganti yon armed latihan di batam & pulau nipah, pake mlrs astros II & caesar nexter bidik2 sembawang afb, payalebar afb, changi afb, orchard rd sampe johor bahru...

    BalasHapus
  12. artikel yang bagus untuk disimak dan di cerna gambaran buat anak bangsa indonesia .bahwa dengan artikel tersebut bahwa bangsa indonesia bangsa yang bermartabat dan membuktikan ke pada negara tetangga utuk daya dobrak kita sudah mulai berjalan .
    untuk semua yang merasa anak bangsa indonesia .anda di lahirka di tanah indonesia dan di besarkan di tanah indonesia.apakah pantas mejelekan tanah kelahiran y.jangan ada kata2 dari dalam diri anak bangsa (sya anak bangsa indosia) .tapi kelakuan y cuman mencemooh doang.tp kita harus sadar ap kita udah memberikan yang terbaik untun negara kita.untuk kemajuan bangsa.apakah kita sudah memberkan karya kita untuk membesarkan bangsa kita.kalau bukan kita siapa lg yang mau mebesarkan negara kita.maaf kalau ada kata yang salah.salam hormat saya

    BalasHapus
  13. Terimakasih buat analisis.kata2nya bikin semangat merah putih.jayalah tni payung nkri

    BalasHapus
  14. Tetap bangga dengan kondisi alutsista TNI apapun dan berapapun jumlahnya. Dan diharapkan bisa selalu bertambah dan modern. Kemampuan personel TNI jelas tidak bisa diragukan lagi bahwa mereka tangguh, militan dan profesional. Maju terus TNI, saya bangga menjadi bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  15. selama masih diwilayah indo itu bkn provaktif dan bukan alay..ini peringatan buat negara yg suka usil,,,

    BalasHapus
  16. Buka blok Militer Indonesia Gan, "Kopassus kembali unjuk gigi dalam lomba tembak AARM" Indonesia msh memimpin Gan.

    BalasHapus
  17. Bedanya indonesia sama tetangga, baru ada sudah koar2 & unjuk2...kalau tetangga udah lama,baru unjuk...ketinggalan lho...pada hal udah pernah di 'lock' sukhoinya dulu...mungkin juga punya tetangga..kok gak mikirin. Dibilangi pilotnya hebat, kok mekar irungnya...pada hal nggak punya upaya BVR, ...waduhh isin lho..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koar2 sama latiihan itu beda jauh bro ! ..... Coba ganti kacamatanya biar penglihatannya jelas ! ..... Disaat yang sama malaysia juga sedang latihan penembakan pesawat..... tapi pesawat dron yang dijadikan sasaran tembak sudah 5 kali bolak balik tapi belum kena ....... Sementara seminggu sebelum TNI menggelar latihan di natuna .... Singapur, malaysia, australia, selandia baru dan inggris baru saja selesai menggelar operasi SHIELD melibatkan destroyer inggris di LCS ......

      Hapus
    2. saya sependapat dgn bung ano 12.55

      Hapus
    3. dasar wong Edaan kowe, komentar ngawur, artine kowe wong bodo, kowe goblok ano.21.42, 2 nov 2013

      Hapus
  18. Kita harus selalu bersyukur, bahwasanya TNI sudah mulai banyak perubahan kekuatan terutama angkatan udara sehingga di harapkan mampu menjaga wilayah NKRI, Jangan lupa system pertahanan udara kita perlu di tingkatkan dengan senjata yang lebih canggih sekelas S300 Rusia sehingga tdk ada pesawat yang berani menerobos wilayah kita . Thank

    BalasHapus
  19. Kasian org Indonesia koq kaya gitu ano 21.42 pesimis dgn negara sendiri, ini yg dibahas bkn pesawatnya, tp intensitas latihan yg mulai rutin dan taktik perang yg sllu update, ditambah lg wilayah latihan yg posisinya dkt tetangga, bkn koar" soal 16 biji Sukhoi. Tapi pesan yg terkandung di dlm aksi latihan itu bro

    BalasHapus
  20. Perubahan n perbaikan terus menerus adl kunci sukses dlm segala hal..tms militer..berdayakan potensi nasional krn sesungguhnya nilai gentar alutsita ada dlm kemandirian yg tak terduga...Salan NKRI

    BalasHapus
  21. sebetulnya latihan tersebut merupakan pesan kecil untuk negara tetangga kita,karena dengan kekuatan yang belum lengkap TNI AU sudah dapat menunjukan kemampuan yang menggetarkan,apalagi jika sudah punya FULL POWER atau kekuatan penuh dengan tambahan SU 35 + F 16 blok 52 juga SU 27,SU30,tucano,T50 juga ditunjang pilot handal,kekuatannya tidak cuma menggetarkan tapi menakutkan......itu dapat dirasakan sang MUSANG BRENGSEK ( Malingsial ),KANGGURU CULAS ( Australia ) dan SINGA MUNTAH ( Singapura ).........JAYALAH TNI AU !!!!!!!!!

    BalasHapus
  22. latihan itu lebih besar nilai strategis secara diplomatis daripada pamer kekuatannya

    BalasHapus
  23. Fuuuuuuhhhhhhh...dalam SEA indo paling kuat...punya 16 SU...tetangga tiada apa apa...bravo..bravo...tetangga ketakutan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduhh....baru punya 16 SU kok katanya paling kuat si SEA, la jiran punya 18 SU, 16 Mig 29, F-18D, berpuluh F15SG, F16...gimana? asal ngomong jangan njepret aja cangkemnya..

      Hapus
    2. Diatas ane ada malon goblok.emang peperangan cuma mengandalkan 1 matra angkatan?
      Peperangan antar negara melibatkan seluruh aset persenjataan,apalagi posisi jiran yg tdk terlalu jauh memudahkan mobilisasi pasukan cadangan (sukarelawan/rakyat jelata) indonesia yg terkenal sangat nasionalisme bisa lebih di berdayakan.

      Hapus
  24. semua informasi pertahanan indonesia adalah misterius .... kilo class (berbendera indonesia kalender tni al , menhan malaysia bilang ada 2 kilo class indo ), 3 nahkoda ragam class yg ternyata dibeli juga (debat kusir ga mungkin dibeli), heli apache(ganti black hawk n dana ga cukup ternyata dibungkus juga) juga dibeli .. leopard (banyak berita yg buat pesismis ) , meriam caesar , astros brasil dan lainnya ... semua ternyata bukan omong kosong ,, didatangkan ke negeri kita ... isu S 300 , hibah 10 kapal selam , tawaran tambahan hibah 10 f16 , moeldoko tertarik su35 , pertahanan ibukota (MONAS) emang pemerintah kita BEGO beri PETA dan Gambar (nunggu di RUDAL ANTI BUNKER) berita dimana mana semua ( misterius) dari semua ISU TERSEBUT semuanya menjadi kenyataan ... BERSIAPLAH MENJADI WARGA NEGARA YG BANGGA DENGAN ALUTSISTA YG MEMBUAT GENTAR .. jangan menjadi TUKANG KETIK KOMENT YG GA PENTING .. berdoa kalo bisa berdoa , jangan pesimis nyalahin pemerintah yg sebenarnya lebih baik 1000 kali dari pemerintah sebelumnya ( memenuhi persenjataan dalam negeri AJA LHO YA HAHAHA ) .. KALAU PERANG IKUT PERANG (SUKARELAWAN) KALAU DAMAI ( JANGAN PESIMIS ) .. NKRI HARGA MATI .. tontaipur

    BalasHapus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...seharusnya memang bangga jadi warganegara...tapi bukan hanya ongkosnya dibelanja pada alutsista saja...tuhh dijakarta aja udah hari2 makin macet, prasarana di sumatra, sulawesi, kalimantan dll....seharusnya dibanguni dengan giat, agar perekonomian jadi lebih maju. Agar tiada jutaan WNI hijrah ke negara tetangga, timur tengah, timur jauh....lalu diperlecehi...harus sampai jadi begini?

      Hapus
    2. Setuju, mosok Jendral pinter pilihan 250 jt orang bego? pasti pinter dan ngak mau mimpin pasukan kalahan ... maunya mimpin angaktan perang terkuat!. yakin begitu F-16 retro datang ... langsung + 3-4 bln datang Su-35 yg diem2 sdh kontrak. + Kilo + S-400 ngak lama kemudian. Hidup negri ku ... hidup Indonesia

      Hapus
  25. 16 heli AKS anti kapal selam 2014 didatangkan ( sebelumnya MIMPI KALI YEE banyak koment yg bilang kaya gitu) , 16 heli FENEC serang ringan juga datang 2014 padahal thailand datang 2 BUTIR AJA heli fenec UDAH JADI BERITA INTERNASIONAL yg ngomong PANGLIMA TNI LHO GA SEMBARANGAN ) , T50 golden eagle di beri KODE TT (TEMPUR TAKTIS PENYAMARAN PESAWAT TEMPUR jadi pesawat LATIH dan AEROBATIC dari CAMO nya ) padahal bisa BAWA RUDAL AMRAAM ( jarak menengah) philipina beli 16 biji aja langsung diprotes CHINA .. BUAT APA BANGUN PANGKALAN KAPAL SELAM DI PALU KALAU CUMAN PUNYA KAPAL SELAM 2 BIJI USANG JUGA DAN 3 CHANGBEGO .. (KONYOL) .. Hibah kapal perusak USA juga berita miring , padahal semua BERITA MIRING TERSEBUT jadi KENYATAAN ... HEHEHE , kita OPTIMIS AJA DEH ama semua berita tersebut ... MALINGISIAL BERANI MUNCUL GODAIN KITA LAGI GA DI AMBALAT ?????? HAHAHA , karena udah ada kapal selam kilo ( no publish ) n fregat with yakhont dan sukhoi dipersenjatai R73 , R77 ... MODIA

    BalasHapus
  26. latihan demi latihan yang dilakukan TNI ssesungguhnya mmpnyai 2 pesan yaitu pesan kpd rakyat indo bhwasanya TNI sbg hulubalang penegak kdaulatan siap,mampu n sanggup mnjaga stiap jengkal tanah di NKRI dr sgala bntuk ancaman baik dr dlm maupun dr luat gk cm sbg penggebuk tp pembunuh klo macam2...pesan ke2 adalah sbg bntuk show of force kpd para negara ttngga yg kurang ajar klo TNI skrg bkn TNI yg kmrn yg mudah dilecehkn dngan alutsista TUAnya... pelan tp pasti scara kuantitas n kualitas Alutsista TNI brtransformasi dr mcan ompong jd macan bertaring lg... sbg rakyat kt hrs mndukung stiap kbijakn pmerintah untuk mmajukan TNI.. smua btuh proses n ksabaran bos mnjadikan TNI GAGAH & GARANG ... salam indo_lover

    BalasHapus
  27. Ya, jiran indonesia faham bahawa tentera indonesia berbuat begitu untuk menghilangkan rasa inferioriti.....yang selama ini ditakut-takuti oleh jiran2nya, bukan begitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awak 06.03 ini tahayul- berbual bual-

      Hapus
  28. iya, jiran Indonesia sadar betul dgn variasi "kh" di sukhoi ato yakhont di "kapal tua TNI" bisa motong twin tower petronas jadi 4...

    BalasHapus
  29. Babi kau malaysia
    wkwkwkwk
    negara cuma sekangkang kera mimpi jew nak jadi negara maju.

    BalasHapus
  30. BIARIN AJA WARGA YG MAU HIJRAH MAU KE ARAB , MAU KE MALINGSIAL mau kemana aja bebas pemerintah ga ngelarang ASAL JANGAN JADI PENGKHIANAT ... otak dan hatinya cuman seharga RM ringgit malaysia .. liat warga yg lainnya mau susah payah kerja keras dinegeri sendiri ya MASIH HIDUP n anaknya bs sekolah bs jadi TNI , PEGAWAI SWASTA , jadi MENHAN (dulu dari keluarga miskin tapi ga hijrah ke negeri lain) ... semua tinggal orangnya bro mau KERJA apa GA ..

    BalasHapus
  31. kita harus BERTERIMA KASIH SAMA MALINGSIAL ... gara gara TINDAKAN KONYOLNYA MAU MENGUASAI AMBALAT , sekarang pemerintah KITA RI , DPR , Rakyatnya jadi SADAR HARUS PUNYA SENJATA YG KUAT dengan belanja 15M USD BISA BELI APA SAJA .. semua pada dateng ke indonesia nawarin senjata >>>USA RUSIA CHINA PERANCIS bahkan INGGRIS (INDUK SEMANG MALINGSIAL) beri PRESIDEN RI UPACARA penghormatan KELAS 1 dan disambut RATU INGGRIS ( UPACARA YG HANYA DIBERIKAN SELAMA 3 KALI SEUMUR PERADABAN kepada kepala negara) .. PM MALINGSIAL DATANG KE INGGRIS ??? CUMAN DINAIKKAN TAXI DOANG PALING2 BAWA KOTAK KARDUS MINTA SUMBANGAN SENJATA N PASUKAN .. WAKAKKAKAKAKA

    BalasHapus
  32. Kita boleh marah atas negara kutu singapore , tapi igat dalang actor sesungguhnya penghancur negara ada di indonesia , tampa ada kemauan membangun negara jadi apdi negara sudah terjdi dii ahir pemerintahan bungkarno , kita bicara jujur dari penyelundupan harta negara hilir mudik ke singapore ada faktor ke.sengajaan semua sudah di rancang bak senetron .
    " kembali soal perjanjian estradisi thn 2006 siapa team actor penanda tangan ?.... negara rupawan berwibawa karna sangpeminpin , kita berkaca ke rusia , presiden putin dan medvedev , di bawah preden medvedev rusia jadi bulan bulanan sekutu karna mantan presiden medvedev bekas aliran didikan barat , kalau di indonesia gaku terangan beraliran barat ( prwbowo ) kembalinya presiden putin ke puncak pempinan rusia pun jadi negara super power , contoh lagi perang di.perbatasan kamboja dan thailand , bisa di bayangkan kalau peminpin komboja lemah di perbatasan di caplok thailand diam sajaa ...bakal jadi bulan bulanan ke belakang ." Beda dengan indonesia sekarang menghadapi tim tim keok sebelum perang karna peminpin kita sudah terikat perjanjian dan penakut .

    BalasHapus
  33. Siapa berani menurun kan engkau,serentak rakyat mi membela

    BalasHapus
  34. TNI hebat,alutsista canggih jika pemimpinya g brani ksh komando serang wktu musang tetangga melakukan provokasi
    Sama jg bohong bro..berdalih menghindari permasalahan yg merembet ke sektor lain misal keselamatan TKI malah terlihat bak pecundang sejati.NKRI harga mati,tp buat para pejabat loe aja yg mati.jayalah indonesiaku..

    BalasHapus
  35. maju tereusss.. lebih baik mati daripada gagal dalam tugas.. hehee.. jepang aja dah luntur tu bushido-nya..

    BalasHapus
  36. Yang harus dilakukan saat ini adalah memajukan teknologi satelit, rudal berpemandu, drone bersenjata, pembuatan mesin pesawat jet, pembuatan pesawat COIN, kapal perusak dan kapal selam, teknologi2 di atas adalah teknologi2 inti peperangan modern yang belum kita kuasai

    BalasHapus
  37. Sejalan dengan ano 09.40
    NKRI membutuhkan Pemimpin yang berkarakter kuat dan punya prinsip seperti Putin,dialah yg mengembalikan Kejayaan Russia. Ingat para pemimpin jika anda ingin negara ini menjadi maju HARUS ditopang dengan militer yang kuat.

    BalasHapus
  38. koment yg tak de kwaliti,penoh nafsu tapi tak de kuasa nak penuhi kehendak,ini bukan bunge bangse tetapi perosak bangse..cubalah hidop bersyukur tak menanam kebencian yang boleh menuai petaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas nasehatnya tapi Isunya bukan kebencian tapi bagian dari rasa
      NASIONALISME bung Malay
      .... Memang susah menerima kenyataan kalau Nasionalisme rakyat indonesia tidak bisa ditandingi oleh negara manapun ...... Buktinya Kemarin 'Edward snowden' membocorkan kalau kedubes Amaerika+australia melakukan Spionase di indonesia, malaysia, vietnam serta negara asia yang lain .....
      Tapi rakyak dan pemerintah malaysia DIAM Tidak ada Reaksi apapun ...... Takut kali ya ? ....

      Hapus
    2. =p~ malaysia edann.....

      Hapus
  39. Right or Wrong is my beloved country....
    Maju terus & jayalah TNI..! Pembela panji dan persada negeri...
    NKRI harga mati..!

    BalasHapus
  40. Ingat ya ! jgn mudah puas diri. tapi kita acungi jempol untuk latihannya. tapi jgn puas diri. karena bntar lagi Ausie punya F35. juga Singapura. Kita sendri ditwari F35 kok gak beli juga. Sukhoi 35 BM perlu diadakan. tanggung klo tidak. Ini pembaruan alutsista kan untuk 25 tahun ke depan. baiknya mikir, kita perlu segera ganti F16 hasil hibah, dg yg lbh upto date.

    BalasHapus
  41. Ada yg komen itu si Ano....., hehe udah gak jamannya Negara ngorbanin rakyatnya. Negara yg baik adlh negara yg bisa melindungi rakyatnya. Rakyat jgn mati konyol dlm perang. Karena peperangan modern adalah kecanggihan alutsista. buat apa rakyat maju kalo yg dilawan adlh hulu ledak nuklir. mau mati konyol.? jangan dong. Tapi kita ini sbg rakyat berani mati kok untuk bela negara. doktrin peperangan harus diganti ini. jika rakyat hanya untuk mati konyol dan peperangan dimenangkan oleh negara yg alutsistanya kuat, kita harus mandiri dlm teknologi. Untuk masa ke depannya jangan lupa, perang harus dilakukan oleh robot. biar lah robot yg mati dlm perang. tapi rakyat dan negara kita selamat. Ini brilian komen kan? hihi

    BalasHapus
  42. boleh lah bebual sesuke hati..
    Hitam puteh,baek burok cuma ALLAH menentukan,begadoh pun cume kalian satu bangse,macam di dunie ni cume orang indon sahaja yang punye mulot,jadi boleh cakap sana sini SUke hati..dan lekas azab pun menanti,insya ALLAH..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan kau...apa dimata kau tu ALLAH sudah menganggap kau baik??berkata tak baik dan doa pun tak baik duhduhduh.......JANGAN SOMBONG LAH KAU biar ALLAH yang menentukan....

      Hapus
    2. Malon-malon kecik-kecik tak mau mampos udah besar nyusahkan orang

      Kau pikir kau orang banyak cantik ke?
      Kau pikir kau orang bagus ke? Bahase teruk macam beruk

      Hapus
  43. Alutsista semuanya ga ada gunanya !!! Kalau intelijen kita bisa dibobol .... perkuat dulu intelnya ...

    BalasHapus
  44. Kami, bangsa Indonesia, sebagai sesama bangsa melayu, menawarkan bangsa Malaysia agar bergabung dalam NKRI. Pengabungan ini akan membuat bangsa melayu memiliki negara terkuat ke 2 di dunia, dan akan menjadi negara terkuat ke 1 di dunia. Bayangkan 2050, 450 jt penduduk kaya dengan perkapita 35rb$ dan GDP 30 Trilyun $, wilayah 9 juta m2.... Nanti di tambah wilayah Moro Philipna dan Kamboja. Singapore akan lenyap, beberapa negara pasifik akan bergabung juga. Bayangkan ... bayangkan!!!

    BalasHapus
  45. kadang ada lucunya jg ya..yg satu ngakunya org malaysia,yg satu lg ngakunya org indonesia.yg membedakan cm kata malay dan indon,3 kt terakhir adalah sia..ras sama,bahasa hmpir sama,agama dominan jg sama islam,cm jumlah penduduk dan wilayah lbh luas indonesia,klo ga salah malay itu melayu dan sia polinesia jd rumpun melayu polinesia,indonesia jg melayu polinesia(maaf klo salah)..malaysia ada kaum minoritas dr india dan chin,indonesia jg ada .banyak para petinggi malaysia berdarah asli indonesia termasuk perdana mentrinya yg berdarah sulawesi,kesultanan johor dan sabah jg punya hubungan kekerabatan dgn tanah sulawesi/sumatra(lg2 klo ga slh)..
    Lbh byk persamaan dr pd perbedaannya,akan lbh baik jk kita semakin mempererat hub antarnegara,kikis hbs rasa curiga,pupuk rasa bersaudara..anda liat apa yg akan terjadi,malindo akan mengguncangkan dunia..(ngarep) hehe

    BalasHapus