Jumat, Agustus 19, 2011
0
JAKARTA-(IDB) : Para pelaut Indonesia yang tergabung dalam Solidaritas Pelaut meminta TNI AL mengawal kapal sipil yang melintasi perairan rawan bajak laut.

Ketua Solidaritas Pelaut Pius Ladja Pera yang dihubungi di Jakarta, Kamis (18/8/2011) mengatakan, pihaknya menemui Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana Soeparno untuk meminta pengawalan.

"Kita belajar dari kasus Somalia dan juga kerawanan di Selat Malaka. Para pelaut kapal dagang meminta agar ada pengawalan dari TNI AL di atas kapal berbendera Indonesia," ujar Pius.

Sebelumnya, Laksamana Soeparno yang ditemui Kompas di Markas Besar TNI AL di Cilangkap, pagi harinya, menjelaskan, TNI AL siap untuk menempatkan personil di kapal-kapal sipil berbendera Indonesia.

"Sri Lanka juga mengadakan pengawalan serupa. Ini lebih efisien disbanding mengirim kapal patroli di perairan Somalia. Kita sudah siap tetapi sejauh ini belum ada permintaan langsung untuk mengawal," kata Soeparno.

Dalam skema tersebut, para prajurit TNI AL dengan kualifikasi tempur seperti Korp Marinir dan Komando Pasukan Katak (Kopaska) ditempatkan di atas kapal-kapal sipil yang berlayar di perairan rawan bajak laut seperti di kawasan Teluk Aden yang marak dibayangi bajak laut Somalia. 

Sumber: Kompas

0 komentar:

Posting Komentar