Rabu, Juli 27, 2011
0
BATUJAJAR-(IDB) : Pasukan khusus AS United States 1st Special Forces Group mengadakan kunjungan selama lima hari di Pusat Pendidikan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Batujajar.

Pada 15 Juli lalu, 1st Special Forces Group mengakhiri kunjugan lima hari di Pusat Pendidikan Kopassus. Kunjungan ini dalam rangka pertukaran gagasan dan praktik terbaik dalam kedokteran militer untuk pasukan operasi khusus Special Operations Forces (SOF).

Tim dari AS, yang dipimpin komando kesehatan pasukan khusus AS 1st Special Forces Group Command Surgeon turut serta dalam program pertukaran ini, bersama komando kesehatan Kopassus serta 24 prajurit kesehatan Kopassus.

Mereka berbagi pengalaman keahlian medis dalam hal praktik terbaik dalam penanganan triase dan trauma, perencanaan dan perbekalan medis, serta evakuasi korban.

Program pertukaran ini mendukung secara langsung Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia, yang berupaya mempromosikan keamanan, kesejahteraan, keberlanjutan lingkungan hidup, memperkuat demokrasi, serta meningkatkan saling pengertian antara warga Indonesia dan Amerika.

Program ini juga merupakan bagian dari keterlibatan AS secara bertahap dan terukur dalam kegiatan Kopassus. Sebagaimana dinyatakan mantan Menteri Pertahanan AS Robert Gates pada kunjungannya ke Indonesia akhir Juli lalu.

Pemerintah AS melibatkan diri dalam kegiatan kerja sama keamanan terbatas dengan Kopassus dalam kerangka aturan hukum AS dan berdasarkan perubahan demokratis yang telah terjadi di Indonesia serta program reformasi TNI yang terus akan berlanjut.

Sumber: Inilah

0 komentar:

Posting Komentar