Kamis, Juli 14, 2011
0
TEHRAN-(IDB) : Kapal perang Angkatan Laut Iran telah menggagalkan serangan perompak laut terhadap sebuah kapal kargo di Samudra Hindia di pantai tenggara Somalia, Tanduk Afrika.
 
Kapal kargo Iran diserang pada Ahad pagi setelah sejumlah orang bersenjata mendekati kapal itu dengan beberapa perahu ringan berkecepatan tinggi, kata Wakil Komandan Angkatan Laut Iran Laksamana Sayyid Mahmoud Mousavi seperti dikutip IRNA, Selasa (12/7).

Dia menjelaskan bahwa kapal perang Iran yang berpatroli di kawasan itu bergegas menuju sasaran setelah menerima panggilan darurat, yang melaporkan adanya upaya tidak sah oleh beberapa orang.

Pelaut Iran berhasil menggagalkan serangan perompak setelah terlibat dalam kontak senjata. Tidak ada korban luka di antara para awak kapal Iran.

Sejalan dengan upaya-upaya internasional melawan pembajakan, Angkatan Laut Iran telah melakukan patroli anti-pembajakan di Teluk Aden sejak November 2008 untuk mengawal jalur perdagangan maritim dan lalu lintas kapal, khususnya kapal minyak atau kargo milik Iran. 

Sekjen Organisasi Maritim Internasional (IMO), Efthimios E. Mitropoulos pada Mei lalu mengakui efektifitas operasi anti-pembajakan yang dilakukan oleh Angkatan Laut Iran.

"Angkatan Laut Iran melakukan langkah efektif dalam memerangi bajak laut. Seluruh komunitas maritim berhutang budi kepada negara-negara yang telah bertindak untuk melawan pembajakan dengan mengerahkan pasukan," ujar Mitropoulos.

Seraya menyinggung kehadiran pasukan reaksi cepat Iran di daerah yang paling rentan terhadap serangan perompak, Mitropoulos mengatakan ia sebelumnya telah mengucapkan terima kasih atas upaya anti-pembajakan Iran dalam sebuah surat kepada duta besar Iran untuk Inggris.

Teluk Aden, yang menghubungkan Samudera Hindia dengan Terusan Suez dan Laut Mediterania, adalah rute tersibuk yang dilalui lebih dari 20.000 kapal setiap tahunnya tujuan Asia, Eropa dan Amerika.

Sumber: Irib

0 komentar:

Posting Komentar