Kamis, Juli 14, 2011
0
TEHRAN-(IDB) : Angkatan Laut Republik Islam Iran akan mempertahankan kehadirannya di perairan internasional guna menjaga kepentingan negara. 
 
Wakil Panglima Angkatan Laut Republik Islam Iran, Laksamana Sayid Mahmoud Mousavi menyatakan, "Angkatan Laut Iran mampu menjaga kepentingan strategis Iran dan akan terus meningkatkan kekuatan militernya di perairan internasional." Demikian dilaporkan IRNA (13/7). 
Sayid Mousavi lebih lanjut menjelaskan bahwa Angkatan Laut Iran akan mengirim beberapa kelompok armadanya ke perairan internasional seraya menegaskan, "Angkatan Laut Iran siap hadir di wilayah mana pun dalam rangka menjaga kepentingan negara." 
Awal Juli lalu, sebuah kapal selam Iran bersama sejumlah kapal perang dari Armada 14 Angkatan Laut Iran, kembali dari misi selama dua bulan di Laut Merah dan Teluk Aden. 
Penempatan kapal selam Iran di Laut Merah merupakan yang pertama dalam misi jarak jauh Angkatan Laut Iran. Iran juga mengirim sejumlah kapal perangnya untuk menghadapi para bajak laut Somalia. 
Meningkatnya aksi perompakan di Teluk Aden, telah membuat jalur tersebut menjadi jalur paling berbahaya di dunia. 
Pada bulan Februari, dua kapal perang Iran, Khark dan Alvand, melintasi Terusan Suez, rute pelayaran strategis di Mesir, untuk pertama kalinya sejak kemenangan revolusi Islam Iran pada tahun 1979. 
Dalam beberapa tahun terakhir, Iran telah mencapai berbagai perkembangan di sektor pertahanan serta swasembada dalam memproduksi dan merawat persenjataan dan perlengkapan logistik. 
Namun pada saat yang sama, Iran berulangkali menegaskan bahwa peningkatan kekuatan militernya itu membawa pesan perdamaian bagi negara-negara regional dan tidak mengancam negara mana pun. Karena doktrin pertahanan Republik Islam Iran berdasarkan pada asas pencegahan. 

Sumber: Irib

0 komentar:

Posting Komentar