Sabtu, Juli 23, 2011
0
TEHRAN-(IDB) : Iran terus meningkatkan pendayagunaan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan selain energi fosil. Wakil Pertama Presiden Republik Islam Iran Mohammad Reza Rahimi meresmikan pembangkit listrik tenaga surya di timur laut negara ini. 
 
Pembangkit tenaga surya tersebut dirancang dan dibangun oleh para ahli dalam negeri Iran sendiri yang mulai berproduksi di kota suci Mashhad, yang terletak 850 kilometer (530 mil) timur ibukota Iran, Teheran. 

Pembangkit listrik tenaga surya terbesar di Iran ini memanfaatkan 216 panel surya, dan dilengkapi dengan pelacak surya yang memberikan produksi energi surya tertinggi. 

Pembangkit listrik alternatif itu akan menghasilkan listrik untuk memenuhi kebutuhan Perusahaan Daerah tenaga listrik Khorasan provinsi. Menurut kepala eksekutif pembangkit energi surya Mashhad, Qolam Reza Karamian, pembangkit ini diharapkan dapat menghasilkan 72.000 kilowatt/perjam tenaga listrik setiap tahun. 

Pembangkit listrik tenaga surya ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan energi dari sumber daya alam untuk mengembangkan energi bersih yang membantu mengurangi pencemaran lingkungan, sekaligus menstabilkan pasokan listrik di kawasan tersebut.

Sumber: Irib

0 komentar:

Posting Komentar