Sabtu, Juli 23, 2011
0
JAKARTA-(IDB) : Lapan mengadakan pertemuan dengan Roskosmos, badan antariksa Rusia. Pertemuan tersebut membahas rencana kerja sama Indonesia dan Rusia di bidang antariksa. Pembahasan tersebut berlangsung pada 13-15 Juli di Ruang Antariksa Lapan, Rawamangun, Jakarta Timur.
                                               
Menurut Kepala Lapan, Drs. Bambang Tejasukmana, Dipl. Ing., kerja sama Lapan dengan Rusia termasuk baru bila dibandingkan dengan negara lain seperti Jepang dan Jerman. “Pertemuan ini merupakan awal hubungan Lapan dan Rusia yang lebih intensif,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Bambang menjelaskan bahwa pembahasan kerja sama diutamakan pada pemanfaatan satelit Glonass. Glonass merupakan satelit berbasis sistem navigasi milik Russia. Satelt ini bekerja dengan sistem yang sama seperti GPS. Nantinya, diharapkan satelit ini juga dapat dimanfaatkan berbagai instansi lainnya di Indonesia.

Pertemuan ini dibagi dalam beberapa diskusi. Diskusi pertama membahas mengenai rencana kerja sama Lapan dan Roskosmos di bidang penginderaan jauh. Pembahasan mencakup kemungkinan Lapan memperoleh data satelit penginderaan jauh secara langsung dengan menggunakan stasiun bumi Lapan.

Diskusi kedua membahas mengenai rencana kerja sama pemanfaatan satelit Glonass dan kerja sama di bidang pengamatan antariksa. Pembahasan juga mencakup rencana kerja sama di bidang partisipasi dalam penelitian sampah antariksa dan asteroid. 

Dalam pertemuan ini, disebutkan bahwa Lapan juga sedang mengembangkan tiga satelit. Satelit tersebut yaitu Lapan A2, Lapan-Orari (A3), dan Lapan-IPB. Lapan A2 dan A3 merupakan satelit surveillance. Sementara itu, Lapan-IPB merupakan satelit untuk mendukung ketahanan pangan.

Selain pembahasan mengenai penelitian di bidang antariksa, Lapan dan Roskosmos juga membahas mengenai rencana kerja sama untuk mempromosikan ilmu kedirgantaraan melalui pendidikan di pusat penelitian teknologi antariksa. Pusat informasi kentaraiksaan tersebut merupakan program kerja sama Rusia dengan ASEAN, organisasi negara-negara di Asia Tenggara. 

Sumber: Lapan

0 komentar:

Posting Komentar