Rabu, Juli 06, 2011
0
FLORIDA-(IDB) : Empat astronot Amerika Serikat yang akan mengawaki misi terakhir pesawat ulang-alik Atlantis kini telah tiba di Florida. Demikian seperti dikutip BBC, Selasa (5/7).

Empat astronot, Chris Ferguson sebagai komandan, Doug Hurley sebagai pilot, dan spesialis misi Sandy Magnus serta Rex Walheim, tiba di Florida dari pangkalan latihan di Houston, Texas.

Tiga astronot pria mempunyai latar belakang militer, sedangkan satu astronot wanita, Sandra Magnus adalah seorang ilmuwan sipil. Mereka telah pergi ke angkasa sebelumnya.

Pesawat ulang-alik ini akan diluncurkan pada Jumat (8/7) dari Pusat Angkasa Kenndey, Florida. Atlantis direncanakan akan mengangkut 3,5 ton pasokan ke Stasiun Angkasa Internasional (ISS). Pasokan itu antara lain terdiri dari makanan yang diperkirakan cukup untuk keperluan satu tahun.

Peluncuran Atlantis mendatang adalah peluncuran yang ke-33 pesawat ulang-alik yang akan segera dipensiunkan itu. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) sedang membuat sejumlah pesawat ulang-alik pensiun dan sebagai gantinya, pengangkutan astronot dan kargo akan dilakukan oleh perusahaan-perusahaan swasta.

Discovery adalah pesawat pertama yang dipensiunkan pada Maret lalu dan diikuti oleh Endeavour yang mendarat terakhir kali pada 1 Juni. Pesawat ulang-alik Eandeavour telah mengakhiri karirnya selama 19 tahun.

Pesawat-pesawat tersebut selanjutnya disimpan di museum. Setelah kembali dari misi, Atlantis akan disimpan di ruang pameran untuk pengunjung yang terletak di kompleks Kennedy Space Center.

Peluncuran Atlantis diperkirakan akan menarik banyak perhatian. Sejauh ini terdapat 2.500 wartawan yang mengajukan permohonan peliputan. Menurut jurubicara NASA Allard Beutel, jumlah penonton diperkirakan berkisar antara 750.000-1 juta orang.

Sumber: PikiranRakyat

0 komentar:

Posting Komentar