Rabu, Juli 06, 2011
0
TEHRAN-(IDB) : Iran dan India mencapai kesepakatan untuk bekerja sama dalam memerangi pembajakan, sebagai bagian dari upaya kedua negara untuk memperluas kerjasama pada tingkat regional dan internasional.
 
Perjanjian tersebut ditandatangani selama pertemuan antara Wakil Menteri Luar Negeri Iran Mohammad-Ali Fathollahi dan Menteri Luar Negeri India Nirupama Rao di Tehran pada hari Selasa (5/7), IRNA melaporkan.

Sejalan dengan upaya-upaya internasional melawan pembajakan, Angkatan Laut Iran telah melakukan patroli anti-pembajakan di Teluk Aden sejak November 2008 untuk mengawal perdagangan maritim dan kapal-kapal khususnya kapal tanker minyak milik Iran.

Pertemuan kedua pihak juga terfokus pada isu-isu regional lainnya, termasuk perkembangan terkini di negara-negara Timur Tengah. Kedua pejabat juga membahas kerjasama trilateral antara Iran, India dan Afghanistan. Mereka menyerukan langkah-langkah untuk memfasilitasi kerjasama konsulat antara Tehran dan New Delhi.

Rao sebelumnya bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi, yang menyerukan perluasan hubungan bilateral antara Iran dan India di bidang perdagangan, industri, sains dan teknologi.

Sumber: Irib

0 komentar:

Posting Komentar