Rabu, Juni 08, 2011
0

TEHRAN-(IDB) : Iran telah mengirimkan sebuah kapal selamnya ke Laut Merah , Selasa (07/06) dalam rangka penyebaran angakatan perangnya ke lautan jauh. Penyebaran ini mencerminkan upaya Iran untuk pamer kekuatan angkatan laut-nya. Iran telah lama berusaha untuk meng-upgrade sistem pertahanan udara dan angkatan laut untuk menggambarkan dirinya sebagai negara adikuasa militer regional, serta mempersiapkan diri untuk serangan di masa depan yang mungkin terjadi terhadap negara itu.
Laporan tersebut mengutip seorang pejabat pemerintah yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan kapal selam dan kapal perang Iran akan diikutsertakan mengawasi rute anti-pembajakan di Teluk Aden sebelum mereka pindah ke Laut Merah awal bulan ini. Fars tidak memberikan rincian tentang jumlah atau kemampuan kapal selam.

Iran telah lama memiliki tiga kapal selam buatan Rusia dan tahun lalu, empat kapal selam baru dikirim ke angkatan laut Iran.

Empat kapal tersebut dikatakan Ghadir merupakan kapal selam kelas penjelajah, yang dapat menembakkan rudal-rudal dan torpedo dan pada saat yang sama mampu cruising di perairan dangkal, seperti Teluk Persia di lepas pantai Iran.

Awal tahun ini, dua kapal perang Iran muncul dalam kunjungan angkatan laut ke Suriah. Langkah ini memicu protes oleh Israel, yang menganggap Iran sebagai sebuah ancaman eksistensial karena program nuklirnya, hal ini merujuk pada panggilan Iran untuk penghancuran Israel dan dukungannya bagi Hamas Palestina dan Lebanon militan Hizbullah.

Israel, Amerika Serikat dan lainnya ingin menghentikan Iran dari apa yang mereka takut adalah upaya Teheran untuk mengembangkan senjata nuklir. Sejauh ini tekanan terhadap Iran telah dilakukan, sebagian besar melalui sanksi internasional, tetapi baik Israel dan AS tidak mengesampingkan serangan militer jika sanksi gagal.Sejauh ini Iran mengatakan program nuklirnya bertujuan hanya untuk menghasilkan listrik.

Sumber: Seruu

0 komentar:

Posting Komentar