Sabtu, Mei 21, 2011
1
Kapal Perang Angkatan Laut Amerika USS Guardian-5  kembali melakukan pelayarannya dari Dermaga Jamrud Utara Tanjung Perak Surabaya
SURABAYA-(IDB) : Setelah bersandar selama enam hari di Dermaga Jamrud Utara, Tanjung Perak, Surabaya, Kapal Perang Angkatan Laut Amerika USS Guardian-5  kembali melakukan pelayarannya (16/5).  Selama berada di Kota Pahlawan, berbagai aktivitas dilakukan oleh Anak Buah Kapal (ABK), seperti olah raga bersama, pertandingan futsal, bola basket di In Door Sport Koarmatim Ujung Surabaya.

Selain kegiatan olah raga, kunjungan kehormatan juga dilaksanakan oleh Komandan USS Guardian-5 Leutenant Commander Kenet Brown dengan didampingi Atase Pertahanan Angkatan Laut Amerika (Athan) Captain Adrian Jansen ke Pangarmatim Laksda TNI Bambang Suwarto, Komandan Lantamal V Laksma TNI M. Atok Urrahman dan Universitas Airlangga ( UNAIR ) Surabaya.

USS Guardian adalah kapal jenis MCM-5 yang memiliki bobot 1.389 ton, panjang 68 meter, lebar 12 meter dan draft 4 meter. Maksud dan tujuan kedatangan  ke Surabaya adalah untuk menjalin hubungan kerja sama antara Angkatan Laut kedua Negara, di antaranya mengadakan latihan bersama ( Latma ) penyapuan ranjau dengan Satuan Kapal Ranjau Koarmatim Ujung Surabaya.

Di akhir kunjungannya, Kapal USS Guardian juga mengadakan Open Ships untuk para Mahasiswa Universitas Airlangga ( UNAIR ) Surabaya, siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) Ilmu Pelayaran Maritim (IPEM) Surabaya dan kunjungan para Kadet Akademi Angkatan Laut ( AAL ).
Kapal perang kelas Avenge merupakan  jenis Mine Counter Measure Ship (Kapal Anti Peperangan Ranjau) ini secara resmi dilepas keberangkatannya meninggalkan Surabaya di Dermaga Jamrud Utara Tanjung Perak Surabaya oleh para pejabat teras Lantamal V.

Sumber: Koarmatim

1 komentar:

  1. Sampai Jumpa Lagi Di Kota PAHLAWAN

    http://angkasabumiatlantik.blogspot.com/

    BalasHapus