Senin, Mei 16, 2011
0
KAIRO-(IDB) : Ratusan demonstran di Mesir bentrok dengan aparat kepolisian dan tentara dalam aksi peringatan hari Naqba yang diselenggarakan aktivis di depan Kedutaan Besar Israel di Kairo, Mesir, Minggu (15/05). 

Demonstrasi tersebut menuntut penutupan dan pengusiran Duta Besar Israel dari negeri tersebut.

Polisi, yang didukung oleh tentara, menembakkan puluhan tabung gas air mata pada demonstran, yang menghancurkan paving block untuk dipakai sebagai alat untuk melempari petugas dan kedubes serta membakar ban.
Sedikitnya 24 orang terluka dalam bentrokan, menurut kementerian kesehatan, dikutip oleh kantor berita resmi MENA.
Bentrokan sporadis terus berlangsung hingga semalam, dengan beberapa pengunjuk rasa mengatakan polisi mencoba bernegosiasi dengan mereka sementara para demonstran bersikeras untuk menduduki halaman kedubes sampai pemerintah mengusir Israel dari tanah Mesir.
Protes adalah salah satu dari serangkaian peringatan yang bertepatan dengan berdirinya negara Israel 63 tahun yang lalu, dalam apa yang sering disebut dalam bahasa Arab sebagai "Nakba" atau "bencana", dimana ratusan ribu penduduk Palestina harus terusir dari tanahnya setelah Israel menyerang dan menduduki kawasan tersebut.
Sumber: Seruu

0 komentar:

Posting Komentar