Sabtu, Maret 26, 2011
0
Illustration
JAKARTA-(IDB):Menteri Pertahanan Malaysia Ahmad Zahid Hamidi meminta media Indonesia membuat pemberitaan yang kondusif terkait permasalahan  perbatasan  antara  Indonesia dan Malaysia. "Media konvensional seperti elektronik dan cetak, juga media sosial, harus berperan menciptakan atmosfir yang baik," katanya dalam Jakarta International Defense Dialogue di Balai Sidang Jakarta, Jumat 25 Maret 20.

Ia tak menunjuk media apa dan dari  negara mana  yang telah  menciptakan atmosfir buruk. Namun, menurutnya selama ini media di Indonesia  kerap menyerang kebijakan perbatasan negeri jiran tersebut. Adapun media konvensional di Malaysia, karena mayoritas dikendalikan pemerintah, cenderung menurunkan berita yang lebih "aman".


Menurut Ahmad, Presiden Indonesia dan Perdana Menteri Malaysia telah sama-sama bekerja keras  merampungkan sengketa perbatasan. Tapi jika rakyatnya menciptakan masalah, maka masalah perbatasan akan makin pelik.

"Yang penting bukan hanya aspek legal tentang perbatasan, tapi semangat untuk menyelesaikan masalah, dan pembagian sumber daya alam yang ada di kedua negara," ucapnya. Ia yakin masalah perbatasan bisa diselesaikan dalam waktu dekat,  meski ia tak menyebutkan target waktunya.

Di sesi yang sama, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono mengatakan perundingan perbatasan itu akan memakan waktu. Pasalnya, banyak hal yang perlu disepakati kedua negara.

Sumber: Tempo

0 komentar:

Posting Komentar