Senin, September 01, 2014
0
JAKARTA-(IDB) : Jumat pagi (29/8) Jupiter Aerobatic Team atau yang lebih dikenal dengan The Jupiters kembali melatih keterampilan melukis langit Jakarta sebagai persiapan menghibur public Jakarta dan peserta Independence Day Run 2014 pada hari Minggu 31 Agustus 2014. Tugas yang tidak ringan mengingat selama ini selalu tampil di area bandara atau pangkalan udara diberbagai pelosok tanah air dan empat negara tetangga yang realtif lapang dan kali ini harus tampil d tengah jantung kota Jakarta yang sesak oleh gedung pencakar langit.


Dalam rangkaian demonstrasinya para penonton bisa melihat sebagai  salam pembuka dari The Jupiters, maka enam pesawat akan mendemonstrasikan kekompakan, kesatuan hati, dengan formasi ketat enam pesawat akan melintas di selatan Monas pada ketinggian 400 meter dari permukaan tanah dan akan berputar 360° pada sumbu longitudinal.  dengan maneuver pertamanya Jupiter Roll.


Selanjutnya tim aerobatic kebanggaan Indonesia dengan leader Letkol Pnb Feri Yunaldi, dengan Wingman Kapt. Pnb Idam Satria, Kapt.Pnb Made Yogi, May. Pnb Arie Susiono, May. Pnb Sri Raharjo dan  May. Pnb Romas akan membentuk formasi mata panah  yang dikenal dengan Arrow head formation dari arah kiri dan selanjutnya menanjak vertical dengan antar pesawat sekitar 3 meter melesat membentuk lingkaran sempurna diatas Monas dengan maneuver Arrow head Loop.


Berbagai maneuver memukau akan disajikan pada para peserta lari dan pada akhirnya akan diakhiri dengan manuver Loop and Bomb burst.dengan membuat lingkaran vertical diudara dan diakhiri dengan saat menukik  keenam pesawat akan berpencar ke enam arah layaknya bomb yang meledak.


Semua maneuver membutuhkan kepresisian dan ketahanan fisik yang tinggi sehingga dapat dihasikan gerakan yang rapi dan kompak. Semua anggota The Jupiters, telah mempersiapkan diri secara khusus untuk performa terbaik yang membanggakan bangsa Indonesia. Mereka adalah para instruktur muda Sekolah Penerbang TNI AU yang sebelumnya sudah mengawaki pesawat garis depan TNI AU seperti pesawat F-16, F-5, Hawk, Helicopter EC-120 dan pesawat angkut C-130 Hercules.


Pada hari Sabtu pagi (30/8) The Jupiters akan melaksanakan latihan gladi resik terakhir pada pukul 7.15 diatas area Monumen Nasional sebelum tampil keesokan harinya pada tempat dan jam yang sama. Harapan kita semua akan mampu memukau dan menumbuhkan kebanggaan serta rasa cinta dirgantara pada generasi muda dan publik Indonesia.

The Jupiters Static Show di Lanud Halim Perdanakusuma

Usai melakukan tarian udara di atas Monas yang disaksikan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dalam acaraIndependence Day Run 2014, Minggu (31/8). The Jupiters kembali melakukan aksinya di lanud Halim Perdanakusuma yang disaksikan oleh para pelajar yang mengikuti kejuaran Basket memperebutkan Piala Komandan Lanud Halim Perdanakusuma serta masyarakat sekitar yang dilanjutkan dengan statik show di Skadron Udara 45. 


Dalam aerobatiknya The Jupiters melakukan 18 manuver andalannya dihadapan para pelajar SLTA sebagai bentuk dari sosialisasi pembinaan potensi kedirgantaraan (Binpotdirga). 


Pada manuver pertamanya The Jupiters dengan enam pesawat melakukan gerakan Jupiter Roll, yaitu berputar 360° secara bersamaan yang dilanjutkan dengan Loop, Clover Leaf, Vulcan & Leader Benefit. 


Menuver yang menegangkan saat ke enam pasawat menanjak bersamaan melakukan Loop kemudian Break Off kedua pesawat melakukan menyilang seolah akan bertabrakan. 


Selanjutnya Jupiter melakukan manuver Tanggo to Diamond Loop, Mirror yaitu kedua pesawat saling berhadapan seolah sedang berkaca yang dilanjutkan dengan Screw Roll, Heart, Roll Slide, Solo Spin, Five Card Loop, Jupiter Roll Back dan Loop and Boom Burst. 


Para penerbang The Jupiters merupakan para intruktur Sekolah Penerbang TNI Angkatan Udara Wingdikterbang Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta, yang berlatar belakang dari penerbang pesawat tempur F-16, F-5, Hawk 100/200, penerbang C-130 hercules dan penerbnag helikopter EC-120 Colibri. 


The Jupiters di pimpin flight leader Letkol Pnb Feri Yunaldi, Right Wing Kapten Pnb Idham Satria, Wing Left Kapten Pnb Made Yogi, Slot Mayor Pnb Ari Susiono, Lead Synchro Mayor Pnb Sri Raharjo dan Synchro Mayor Pnb H.S Romas. Menggunakan pesawat turboprop engine KT-1B Woong Bee pabrikan Korea Aerospace Industries (KAI).




Sumber : TNI AU

0 komentar:

Poskan Komentar