Kamis, Agustus 14, 2014
0
SUKOHARJO-(IDB) : Pemindahan pesawat TNI AU yang jatuh di Dukuh Jogodayoh, Sukoharjo, diharapkan hari ini selesai. Tim yang melakukan pemindahan merupakan gabungan dari TNI AU Adi Soemarmo, Solo dan Adisucipto, Yogyakarta.

Pemindahan pesawat yang jatuh di lahan persawahan menggunakan alat bantu di antaranya balok kayu, crane, alat untuk operasional pesawat dibantu dengan puluhan pasukan yang membantu.


Sedangkan Tim evakuasi dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Adi Sutjipto, Marsekal Pertama TNI Agus Munandar mulai bekerja sejak pukul 08.00 WIB.


Menurut Marsekal Pertama TNI Agus Munandar menyebutkan, tim yang bekerja saat ini untuk melepas bagian pesawat adalah Skadron Teknik (Skatek) 043. Tim sudah melepas bagian mesin dan siap diangkut ke Yogyakarta.


“Butuh waktu lumayan lama dan puluhan pasukan yang membantu. Sebab yang paling sulit dan lama adalah melepas bagian mesin,” jelasnya di lokasi Rabu (13/8/2014).


Beberapa bagian dari pesawat latih TNI jenis AS 2022 Bravo buatan Swiss 1980 sudah mulai diangkat ke truk dan siap dibawa ke Lanud Adi Sucipto Yogjakarta untuk penyidikan lebih lanjut.


Di tempat yang sama, Komandan Lanud Adi Soemarmo, Kolonel Penerbang Agus Radar Sucahyo, menyebutkan jika pihaknya akan bertanggung jawab penuh atas insiden jatuhnya pesawat milik TNI AU, termasuk mengganti rugi persawahan milik warga Dukuh Jogodayoh yang rusak akibat kecelakaan tersebut.


“Seluruh kerusakan dan kerugian pemilik sawah akan kita ganti semuanya,” pungkasnya.




Sumber : Okezone

0 komentar:

Poskan Komentar