Kamis, Agustus 14, 2014
0
MOSCOW-(IDB) : Presiden Rusia Vladimir Putin berjanji akan secepatnya mengirim peralatan perang dan mengajak Mesir bergabung dalam pasar bebas blok Timur.

Kantor berita AFP mengabarkan Selasa (12/8/2014), kedatangan Presiden Mesir Abdel Fatah al-Sisi disambut meriah saat mendarat di Lapangan Udara Sochi. Televisi Rusia menyiarkan gambar deretan tank dan senjata militer berjajar menyambut kedatangan pemimpin Mesir itu. ‘’Kita tengah meningkatkan kerjasama militer dan teknologi,’’ kata Putin kepada al-Sisi saat menjamu tamunya di rumah peristirahatan di Laut Hitam.

Sebaliknya al-Sisi berterima kasih pada Putin, satu-satunya pemimpin negara asing di luar negara Arab yang mengundangnya. ‘’Seluruh rakyat Mesir menyaksikan kunjungan saya ini dan berharap agar kerjasama kedua negara bisa ditingkatkan,’’ kata al-Sisi seperti dikutip kantor berita Rusia, IRNA. Sejumah pejabat tinggi militer Rusia dikabarkan berkunjung ke Kairo, November lalu, guna membahas rencana peralatan militer Rusia.

Harian bisnis Vedemosti yang terbit di Moskow memberitakan, usai pertemuan itu, Kairo dan Moskow sama-sama meneken kontrak pembelian pesawat tempur Mig-29 dan helikopter tempur Rusia, serta sistem pertahanan pantai. Rusia dan Kairo juga hampir menanda tangani kontrak pembelian sistem peluru kendali canggih dan pesawat tempur bernilai $ 3 milyar, yang dibiayai Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. ‘’Mesir sangat tertarik pada sistem pertahanan kami,’’ kata Igor Korotchenko dari Pusat Analisa Perdagangan Senjata di Moskow.

Sementara itu Rusia juga mengajak Mesir ikut dalam zona perdagangan bebas antara Mesir dengan Belarus dan Kazakhstan yang diprakarsai Rusia. Media lokal Mesir tak memberitakan bagaimana tanggapan al-Sisi dengan ajakan itu. Tapi, Pemimpin Mesir tersebut dikabarkan menyambut baik peranan Rusia dalam proyek ‘Terusan Suez’ baru yang akan dikembangkan Mesir.




Sumber : Inilah

0 komentar:

Poskan Komentar