Kamis, Agustus 14, 2014
0
JAKARTA-(IDB) : Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI Gatot Normantyo dan Kapolri Jendral Polisi Sutarman menerima Wing Penerbang Kehormatan dari TNI Angkatan Udara yang disematkan oleh Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia setelah mencoba terbang bersama Kasau dengan menggunakan pesawat tempur Sukhoi di Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu, (13/8).

Atas jasa-jasanya dalam meningkatkan kerjasama yang baik, Kedua Jendral tersebut menerima dan berhak memakai Wing Penerbang Kehormatan pada dada sebelah kanan.

Saat mencoba terbang, Kasad didamping Letkol Pnb Vinsentius dari Skadron Udara 11 dengan pesawat nomor lambung TS 3008, Kasau didampingi Komandan Skadron Udara 11  Letkol Pnb Tamboto dengan pesawat nomor lambung TS 3007 dan Kopolri  didampingi Mayor Pnb Davit Ali dari Skadron Udara 11 dengan pesawat nomor lambung TS 3011, melakukan terbang selama satu jam di Pelabuan Ratu area, Jawa Barat.

Dalam mencoba pesawat Sukhoi Kasad dan Kapolri maupun Kasau yang mantan penerbang pesawat A4 Skay Hawk tersebut melakukan manufer formasi dan dasar – dasar pertempuran udara.

Hadir pada acara tersebut, Wakasau Marsdya TNI Bagus Puruhito, Irjenau, para Asisten Kasau, para Asisten Kasad para Asisten Kapolri, Pangkoopsau II, Dankodikau, para Kadis, Komandan Lanud Iswahjudi Madiun, Komandan Lanud Halim Perdanakusuma dan pejabat TNI Polri lainnya.

Sementara keberadaan pesawat-pesawat tempur TNI Angkatan Udara di Lanud Halim Perdanakusuma tersebut, dalam rangka memeriahkan peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-69, tanggal 17 Agustus 2014 di Istana Negara yang akan datang dan TNI Angkatan Udara mengerahkan 35  pesawat tempur untuk terbang formasi dan fly pass.

Pesawat tersebut terdiri dari 7 Pesawat Sukhoi dari Skadron Udara 11 Makassar, 8 Pesawat F-16 dan 12 Pesawat T 50i dari Skadron Udara 3 dan 15 Madiun serta 8 Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12 Pekanbaru.

Dari sejumlah pesawat tempur tersebut, sebanyak 32 pesawat tempur TNI AU akan melakukan terbang dengan membentuk dua formasi arrow  dan melaksanakan fly pass pada upacara peringatan HUT RI ke-69 di Istana Negara pada 17 Agustus 2014 mendatang, dan formasi flight  pertama terdiri dari  10 pesawat T-50 Golden Eagle dan 6 pesawat Hawk 100/200 dan formasi flight kedua terdiri dari 8 pesawat F-16 termasuk pesawat F-16 C/D 52ID yang baru dan 8 pesawat Sukhoi SU-27/30.




Sumber : TNI AU

0 komentar:

Poskan Komentar