Senin, Juli 21, 2014
0

 
SURABAYA-(IDB) : Komandan Pasmar-1 Kolonel Marinir Kasirun Situmorang memimpin gelar kesiapan prajurit Marinir Wilayah Timur dalam rangka Pengamanan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 di lapangan apel Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Senin (21/7/2014).


Kegiatan yang dihadiri Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir Purwadi, Para Asisten Pasmar-1 dan para Komandan Kolak/Satlak Pasmar-1 tersebut diikuti ribuan prajurit Pasmar-1 yang berasal dari Brigif-1 Marinir, Menkav-1 Marinir, Menart-1  Marinir, Menbanpur-1 Marinir dan Yontaifib-1 Marinir yang  tergabung dalam Delapan Satuan Setingkat Batalyon (SSY)  dan Satu Kompi prajurit Batalyon Taifib-1 Marinir  untuk pengamanan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014.



 
Dalam amanatnya, Komandan Pasmar-1 mengatakanbahwa gelar kesiapan pengamanan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 diselenggarakan dengan tujuan untuk menegaskan komitmen tugas dan kesiapsiagaan prajurit dan satuan jajaran Pasmar-1 dalam membantu mengamankan penyelenggaraan penetapan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Disamping itu, juga untuk melihat secara langsung kesiapan personel dan material guna mendukung kesiapan Korps Marinir dalam rangka pengamanan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014.


Pesta demokrasi yang telah memasuki tahapan penting, lanjutnya, yaitu masa penghitungan suara yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi bagi setiap prajurit terkait tugas pengamanan dilapangan, sebagaimana diketahui bahwa posisi TNI tidak terkecuali Korps Marinir menyikapi Pilpres mendatang sudah memegang teguh komitmen netralitas.

 


Lebih lanjut dikatakan bahwa peran Korps Marinir dalam membantu kelancaran penyelenggaraan rangkaian penetapan dan pemilihan presiden dan wakil presiden meliputi pemberian tugas bantuan pengamanan kepada kepolisian, membantu KPU dalam mengamankan logistik Pemilu hingga hasil akhir Pilpres, Korps Marinir selalu siap mengawal dan menjaga jalannya pesta demokrasi.


Dalam kesempatan tersebut Komandan Pasmar-1 mengingatkan kepada seluruh prajurit Korps Marinir khususnya jajaran Pasmar-1 yang terlibat dalam pengamanan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 agar menjalin hubungan kerjasama dan koordinasi yang baik dengan aparat-aparat terkait, sehingga menjamin penyelenggaraan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dapat berjalan dengan kondusif dan demokratis. Dengan diadakannya gelar kesiapan tersebut diharapkan semakin memperkuat kemampuan antisipasi prajurit dan satuan jajaran Pasmar-1 terhadap berbagai potensi konflik baik vertikal maupun horizontal yang mungkin timbul.

 


“Dengan bekal professional dan disiplin yang telah melekat di dada dan jiwa raga prajurit Korps Marinir, saya yakin kalian akan mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, dan siap digerakkan ke seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Danpasmar-1.


Dalam kesempatan tersebut juga digelar prajurit Pasmar-1 yang tergabung dalam Satuan Setingkat Batalyon (SSY) upacara HUT ke 69 Tentara Nasional Indonesia tahun 2014 yang akan digelar di Dermaga Ujung Koarmatim Surabaya.




Sumber : Kormar

0 komentar:

Posting Komentar