Selasa, Juli 08, 2014
0

SURABAYA-(IDB) : Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso secara resmi membuka Latihan Posko-1 Aspek Laut Tri Wulan III TA. 2014 di Ruang Rapat Brigif-1 Marinir, Gedangan, Sidoarjo, Senin (07/7/2014).


Dalam amanatnya Komandan Pasmar-1 mengatakan sebagai prajurit profesional yang berkarakterkan petarung, religius dan humanis, berkewajiban untuk selalu membina jasmani dan rohani pada kondisi apapun termasuk saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan saat ini.



 
Pembinaan tersebut, lanjutnya, diwujudkan dalam bentuk latihan seperti yang dilaksanakan prajurit Pasmar-1 yaitu menyelenggarakan Latihan Posko-1 Aspek Laut Tri Wulan III tahun 2014. Latihan posko tersebut merupakan salah satu metode latihan taktis tanpa pasukan guna melatih para Komandan dan staf dalam merencanakan operasi, menerapkan taktik dan teknik operasi, melaksanakan olah yudha, komando pengendalian operasi serta menerapkan prosedur dan tata cara kerja yang berlaku pos komando.


Dikatakan lebih lanjut oleh Komandan Pasmar-1 bahwa Latihan Posko Aspek Laut tersebut digelar dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan para Komandan dan staf dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal-hal keterpaduan, kerja sama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan, taktik dan teknik, olah yudha pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki, prosedur dan tata kerja yang berlaku dalam suatu pos komando serta komando pengendalian operasi.

 


“Kemampuan sebagai Pasukan Pendarat Amfibi harus selalu diasah dan ditempa, hal tersebut sesuai dengan tugas pokok Pasmar-1 yaitu membina kemampuan dan menyiapkan kekuatan tempur unsur-unsurnya dalam melaksanakan operasi pendaratan amfibi, pertahanan pangkalan TNI AL, operasi pertahanan pantai di pulau-pulau strategis serta tugas-tugas tempur lainnya,” tegas orang nomor satu dijajaran Pasmar-1 itu.


Sebelum mengakhiri amanatnya, Komandan Pasmar-1 menyampaikan beberapa penekanan kepada seluruh peserta latihan, yaitu agar melaksanakan latihan dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh, memunculkan kreatifitas serta inovasi yang cerdas dalam penyelenggaraan latihan dengan berpedoman pada referensi-refererensi pendukung latihan. Menguasai dan memahami setiap materi latihan yang diberikan sesuai tugas dan fungsi sehingga mampu menjadikan nilai tambah dalam penugasan, selain itu juga memanfaatkan teknologi komputerisasi dalam mendukung latihan, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu selalu mengawali kegiatan dengan berdoa memohon bimbingan dan petunjuk kepada Allah SWT agar diberikan yang terbaik dalam melaksanakan tugas.

 


Sementara itu Direktur Latihan Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto mengatakan Latihan Posko-1 Aspek Laut TW.III Pasmar-1 TA. 2014 melibatkan 402 personel terdiri dari 126 personel sebagai penyelenggara dan 276 personel sebagai pelaku dan latihan akan dilaksanakan hingga 22 Juli 2014 dengan melatih tiga Batalyon Infanteri sebagai Pasukan Pendarat (Pasrat).


Pasrat-1 lanjutnya, yaitu Yonif-1 Mar dengan Komandan Pasrat Mayor Marinir Edi Prayitno, Pasrat-2 Yonif-3 Marinir dengan Komandan Pasrat Letkol Mar Agus Gunawan Wibisono dan Pasrat-3 Yonif-5 Mar dengan Komandan Pasrat Letkol Mar Rudi Harto Marpaung.

 


Latihan yang mengambil tema Pasrat melaksanakan serbuan amfibi di wilayah Kalimantan Timur guna merebut dan menduduki pulau Tarakan dalam rangka mendukung operasi laut dan udara itu akan melatihkan beberapa materi yaitu Pemahaman PPKM, Doktrin Operasi Gabungan TNI dan Doktrin Operasi Ampfibi.


Usai upacara pembukaan latihan, Komandan Pasmar-1 diikuti Kepala Staf Pasmar-1 Kolonel Marinir Purwadi, Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Budi Purnama, S.Pi, Para Asisten dan Komandan Kolak Pasmar-1 melakukan peninjauan ke posko Pasrat yang berada di Mako Yonif-3 Mar, Bapra Edianto dan Mess Perwira Brigif-1 Marinir.





Sumber : Kormar

0 komentar:

Posting Komentar