Kamis, Juni 12, 2014
0

Kopaska TNI AL Dan Navy Seals Berlatih Markmanship

SURABAYA-(IDB) : Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL dan US. Navy SEALs mengasah kemampuan menembak (Markmanship) di Lapangan Tembak Koarmatim, Ujung, Surabaya, Kamis (12/06). Markmanship merupakan salah satu meteri Latihan Bersama (Latma) Flash Iron 14-1 T.A 2014, antara Kopaska TNI AL dan US. Navy SEALs.

Kemampuan menembak tersebut guna meningkatkan keterampilan, profesionalisme dan kemampuan tempur prajurit Kopaska TNI AL, dan Navy SEALs sebagai sesama pasukan khusus di laut (Naval Special Warfare). Karena menggunakan senjata merupakan kemampuan dasar prajurit dalam setiap pertempuran

Dalam hal ini kedua belah pihak saling bertukar ilmu tentang menembak yang mereka dapat dari pengalaman berlatih dan pengalaman di medan tempur.

Latihan ini untuk memantapkan profesionalisme prajurit pasukan katak, baik perorangan maupun tim, khususnya dalam melaksanakan operasi anti teror. “Latihan ini juga sebagai bentuk upaya menjalin kerja sama taktis Kopaska TNI AL dengan US. Navy SEALs”, kata Komandan Satuan Komando Pasukan Katak (Dansatkopaska) Koarmatim Kolonel Laut (E) Yudhi Bramantyo.

Kopaska TNI AL Dan Navy Seals Latihan Tactical Combat Casualty Care

Seusai Latma dibuka, prajurit Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL yang terlibat dalam Latihan Bersama (Latma) Flash Iron 14-1 T.A 2014, langsung melaksanakan latihan taktik pertolongan pertama dan evakuasi medis pada korban saat berada di medan pertempuran Tactical Combat Casualty Care  (TCCC), di Pusat Latihan Kapal Perang (Puslat Kaprang) Kolatarmatim, Ujung, Surabaya, Rabu (11/06).

Materi pelajaran TCCC disampaikan oleh Tim Medis USN. SEALs Hospital Man Hm. 2 Beal meliputi cara memberikan pertolongan pertama pada korban luka tembak, maupun terkena ledakan Ranjau atau Bom. Serta teori dan praktek penanganan korban patah tulang.


Menurut Hm.2 Beal, tujuan mempelajari TCCC antara lain, untuk mencegah korban jiwa saat terjadi kecelakaan di medan perang sebelum mendapatkan penanganan dari Dokter lebih lanjut.

Paradigma Baru TNI AL Kelas Dunia
 
Latihan Kopaska dengan US Navy Seals ini, tidak terlepas dari upaya TNI AL untuk mewujudkan ‘Paradigma Baru TNI AL Kelas Dunia’ yang sedang menyusun Visi ‘Sea Power Indonesia’.


Sea Power merupakan salah satu upaya membangkitkan visi maritim menjadi kejayaan bangsa Indonesia. Sedangkan ‘Paradigma Baru TNI AL Kelas Dunia’, menjadi instrumen pendukung dalam rangka pencapaian visi TNI AL yang handal dan disegani dunia.


Konsep ‘Sea Power Indonesia’ dan ‘Paradigma Baru TNI AL Kelas Dunia’, dituangkan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) TNI Laksamana Marsetio, dalam bukunya yang diluncurkan Rabu 11 Juni 2014.


“TNI AL berkomitmen untuk menjaga kedaulatan negara khususnya wilayah maritim Indonesia. Stabilitas nasional, regional maupun internasional perlu dijaga TNI Angkatan Laut”, ujar Laksamana Marsetio, Rabu (11/6).


Latihan Satkopaska dengan US Navy Seals, merupakan salah satu dari sekian banyak langkah yang ditempuh TNI AL, untuk mewujudkan ‘Paradigma Baru TNI AL Kelas Dunia.




Sumber : Koarmatim

0 komentar:

Posting Komentar