Rabu, Mei 14, 2014
0
JAKARTA-(IDB) : Kementerian Pertahanan dalam hal ini Direktur Kerjasama Internasional Ditjen Strahan Kemhan Brigjen TNI Jan Pieter Ate, Senin (12/5), menerima kunjungan dari Delegasi India National Defense College (NDC) yang dipimpin oleh Senior Instructor MG VP Singh, di Aula Nusantara, Kemhan, Jakarta. Yang ingin dipelajari dalam kunjungan ini adalah, kemungkinan perluasan kerjasama pertahanan di bidang-bidang lain, peran TNI dalam mempersatukan bangsa serta peran TNI dalam meningkatnya pengaruh kawasan Asia di dunia Internasional.
   
Indonesia dan India telah menandatangani MoU kerjasama pertahanan sejak tahun 2001, dan sampai saat ini hubungan kerjasama pertahanan telah tumbuh sangat baik. Sejak tahun 2013 lalu telah diadakan pertemuan tahunan Menteri Pertahanan kedua negara, dimana tahun ini adalah giliran India untuk menjadi tuan rumahnya. Pada tahun ini Menhan juga direncanakan akan berkunjung ke India.

Kemhan RI dan India juga mempunyai forum bilateral yang diketuai oleh Sekjen dimana tahun kemarin diadakan di India dan tahun ini akan dilaksanakan di Indonesia. Dalam forum ini dibicarakan kerjasama bilateral dan aktivitas-aktivitas yang dapat dilaksanakan bersama dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama pertahanan kedua negara diantaranya pendidikan dan latihan yang menjadi area kerjasama pertahanan terkuat antara RI dan India termasuk diantaranya pengiriman Perwira Menengah untuk mengikuti pendidikan di NDC.


Banyak yang melihat Tiongkok sebagai kekuatan yang sedang tumbuh, tetapi menurut Dir Kersin Ditjen Strahan, Amerika Serikat tetap merupakan kekuatan besar yang berpengaruh di dunia Internasional. Karena itulah Indonesia tetap menjaga hubungan baik dengan Amerika Serikat. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi gesekan berarti atas kesenjangan kekuatan antara Indonesia. Begitu pula dengan menjaga hubungan baik dan kerjasama dengan negara-negara di Kawasan Asia Pasifik lainnya demi stabilitas keamanan kawasan.

Sementara itu menurut Ketua Delegasi NDC MG VP Singh, Indonesia memiliki peran penting di Kawasan Asia Tenggara dan dalam membentuk kesadaran lingkungan global akan pentingnya kawasan ini. Kunjungan ini adalah kesempatan unik bagi Delegasi India National Defence College untuk mempelajari secara langsung dari perspektif TNI dan Kemhan. Hubungan kerjasama Indonesia dengan India terlah terjalin sejak para pendiri negeri ini. Hubungan kerjasama pertahanan kedua negara diharapkan dapat terus berkembang dan semakin mempererat saling pengertian antara kedua negara. 




Sumber : DMC

0 komentar:

Posting Komentar