Selasa, Mei 27, 2014
0
HANOI-(IDB) : Hubungan China dan Vietnam kian memanas. Sebuah kapal China dilaporkan telah menabrak dan menenggelamkan sebuah kapal nelayan Vietnam. Insiden ini terjadi di tengah ketegangan konfrontasi wilayah di Laut China Selatan terkait anjungan pengeboran minyak China.

"Saya konfirmasikan bahwa kapal nelayan itu ditabrak," kata pejabat Pusat Koordinasi Penyelamatan dan Pencarian Maritim Regional Vietnam di kota Danang, seperti dikutip kantor berita AFP, Selasa (27/5/2014).

"10 nelayan yang ada di kapal tersebut saat ini telah berada di darat. Mereka selamat. Kapal tenggelam," imbuh pejabat tersebut.

Setelah ditabrak, kapal nelayan Vietnam itu tenggelam sekitar 12 mil barat daya anjungan pengeboran minyak China. Para kru kapal nelayan tersebut diselamatkan oleh kapal-kapal Vietnam lainnya dalam insiden yang terjadi Senin, 26 Mei sore waktu setempat itu.

Menurut para kru tersebut, kapal mereka dikepung oleh 40 kapal China sebelum ditabrak. Demikian seperti diberitakan kantor berita resmi Vietnam, Vietnam News Agency.

Ini merupakan pertama kalinya sebuah kapal Vietnam dilaporkan diserang dan tenggelam sejak ketegangan dengan China ini pecah pada awal Mei.

Hubungan China dan Vietnam memburuk setelah langkah pemerintah China awal bulan ini, yang membangun anjungan pengeboran minyak di wilayah perairan Laut China Selatan yang diperebutkan. Warga Vietnam pun menggelar aksi-aksi unjuk rasa untuk memprotes hal tersebut.

Dalam beberapa hari terakhir, aksi anti-China itu telah berubah menjadi aksi pembakaran setidaknya 15 pabrik milik negara asing -- termasuk China, Taiwan dan Korea Selatan -- di beberapa kawasan industri Vietnam.

Ribuan warga China telah dievakuasi dari Vietnam dan dipulangkan ke tanah air mereka sejak kerusuhan melanda negeri tersebut.



Sumber : Detik

0 komentar:

Posting Komentar