Jumat, Maret 14, 2014
14
JKGR-(IDB) : Pemerintah Indonesia membatalkan rencana pembelian 2 kapal selam kilo hibah yang ditawarkan Rusia. Alasannya karena kapal selam tersebut dalam kondisi rusak.

Tadi pagi 13/03/2014, saya bertemu seorang pejabat TNI AL, ia pun mengatakan :

“Kalau lihat sekilas, bekas harganya murah dibanding baru tapi masa pakainya hanya 10 tahun. Kedua jika beroperasi sampai jangka 10 tahun itu kalau dihitung-hitung maintanance cost-nya itu cukup besar,”

Saya pun bertanya, jadi TNI gagal membeli KS Kilo ?

“Jadi belum gagal, ini masih proses. masih proses berjalan. Kan sekarang kita dihadapkan pada pilihan kita mau beli baru atau second,”.

Menurutnya, saat ini Kemenhan masih mempertimbangkan plus-minus untung ruginya jika membeli Kapal Selam Baru.

“Lebih baik kita keluar uang banyak sekali saja tetapi kita punya kebanggan itu jelas dan kemampuan tempur bisa diandalkan sehingga bisa menimbulkan detterent effect sebagaimana yg kita harapkan,”

“Kemudian keuntungan lain masa pakainya lama. Ini yang sedang diolah tetapi sepertinya tim mengarah pada kapal selam baru,”

Seperti kita ketahui nilai efek deterrent KS Kilo ini sangat efektif. Buktinya belum dibeli atau masih dalam proses penawaran sudah membuat Australia seperti cacing kepanasan (sangat cemas) apalagi dibeli, TERBUKTI…

“Seperti kehidupan di rumah. Kita punya satu atau dua anjing herder atau doberman maka deterent efek untuk pencuri jauh lebih baik dari pada piara anjing kampung 10 ekor yang dikasih kelapa saja langsung diam,”.

Maaf saya tidak jago analisa. Di sini saya cuma bisa kasih pencerahan melalui kutipan obrolan dengan seorang pejabat TNI. Mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat buat teman-teman di warjag. Narasumbernya seorang Jenderal, mudah-mudahan tambah bingung ya. hahahhahahahaha. Kritik dan saran saya terima, terima kasih.



Sumber : JKGR

14 komentar:

  1. Yep .. Lontong 2 Kilo ... btw.. harus nunggu 2 tahun baru jadi 1 lontong

    BalasHapus
  2. menunggu .. yang tak pasti H2C ....

    BalasHapus
  3. Haha....kasihan "indonesia " ku ilove it !

    BalasHapus
  4. Udah jgn kebanyakan mikir, cepet dibungkus. Keburu basi nanti tuh barang. (h)

    BalasHapus
  5. beli juga U 212 buatan jerman . Karena ini mungkin KS paling canggih di dunia. Bisa nembak pesawat terbang juga. Apa KS kilo bisa tu? Terus U 212 milik YUnani yang tidak jadi dibeli itu dibeli negara mana ya? Kalau belum ya buruan Indo ngejar jerman tanyakan tentang hal itu. please deh.,

    BalasHapus
  6. Ks killo yg baru stroong...

    BalasHapus
  7. dari jaman jebot koq cuma penjajagan doang.....kapan nyampe tuh barang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bro.klw dihitung2 udah brapa kali berita mau akan mau dan akan beli ks killo..hadehhhh sampe CAPE DUEHH

      Hapus
  8. Bukannya gak mau, tp Kilo.nya mang gak jd dijual, mo dikasihkan ke bangsa tatar krimea, biar aman dr teror ukraina sob!

    BalasHapus
  9. gagal beli KS Kilo..cuman alasan kondisi nya gak layak, yg pastinya ada tekanan dari pihak lain...
    " sedang proses pembelian baru'' proses?? ...tunggu lebaran monyet kali ....
    gmn sih menhan katanya mau beli tp pastinya gak jadi beli...
    PT PAL mau bikin sendiri...???iya nnti 50 tahun yg akan datang...
    wadueh...nasib-nasib KS kita cuman dua biji ...sabar ya TNI AL....

    BalasHapus
  10. Bikin sendiri dengan cara TOT lebih bagus dari pada beli dan beli sehingga kekuatan kita tidak diketahui oleh musuh, tp jangan TOT sama korea soalnya orang2nya pelit, sebaiknya KS dengan Jerman, Rusia, dan Turki, biar lebih canggih dan tandingannnya teknologi sudah di akui didunia, Bravo TNI

    BalasHapus