Jumat, Februari 21, 2014
0
SURABAYA-(IDB) : Jabatan Wakil Komandan (Wadan) Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) diserahterimakan Brigjen TNI (Mar) Sturman Panjaitan kepada Kolonel Marinir Ivan Ahmad Riski Titus, S.H. yang dihelat di lapangan Laut Maluku, Kesatrian Bumimoro, Kobangdikal, Surabaya, Selasa (18/2/2014).

Prosesi serah terima Jabatan orang nomor dua di ’Kawah candradimukanya’ prajurit matra laut tersebut, dipimpin langsung Komandan Kobangdikal Laksamana Muda TNI Widodo, S.E. dengan upacara militer yang melibatkan sedikitnya 1.200 prajurit.

Sturman –sapaan akrab lulusan AAL angkatan ke-28 tahun 1983 kelahiran Kisaran, Sumatera Utara 17 Oktober 1959 tersebut, selanjutnya mendapat kepercayaan menduduki jabatan Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta.

Sedangkan penggantinya, Ivan -sapaan akrab Pamen melati tiga kelahiran kota “Kembang’’ Bandung 6 Desember 1959 ini, sebelum promosi jabatan bintang satu sebagai Wadan Kobangdikal, Ia menjabat Kepala Sekretaris Lembaga (Kaseklem) Sekolah Staf Komando Angkatan Laut (Seskoal) Cipulir, Jakarta.

Sebelum menempati jabatan Wadan Kobangdikal telah banyak jabatan yang telah diembannya. Usai menamatkan pendidikan militer di AAL tahun 1983 dengan pangkat Letnan Dua, lulusan AAL Angkatan XXVIII ini langsung ditempatkan sebagai Danton Yonranratfib Menbanpur Kormar (1983), kemudian menjabat Danton Brigif-2 Yonranratfib Menbanpur (1986), Paur Opslat Denma Mabes TNI (1990), Paban madya Sops Menbanpur Kormar (1991).

Pada tahun 1993, ia menempati jabatan Pasops Denma Kormar, Danyon Ranratfib Menbanpur (1996), Pasops Menbanpur (2000), Kas Menkav Pasmar 1 Surabaya (2001), Asintel Pasmar 1 (2002), Danmenkav Pasmar 1 (2003), Kadismat Pasmar 1 (2004), Sahli Pangarmabar “B” Komsos (2007), Patun Dosen Seskoal (2007), Dirditdik Seskoal (2008), Asrena Kormar (2008), Asops Kormar (2009), Sahli Pangarmabar “D” jemen 2010, Paban IV Dukops Sopsal mabesal (2011), Kaseklem Seskoal (2013) dan Wadan Kobangdikal 2014.

Adapun pendidikan militer yang pernah diikutinya antara lain AAL XXVIII (1983), Suspaja (1983), Sussarcab (1985), Suskibi (1986), Diklapa II Kopur Angkatan ke-5 (1991), Seskoal Angkatan ke-33 (1995-1996), Sesko TNI Angkatan ke-34 (2007) dan Lemhannas PPRA angkatan ke-44 (2010).

Selama berdinas di TNI AL yang sudah mencapai 31 tahun ini, telah banyak tanda jasa yang telah diraihnya, antara lain Bintang Jalasena Nararya, Satya Lencana (SL) Santi Dharma, SL. Untac Medal, SL. Kesetiaan VIII, SL. Kesetiaan XVI, SL. Kesetiaan XXIV, SL. Seroja, SL. Dwidya Sistha, SL. Dharma Nusa dan SL Kebaktian Sosial.

Sementara itu Komandan Kobangdikal dalam amanat Sertijab Wadan mengatakan bahwa sertijab merupakan suatu proses alamiah yang berkembang secara dinamis sesuai dengan tuntutan dinamika organisasi. Oleh karenanya melalui serah terima jabatan ini diharapkan akan tumbuh semangat baru, ide dan pemikiran baru dan kreatif yang akan membawa peningkatan kinerja lembaga pendidikan Kobangdikal menuju kearah yang lebih baik.

Perkembangan global saat ini lanjutnya, menuntut adanya peningkatan SDM yang berkualitas dan berkompetensi tinggi untuk mengawaki organisasi TNI AL ke depan.

“Kobangdikal sebagai lembaga pendidikan, menjadi ujung tombak dalam menciptakan prajurit pengawak organisasi dalam rangka mendukung terwujudnya TNI Angkatan Laut yang handal dan disegani dan berkelas dunia,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Ia menekankan kepada seluruh prajurit di jajarannya untuk senantiasa siap siaga menghadapai segala kemungkinan, mengingat tren global yang membawa perubahan cuaca cukup ekstrim yang bisa mengakibatkan datangnya bencana alam.

“Siapkan diri, jaga keamanan keluarga dan aset dinas di tempat kerja serta lingkungan sekitarnya, dan selalu siaga bila suatu waktu digerakkan untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka penanggulangan bencana,” tegasnya.

Hadir dalam acara tersebut Komandan Kodikopsla Laksma TNI Aswad, S.E., M.M., Wadan Seskoal Laksma TNI yayat Achmad Hadirat, M.Si. (Han), Kepala Staf Armatim (Kasarmatim) Laksma TNI Siwi Sukma Aji, Wagub AAL Laksma TNI Dedy Yulianto, Karumkital Dr. Ramelan Laksma TNI TNI dr. Nelson Pandaleke, Sp.PD Kadispsial Laksma TNI Laksamana Pertama TNI FX. Agus Susilo, S.E., M.M., dan undangan lainnya.



Sumber : TNI AL

0 komentar:

Posting Komentar