Sabtu, Februari 08, 2014
1
BATAM-(IDB) : Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto yang juga Ketua Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) meresmikan Kapal Negara (KN) Kuda Laut 4803 di Dermaga Satuan Tugas, Setoko, Batam, Sabtu (8/2/2014).

KN Kuda Laut 4803 merupakan kapal ukuran 48 meter ketiga milik Bakorkamla. Dua kapal lain Masing-masing KN Bintang Laut 4801 dan KN Singa Laut 4802 sudah terlebih dulu diresmikan. KN Kuda Laut 4803 memiliki mesin penggerak 3x1.400 HP (marine diesel) dan telah dilakukan uji Hidrodinamik di Laboratorium Hidrodinamik BPPT di kompleks ITS Surabaya pada awal Februari 2013 lalu

Kapal-kapal patroli tersebut akan ditempatkan di Wilayah Barat (Satgas I Tim Korkamla Batam), Wilayah Tengah (Satgas II Tim Korkamla Manado) dan Wilayah Timur (Satgas III Tim Korkamla Ambon. Menkopolhukam juga mengatakan, bahwa tuntutan tugas Bakorkamla sangat dinamis, berbagai pelanggaran diperairan Indonesia juga terus terjadi sehingga memebutuhkan kapal-kapal yang tangguh.
 
"Kapal patroli memiliki peran penting untuk menunjang tugas Bakorkamla dalam rangka pengamanan wilayah perairan Indonesia yang luas," ungkap Menkopolhukam.


Beliau mengatakan, pembentukan Bakorkamla beberapa tahun lalu merupakan salah satu jawaban untuk pengamanan perairan Indonesia yang sangat luas dan rawan pelanggaran.


Kepala Pelaksana Harian Badan Koordinasi Keamanan Laut (Kalakhar Bakorkamla) Laksamana Madya TNI Bambang Suwarto mengatakan proses pembangunan kapal dilaksanakan 250 hari kalender mulai dari 25 April 2013 sampai 31 Desember 2013 di PT Batam Expresindo Shipyard, Tanjunguncang.


Menurut Kalakhar pembangunan kapal patroli Bakorkamla sudah disesuaikan dengan RPJM dan Rencana Strategis (Renstra) Bakorkamla RI 2010 sampai 2014, khususnya untuk mencapai amanat turunnya illegal activities sebanyak 70 persen dan peningkatan ketertiban di laut sebanyak 80 persen dalam rentang waktu tersebut.


"Hingga akhir 2014, kami akan memiliki enam kapal serupa. Dua akan ditempatkan di perairan barat, dua di tengah dan dua lain di timur Indonesia. Ini sesuai dengan rencana strategis pengamanan perairan Indonesia," ungkap Kalakhar.



Sumber : Bakorkamla

1 komentar:

  1. Dukung BAKORKAMLA. Tambahkan kapal2x canggih buatan dalam negeri, dan amankan laut kita.

    BalasHapus