Sabtu, Februari 22, 2014
11
LONDON-(IDB) : Kantor Kementerian Luar Negeri Inggris bakal merilis surat protes resmi gara-gara sebuah kapal perang Spanyol menurut dugaan masuk ke wilayah yang diklaim milik Inggris di Selat Gibraltar. Insiden itu, tulis AP  pada Kamis (20/2/2014) terjadi pada awal pekan ini, Selasa (18/2/2014). "Ada kapal perang Spanyol yang masuk ke perairan Inggris di Gibraltar tatkala Angkatan Laut Inggris tengah menggelar pelatihan," kata pernyataan kementerian tersebut.

Sementara itu, AL Inggris langsung menghentikan pelatihan tatkala kapal perang Spanyol tersebut masuk wilayah perairan dimaksud. "Kejadian itu membuat kami meningkatkan kewaspadaan tingkat tinggi,"kata pernyataan kementerian itu.

Gibraltar terletak di selatan Semenanjung Iberia. Selat itu adalah pintu masuk ke Laut Mediterrania. Inggris menguasai perairan tersebut seturut Pakta Utrecht 1713. Sementara Spanyol selama ini berupaya memperkuat posisinya di kawasan wilayahnya, juga di Gibraltar.

Setahun silam otoritas Gibraltar Spanyol menempatkan blok-bolk beton di Teluk Algeciras untuk membuat pantai buatan. Pihak Spanyol mengatakan upaya itu sebagai perlindungan terhadap nelayan Spanyol.




Sumber : Kompas

11 komentar:

  1. ni baru pemimpin negara memikirkan nasib rakyatnya yg menjadi nelayan,hingga diupayakan membuat beton2 pembatas.tidak seperti pemimpin negeri ini,yg dipikirkan hanya: Perut,Partai&Pundi2(3P) [-(

    BalasHapus
  2. memang gibraltar harusnnya bagian dari wilayah spain/andalusia.....maju trs spain ambil alih hak mu

    BalasHapus
  3. Nahhh ....ini lah contoh ...CONTOH spain spayol patut di tiru buat beyee... demokrat , spayol sudah terang terangan tidak peduly siapa itu inggris britis untuk melindungi rakyat nya para nelayan spayok dari terkaman asing . " kalau beyee...demokrat bagaiman kawan ?.... apa gak sebalikanya saudara kita di papua di bantai negara papua nugini ,beyee...kroni malah dansa dansa tampa bisa berbuat apa komplen ke pqpuq nugini sebagai pelaku terror jugaa enggak ini kan anehh...nkri gak ubah nya negara gak bertuan tampa seorang peminpin faktanya ke sana .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu di topik lain mengatakan PDI temannya Komunis,,, sekarang disini Demokrat yang jadi sasaran !
      Kamu itu siapa? Partai daging sapi atau partai dangdut ??? kampret lu ah,,, jangan mulai kampanye disini ! ngomong alutsista aja !!!

      Hapus
    2. Kita bicara fakta ano 15 30 , kalau gak paham fakta yata ...tak rendem dulu...di waduk pluit sampean. " kapan aq bicara pdip berteman dengan komunis ? .... aq bukan simpatisan partai !!!! Tapi simpatisan calon paling kredibel dan layak untuk di pilih pilpres 2014 .

      Hapus
  4. Melindungi nelayan bukan dengan beton tapi sama aparat sering patroli donk di sana tapi bukan patroli terus minta duit ke nelayan seperti yg dilakukan POLISI. Dengan bungkus Operasi Zebra untuk kelancaran lalu lintas pelaksanaannya UUDS (Ujung-Ujungnya Duit Satusewu)... :d

    BalasHapus
  5. sisa perseteruan masa lalu atau perseteruan karena menggali masa lalu.

    BalasHapus
  6. Pasti spain msh punya dendam merebut kembali kawasan selat gibraltar. Ingris n sekutunya harus mulai dikeroyok rame2.

    BalasHapus
  7. Inggris pertahankan dominasi angkatan laut raya, kalau bisa serang spanyol sdh mulai berani main2 petak umpet di laut dan sangat bijaksana kalu inggris memberikan pelajaran ke spanyol spt argentina

    BalasHapus
  8. menanti perpecahan NATO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Semoga tidak ada lagi yang namanya nato. Mereka cuma penghancur bangsa bangsa..

      Hapus