Sabtu, Februari 22, 2014
18
Komisi I DPR menyetujui perjanjian International Convention for the Suppression of Act of Nuclear Terrorism. DPR meluluskan permintaan pemerintah untuk meratifikasi perjanjian tersebut.
JAKARTA-(IDB) : Komisi I DPR setuju meratifikasi perjanjian International Convention for the Suppression of Act of Nuclear Terrorism atau  Konvensi internasional tentang Penanggulangan Tindakan Terorisme Nuklir.



Wakil Ketua Komisi I DPR Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, fraksi-fraksi di DPR umumnya sepakat mengusung RUU tersebut ke rapat paripurna untuk disahkan menjadi undang-undang.



"Rencananya, Selasa depan ( 25/2) kita usulkan dibawa dalam sidang paripurna untuk persetujuan tingkat II atau disahkan menjadi UU. Dengan demikian, Indonesia resmi bergabung dengan negara lain yang lebih dahulu meratifikasi perjanjian ini," ujar Agus Gumiwang di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (19/2).



Menurut Agus, ratifikasi ini merupakan komitmen negara untuk melindungi rakyat terhadap bahaya nuklir, radioaktif, dan uranium dari serangan kelompok teroris bersenjatakan nuklir. Ini juga komitmen Indonesia mewujudkan perdamaian dunia.



Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri meminta dukungan Komisi I DPR untuk mencegah kepemilikan bahan nuklik dan zat radioaktif dengan segera meratifikasi perjanjian International Convention for the Suppression of Act of Nuclear Terrorism.
Permintaan Izin Kepemilikan Bahan Nuklir Terus Meningkat
Pemerintah mencatat, permintaan izin kepemilikan bahan nuklir dan zat radioaktif terus meningkat. Sebab itulah, pemerintah mendorong DPR meratifikasi konvensi soal penanggulangan terorisme nuklir guna menghindari penyalahgunaan zat itu.

Pemerintah bernapas lega setelah DPR menyetujui ratifikasi Konvensi Internasional Penanggulangan Tindakan Terorisme Nuklir (International Convention for the Suppression of Act of Nuclear Terrorism), Rabu (19/2).



Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan, ratifikasi itu sejalan merupakan wujud komitmen Indonesia untuk melaksanakan ketertiban dunia sesuai amanat Pembukaan UUD 1945. Persetujuan DPR itu melengkapi upaya Indonesia menjadi pelopor perumusan traktat kawasan bebas senjata nuklir di Asia Tenggara. Selanjutnya, pemerintah akan membuat aturan pelaksanaannya.



"Sebagai anggota PBB dan bagian masyarakat internasional, Indonesia mesti turut menanggulangi terorisme nuklir, termasuk mencegah kepemilikan bahan nuklir dan zat radioaktif secara tidak sah," kata Marty Natalegawa di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (19/2).



Menurut Marty, ratifikasi itu perlu untuk melindungi masyarakat dari bahaya penyalahgunaan bahan dan teknologi nuklir, termasuk zat radioaktfif, oleh pihak tak bertanggung jawab. Indonesia sebagai negara kepulauan terbilang rentan menjadi lalu lintas pergerakan bahan nuklir dan radioaktif.



"Karena itu, dibutuhkan pengaturan dan pengawasan ketat agar Indonesia tak mudah dijadikan target dari terorisme nuklir," katanya.



Indonesia juga perlu meratifikasi perjanjian itu karena potensi ekonomi dalam bahan nuklir dan radioaktif dapat dimanfaatkan untuk sektor industri, penelitian, kesehatan, dan tujuan lainnya yang bersifat damai.



Marty mengungkapkan, belakangan terjadi peningkatan permohonan izin untuk penggunaan zat radioaktif. Dari semula terdapat 3.964 izin bagi 822 instansi pada 2002, kini meningkat jadi 11.174 untuk 2.063 instansi pada 2013. Angka ini bakal terus bertambah seiring tumbuhnya perekonomian.



"Peningkatan izin kepemilikan bahan nuklir dan zat radioaktif bagi industri membuat pemerintah merasa perlu untuk mengatur soal nuklir secara komprehensif," katanya.



Sumber : Jurnamen

18 komentar:

  1. Alibi AS dan sekutu. Siapa pemilik nuklir di luar bloknya dengan mudah di anggap teroris.
    Ini cuman sebuah skenario AS, apabila nanti pecah peperangan antara timur dan barat, AS dengan mudah membuat hukum itu berlaku. Dan PBB, sebagai motor AS akan menyerbu blok lawan. Strategi kampungan dari AS.

    BalasHapus
  2. Kebijakan anti nukler sudah di tanda tangani lengkap sudah dari harto sampai beyee...yata yata budak barat ! Negara nan besar nkri hancur karna ulah peminpin nya sendiri hanya mementingkan kelompok dan family cilakanya buat bangsa indonesia .
    Kita semua sebagai rakyat indonesia di tipu ...di tipu oleh budak budak barat yata yata bangsat !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus kamu apa? bahasa indonesia aja gak benar! nulis aja gak becus yata yata yata yata apaaaa maksudnya ? jangan2 kamu antek asing nyamar jadi orang Indonesia ! Budak Timur Tengah ?

      Hapus
    2. Kalau pingin yg bagus dan jellas baca koran ajaa....makanya buka mata mu apa itu anti nukler ?.... nuduh nules gak becus tapi kok marah aneh .... kalau sampai anti nukler itu di tanda tangani oleh dpr yg di motori demokrat bakal berefek gimana buat jangka panjang bodoh ano 15 37 ?.... saya mau tayak bagus enggak buat nkri trakat anti nukler itu ?.....

      Hapus
  3. HATI2 DGN UNDANG2 PESANAN BANGSA ASING,KALAU DI DPR ASAL JELAS ANGKA-ANGKANYA ITU PASTI DIGODOK.....

    BalasHapus
  4. Wadoohhh di kibulin lg kita sama barat dan paman s anggota dewan kok mau maunya gag ada yang lain apa di kerjakan

    BalasHapus
  5. ano 14.05 ngerti yg dibicarakan apa enggak???? Tolol bahasa Indonesia nya... tapi jago ngatain dan hujat orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda atau saya....yg bodoh tololll ? ....kalau gak paham apa itu trakat anti nuklerr?.... gak usah bicara supaya hidupmu gak tambah sengsara , malu maluin bodoh goblok di umbar ke publik anehhh binyata !

      Hapus
  6. Jangan ribut aja.... intinya kalau RI teken.... kita ga boleh buat senjata Nuklir.... tertawa puas deh para Bule dan kroni2nya itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bettol ano 21 .23 . Salut anda paham patut di acungi jempol!!! " Yg menagis aku .....rakyat jelata harapan untuk bertahan dari sapuan asing punah . Jelas ...jelass....yg menagis aku rakyat jelata !!!!...... sadarlah para budak budak asing negerimu sudah tepi ke hancuran tapi anda malah dansa dansa mirio setan .

      Hapus
    2. Kalau ASU ma Brutus n konco2nya ndak teken itu traktat ngapain jg kita arus teken? traktat itu kayaknya akan halang2i kt tuk eksploitasi uranium, pengembangan, distribusi dan penggunaanya. Ada yg punya bocoran file aslinya traktat nuklir tsbt?

      Hapus
  7. ahahaha.............paman sam datang lagi, dia kembali tentu dengan strategi yg betul betul terencana. kita lihat saja strategi apa yg dimainkan sby untuk menghadapi rampok kelas kakap dan teror terhebat dunia itu, sedang hanya hitungan hari sby segera lengser.. semoga diakhir kepemimpinannya, beliau memberi satu tanda penghormatan berkelas dgn memainkan peta politik yg cemerlang. as dengan sengaja memberi restu atau perintah negara pesemakmuran dan sekutu untuk melakukan segala hal provokasi. Indo tidak punya teman baik di tenggara asia, pengecualian (Timor Leste) itu pun karna sakit hati sama ausi

    BalasHapus
  8. Satu2 senjata yg bisa ngalahin asu.. Di kebiri ama antek dpr.. Rakyat jadi galau..

    BalasHapus
  9. pada baca ga sih artikel nya???
    Itu penandatanganan anti teroris nuklir bukan menghentikan program nuklir..
    Negatif trus pemikiran nya.. Blm baca udah menyalahkan...
    Itu persiapan klo suatu saat tempat pengembangan nuklir kita di sabotase oleh teroris.. Jd harus antisipasi dlu.. Sebelum kejadian.. Klo sampe kejadian bisa punah penduduk pulau jawa.

    BalasHapus
  10. Baca dulu dg cermat.... telaah satu persatu kata" nya..... baru komen

    BalasHapus
  11. Nuklir itu apaan sih.. Maaf oot..:-P

    BalasHapus
  12. Saya rakyat jelata, belum tau detail dari traktat yang disetuji Indonesia, Namun Kalau Ausi tanda tangani traktat nuklir ada inggris dan Amrik yang memiliki nuklir dan ia terikat perjanjian saling bela apabila salah satu negara sedang berperang dengan negara lain, sangat memprihatinkan hanya karena alasan bebas nuklir , padahal Amrik dan sekutunya bebas memiliki Nuklir. apa jadinya dengan rakyat Indonesia bila terjadi perang nuklir dikemudian hari atau dengan alasan yang dibuat buat indonesia bisa di invasi, Lihat Irak lihat Afganistan, lihat Libya, dan lain lain negara tersebut diinvasi dengan alasan yang dibuat buat, Lihat pula Korut dan Iran karena negara tersebut telah berhasil mengembangkan Nuklir untuk senjata, apa berani Negara besar menginvasi mereka. Bagai mana dengan Indonesia.

    BalasHapus
  13. Bingung nich lihat komentar2 ano2 semua..

    BalasHapus