Jumat, Desember 20, 2013
32
BOGOR-(IDB) : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyadari, ada dua hal yang menjadi kata kunci dalam mencapai keberhasilan sebuah bangsa. Kedua hal yang dimaksudnya saling bertolak belakang, tapi melalui titik tersebut Indonesia harus bisa mandiri tanpa bergantung pada bangsa lain.

"Saya punya pendapat, bahwa komoditas pangan dan persenjataan militer dasar bagaimanapun bangsa Indonesia perlu memiliki kemandirian yang kuat. Ingat dunia tidak selalu bersahabat," ujar SBY saat Orasi Ilmiah pada Dies Natalis IPB ke-50 di Kampus IPB, Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/12).

Pernyataan yang disampaikannya itu bukan tanpa sebab, apalagi tekanan terhadap keberlangsungan hidup manusia kini semakin berat. Terutama kebutuhan terhadap komoditas pangan yang kini semakin serius.

"Tetapi percayalah selalu ada solusi untuk itu. Tetaplah berparadigma bahwa masalah serius itu bisa dicegah dan diatasi jika manusia sejagat bisa mengubah gaya hidupnya, pemerintahan negara-negara sedunia memiliki kebijakan yang tepat, dan teknologi terus dikembangkan dan diaplikasikan," katanya di hadapan ratusan mahasiswa dan guru besar IPB.

Dua kondisi itu memberikan sebuah pemikiran bagi sejumlah negara hingga berpengaruh terhadap kebijakan dalam negerinya sendiri. Yaitu harus memilih sebagai produsen atau hanya sekedar konsumen dalam menjalani hubungannya dengan negara lain.

"Karena dengan demikian akan lebih efisien. Itu pulalah esensi dari hakikat perdagangan internasional," ungkapnya.

Atas alasan-alasan itu, SBY menyebut dunia tidak selamanya bersahabat dan masyarakat perlu berpikir cerdas agar nasib bangsa tidak terpuruk. Karena itu, Indonesia harus kuat dalam komoditas pangan dan persenjataan militer.

"Marilah kita berpikir cerdas, agar nasib dan masa depan bangsa kita, anak cucu kita, senantiasa terjamin dan bahkan semakin baik," pungkasnya.



Sumber : Merdeka

32 komentar:

  1. Setuju pak ,,, alutsista dulu pak diperkuat,,, kalau soal makan saya makan singkong dan ikan laut saja sudah cukup pak ,,, gak perlu MacDonald, Piza segala macam kok ,,,, yang penting saya makannya dinegara yang tidak dijajah asing !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAYA MA GAK NEKO2. YG PENTING ADA NASI ATAU SINGKONG ADA CABE DA SYUKUR.KT INI MA KAYA, DIBELAKAN RUMAH MA DA ADA TANAM SAYUR SAYURAN. GAK USAH PIZZA.ATAU KFC

      Hapus
  2. ada org bilang sby itu bodoh, sby itu lembek, sby itu penakut... dll
    tp menurut sy pak sby tak sebodoh itu.. bahkan beliau adalah saorg yg sangat cerdas. dan menurut sy pak sby bukan org yg lembek,tp beliau seorg yg peramah, sopan, disiplin dan halus budi bahasa nya... tp di balik kelebutan sikap ny tersimpan kekuatan yg sangat power full yg sangat menakutkan bg siapa2 yg ingin merong2 kedaulatan negara yg di pimpin nya...

    untuk bpk sby... biar pun sesetengah org meragukan anda, tdk menghargai jerih payah perjuangan anda.. tp sy pribadi merasa bangga punya tokoh pemimpin seperti anda... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. SBY saya terharu pak, alutsista Dan pang an mesti seimbang. Trims pak

      Hapus
  3. kemarin" kmn aj lu anjeng....
    bukanya lu selalu mengelukan pihak barat...
    begitu udh pernah d sakiti sma pihak barat baru lu sadar kan anjeng...
    memang lah orang orde baru ne sampah masyarakat aj...

    Fvck SBY

    BalasHapus
    Balasan
    1. aah kamu tuh sudah seperti orang Barat pecinta kebebasan untuk hujat sana sini,,, kamu bukan orang Indonesia !!! gak punya sopan !!! mudah-mudahan lu dijemput KOPASSUS ,,, biar disekolahin sekalian,,,

      Hapus
    2. ano 19.42 ,,, yang bubarkan BP Migas yang berpihak ke Barat ity SBY,,, yang melarang ekspor mineral mentah harus diolah di Indonesia dulu sampai Freeport dan Newmount protes itu SBY,,,, yang menerapkan asa Cabotage melarang kapal bendera asing beroperasi di Indonesa itu SBY,,, yang membangun TNI besar-besaran itu SBY ,,,

      LU YANG ANJING,,, KALU NGGAK SEKOLAH DAN NGGAK TAHU APA-APA JANGAN NGOMONG DEH LU ,,,

      Hapus
    3. Lu yg anj**g ANO 19.42..., mulut sampah..otak sampah.., hidup aja ga berguna lu.., apalagi mati..!!!

      Hapus
    4. itulah kenape Indon bodoh, punya pemimpin pandai cam SBY tetap saje tak puas
      sampai kapan kalian bodoh? kah kah kah..
      kalian seharusnya bersyukor, punya pemimpin cam SBY..

      Hapus
    5. oid anjeng aku orang indon,,,,mau aku lempar mukak ko dgn KTP-E....
      memang jawa edan...dr wong cilik udh bercita" jd kuli bangunan...wkwkwkw

      Hapus
  4. for ano 19:42
    pinter berbahasa indonesia bkn berarti elo org indonesia, srry kami tak sebodoh otak engko yg dangkal dan cenderung bebal... engko hanya keturunan kacokan keleday dan babi jd elo gak layak memprofokasi kami..
    NKRI harga mati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mamak ko harga mati...

      Hapus
    2. dan mamak mu juga harga dua ribuan... wkkk lol

      Hapus
    3. mamak ko tu lah harga gocengan dpt seharian penuh melonte...wkwkwkw

      Hapus
  5. Gimana mau kuat kalo pesawat tempur f16 saja bekas pake dan pesawat angkut aja bekas juga..kalo mesin mogok gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mau gmn lagi,,wong indon miskin tp belagak kaya,,,ya gtu lah nasip nya...wkwkw

      Hapus
    2. iya ya... kalau gw lihat nasip indo jd kayak nasib bapak mu yg kere sejak lahir... huhuhu... patut lah keturunan nya pun kere jugak kayak elo.... wkkkkkk.....

      Hapus
    3. berarti nasip bapak lu 11.32 kecepretan kere jg donk...wkwkwkw
      ampas jg berarti nasip bapak lu ya...nasip oh nasip wong jowo...

      Hapus
  6. f16 itu hanya sbagai stop gap dan sbagai pesawat patroli saja dan sesungguh nya pesawat tempur tni au itu sendiri adalah SU series.
    sekarang elo pikir sendiri, pake fikiran yg cerdas.. klau tni au beli f16 baru cuma dpt 6, terus berapa luas ruang udara indo yg tidak terkover..?!
    dan klau tni au memaksakan untuk beli f16 baru dgn jumlah yg banyak... betapa mudah nya amerika mendekte kita, mungkin dgn isu papua/ham... terus klau kita gak tunduk dgn keinginan mereka, mereka pihak barat terutama amerika dgn mudah akan mengembargo kita, terus klau sudah di embargo.. elo blh bayangkan kira2 akan seperti apa kekuatan tni au dan dan berapa banyak kerugian yg di alami bangsa ini...

    pengamat militer memang lebih pandai berbicara, tapi org militer lebih tau apa yg di butuh kan nya...

    BalasHapus
  7. sy setuju, tapi seharusnya kuat dalam pangan, teknologi & militer.
    itu baru pas.

    BalasHapus
  8. Yg bodoh itu yg suka ngatain orang,apalagi ngatain pemimpin..bangsa kita besar bukan karena 1 orang,tapi karena Rakyat indonesia yg super power...yg bangun kan Rakyat indonesia sendiri...Ingat!! Saat indonesia mengaum semua negara akan terpelongok dengan super power kita....ƍĪ perlu pake senjata canggih,bambu runcing pun jadi

    BalasHapus
  9. beyee...bisanya bicara doang...krupsi , sudah tahu dunia morat marit melarat krisis berabut kawasan , ulutsista baru di ahir pemerintahan di benahi itu pun class bekas .

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya iya... bekas semua.... kayak muka ente bekas lap tangan ane... :-D
      maling teriak maling, sdh niasa mbro... yak persik kayak ente itu...

      Hapus
  10. Indon Negara Sampah...apalagi Jawa asu tu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini sipit ...tambah gak karuan kalau di kasih kesempatan .

      Hapus
    2. alah paling itu si aceh yg habis makan sampah aja bro.... gak usah heran deh....

      Hapus
    3. ano 11.36...wkwkwkw ampas bilang ampas...
      jd orang bicara fakta aj dech...ndk perlu lah ngemis" cari kerja k aceh atu k malaysia...
      maluuu lah pd rumput yg bergoyang...lu bangun tu daerah lu sana ndk perlu cari sesuap nasi k daerah orang....sampah bilang sampah...miskin miskin aj,jgn sok belagu jd orang kaya...wkwkwkw

      Hapus
  11. Setuju 1000%, kita harus memiliki ketahanan pangan untuk 250jt penduduk dengan melakukan pemanfatan lahan hutan gundul dengan penanaman bahan pangan ragam terpadu secara mekanis dan padat karya ( New plantations ), 10 jt ha untuk padi ( 10,000,000 ha x 12 Ton/ha/th x 1000 kg = 120,000,000,000,000 Kg gabah x 60% = 78,000,000,000 kg padi kering giling/ 250,000,000 penduduk indonesia = 300kg/perorang x 0.5kg/hr= bisa dijadikan stock untuk 2 th = 600hari., 1 jt ha jagung untuk pakan ternak, 50ha tanaman rumenasia dan hijauan untuk pakan ternak perprovinsi ( jumlah ternak sapi 50% kg pakan x berat badan x 2th siap Jual ), 250ha tanaman kedelai perprovinsi, 10ha tanaman umbi2an per kabupaten disesuaikan kebutuhan umbi dimasing2 daerah, cabai/rica2 100ha perkabupaten, bawang merah 50ha perkabupaten, bawang putih 5ha perkabupaten, ( bumbu dapur salam, laos/langkuas, jahe, kunir/kunyit, daun jeruk, sereh 5ha per kabupaten).

    Untuk ketahanan keamanan dan pertahanan diperlukan Joint production atau ToT dengan Negara sahabat untuk pengadaan 24 KS klass kilo Type 636 dan AMUR,U209/U214 ex Korea/German/PAL, 5 Skdrn Heavy Fighter SU35BM, 2 Fighter Stealth SU T-50 Pak Fa, untuk arhanudse BukM2E, Pantsir S1 ss 300, ss 400, ss 500, Medium Tank Pindad dengan Rheinmetall canon 120mm, 1000units rudal R Han Pindad 120mm/250mm, 24 units UH64 Guardian, 5 units, 5 chinook, 24 units Black hawk/Fennec 550, 24 Gandiwa, 2 skdrn thypoon/ 2 jass gripen NG type E/F, 2 skdrn IFX PTDI, penambahan 10 batalion Marinir, dan 10 batalion Kopassus, ini mimpi seperti Bungkarno katakan mimpilah setinggi tinggi nya sampai kelangit, duit nya dari mana ? mau gampang? tapi susah jalankan hukum sesuai aturan, disiplin, kerja keras, jujur dan ikhlas. reveiuw UU pertambangan dan bagi hasil, untuk GAS, Emas, Tembaga, Nikel, Batubara, hasil Hutan dan hasil laut, tindak tegas koruptor dengan mengembalikan hasil jarahan nya dipotong dengan gaji nya KOTOR + pajak perbulan sisanya dikembalikan ke Kas Negara Republik Indonesia. pasti 10th saja Indonesia akan adil makmur dari Sabang sampai Merauke, NKRI abadi.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus