Minggu, Oktober 27, 2013
30
LONDON-(IDB) : Inggris sedang memesan 200 rudal anti-pesawat "STARStreak" tambahan. Setidaknya rudal STARStreak ini akan terus digunakan Angkatan Darat Inggris hingga 2025.



STARStreak



Pada tahun 2009 lalu, Inggris meng-upgrade elektronik dan sistem panduan rudal ini, yang akhirnya melahirkan rudal STARStreak II. Kedua versi STARStreak memiliki bobot yang sama yaitu 16,8 kg, ditembakkan dari kontainer tertutup yang biasanya dilengkapkan pada kendaraan darat, kapal atau helikopter. 

Ada juga versi STARStreak yang diluncurkan secara perorangan (bahu).



STARStreak memiliki kecepatan supersonik yang rata-rata kecepatannya hampir satu kilometer per detik dan melepaskan 3 hulu ledak. Masing-masing hulu ledak beratnya 2 pon (0,9 kilogram) dan berisi sekitar 1 pon (0,45 kilogram) bahan peledak dan sistem bimbingan (guidance). 

Jangkauan maksimum STARStreak adalah 7 kilometer, sehingga target hanya memiliki waktu beberapa detik saja untuk bereaksi (sekitar 7 detik menghantam target dalam rentang 7 kilometer). Hulu ledak dimaksudkan untuk melakukan direct hit. Pada kecepatan tinggi, dan dengan paduan tungsten pada ujung depannya, ledakannya menjadi dahsyat, bahkan terhadap sebagian besar kendaraan lapis baja, namun tidak pada MBT.

Yang membuat rudal STARStreak menjadi unik diantara rudal-rudal ringan anti-pesawat lainnya adalah sistem bimbingannya. Sementara sistem rudal lain banyak menggunakan sistem bimbingan infrared, STARStreak dipandu oleh laser, namun meski dinilai lebih unggul tetap saja membutuhkan operator/penembak yang terlatih untuk menjaga rudal mengenai target hingga hit.


STARStreak II dilengkapi dengan sistem pelacakan target otomatis, yang membuatnya menjadi lebih mudah dioperasikan oleh operator yang kurang berpengalaman. Kebanyakan rudal portabel anti-pesawat lain (SA-7 dan Stinger) adalah rudal pencari panas bersifat "fire and forget" namun terbang lebih lambat dan rentan diantisipasi musuh.



Rudal STARStreak
Hulu ledak unik rudal STARStreak
STARStreak hanya memberikan waktu yang sedikit bagi musuh untuk bereaksi dan satu-satunya usaha yang pilot lakukan adalah menambah kecepatan sehingga operator STARStreak tidak bisa menjaga target berada di cross hairs (silang bidikan). Hal ini tentu akan sulit dilakukan bagi operator yang kurang berpengalaman.

STARStreak mulai digunakan Inggris pada tahun 1998, dan awalnya dipasang pada 280 kendaraan darat, namun kini telah berkurang menjadi 210 saja. Sekarang Angkatan Darat Inggris memutuskan untuk menambah stok rudal STARStreak untuk dilengkapkan pada armada daratnya. Masing-masing, kendaraan lapis baja dilengkapi dengan 8 peluncur, sementara kendaraan non lapis baja dilengkapi 3 peluncur (yang juga dapat digunakan secara terpisah dari kendaraan).




Sumber : Artileri

30 komentar:

  1. Ini yg akan di beli TNI untuk perlindungan serangan udara..?? BIASA BANGET tdk ada efek gentarnya belum lagi embargo yg siap menghadang,untuk perlindungan udara sekelas ibu kota negara harusnya S300/400 yg jarak tangkalnya lebih jauah bukan cuma 7 km..

    BalasHapus
    Balasan
    1. masing2 ada fungsinya cuk..
      komen kok asal njeplak

      Hapus
    2. Cuma jarak 7 km ga efektif untuk pertahanan udara lol..!!!musuh sdh melumat habis dg rudal2 jarak jauhnya,serpihan rudal yg berhasil dicegat starsteak dg gravitasi masih sangat berbahaya bila mengenai jidat loe yg nonong...

      Hapus
  2. haha justru itu, karena starstreak adalah rudal anti udara dengan pemandu laser, paling cocok untuk ditaruh di pangkalan TNI yang ada disekitar singapura. rudal MANPADS jelas lebih low profile dibanding S-300 kalau ditaruh di perbatasan, dan kalo singapura jadi beli F-35, starstreak udah pas banget buat menghalau F-35 waktu lepas landas. dan sebelum komen yang aneh-aneh, pelajari dulu laser beam riding guidance itu kayak apa, nggak jelek kok sistem pemandu laser

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf boss tp rudal starstrek mau di tempatkan di gpuncak gedung2 di jkt, sbg pertahanan udara kota, coba disimak berita sebelum nya,,
      http://indo-defense.blogspot.com/2013/10/pengamanan-jakarta-dan-penempatan-tank.html#comment-form

      Hapus
    2. Gampang amat pesawat canggih sekelas F 35 rontok kena starstrek yg ada prajurit pembawa starstrek buyar mata dan otaknya terhantam roket dari F 35,lagian jarak terdekat dari batam ke singapura berapa mil/km coy...

      Hapus
    3. ya ampun starstreak itu sistem VSHORAD, mana mungkin buat pertahanan kota..... paling pas emang ditaruh di perbatasan antara malaysia dan singapura... ini keunggulan laser beam riding kalo ngga tau, laser beam riding itu nggak mungkin terdeteksi sama pesawat pembawa, karena di pesawat tempur belum ada sistem laser warning receiver seperti di tank. adanya sistem radar warning receiver, itu kenapa laser guidance paling pas buat menghadang pesawat stealth yg within visual range. daripada taruh situs SAM yang bisa kehantam HIMARS singapura, mending sistem MANPADS kayak starstreak aja biar low profile. juga singapura pasti mencak mencak kalau kita taruh misalnya sistem Buk-M2 di dekat perbatasan mereka. MANPADS paling pas buat ngasih harapan buat prajurit kita diperbatasan.... oh ya jarak pos paling luar indonesia singapura ( pulau nipah): cuma 2,5mil laut kalo yang belom tau

      Hapus
  3. Pleas dech jangan pd ribut - kita musti dewasa kalem relax n enzoy aja okee-mau beli STARTREAk- S300 kita sih serba hepyy - perlu di catat nih: para pejabat di dephan yg beli startreak pastinya udah fasih betul dg apa yg dipilih- RI disamping beliSTRARTREAK yg merupakan SAM portable shortrange- termutakhir sekarang ini- pengganti RAPIER TNI kluaran lama-nanti nya juga RI akan beli SAM S300- mereka(dephan)sekarang sd evaluasi untuk beliS300 yg memang dibutuhkan TNI -dg catatan penting:pembelian musti dibarengi TRANSPARANSI budget- he he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahh maap lupa-aye mo dikit nambah: sy pengen temenan ihh dg mba KOWAD cakep bergigi pke kawat yg tempo hari jaga stand kostrad di pameran monas- ohh i love you- klo jadi pacar aye- TNI mau saya beli in alutsista paling canggih di dunia- salam from vamhalen-

      Hapus
  4. Kalau jadi pengamat saudara ano ano , yg berbobot sedikit lah, ini startreak anti serangan udara jadi simbol gagal nya diplomasi diplomasion petinggi negara , hanya di ajak naik kuda dokar , senjata ecek ecek di boyong habis , " kita bandingkan STARSTEAK VS PANTSIR S1 yg terkennal tidak ramah buat pesawat 2 sekutu , pantsir s1 selain multi fungsion bisa menghabisi tank ringan di darat .

    BalasHapus
  5. Kontrak sudah di teken ♍àΰ ribut jg percuma ibarat nasi sudah nenjadi bubur cuy kita ribut jg ƍäª ada untungnya kasih masukan yg bagus Dan dewasa untuk kemajuan negara kita salam MERAH PUTIH

    BalasHapus
  6. Indonesia tdk akan perang sampe' 50 thn kdepan...
    Jd terserah aja mo beli mainan yg kayak apa!...
    Jgn lupa roket2 pindad dipasang di perbatasan2, dimodel spt s-400 dan patriot biar bikin tetangga geli2 ngeri...

    BalasHapus
  7. beli s-300, s-400, satu sistem $ 160 Million, uang nenek moyangmu?????

    BalasHapus
  8. Mending beli nasi goreng,kebab,hamburger,es kelapa,es jus alpuket .dllnya .
    Biar perut kenyang tidur pules & mimpi indah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah nya- situe kan sd enak2 nya tidur pulaz+ mimpi basah ha ha- ehh tiba2 dilangit atas rumah noh"tiba2 syuuuuuuuutt ada suara BOM MK82 JDAM - AGM65 maverick dll melesat ke rumah situ-BLARRRS - kesimpulan nya: ya itu dia-STRARTREAK SAM berfungsi untuk supaya mr/ mrs tetep tidur pules+ mimpi basah dg kowad ausie-Tni + nene terserah*ha ha ha

      Hapus
  9. pada ribut yg mau di beli 2014 aja gak jelas apaan...

    BalasHapus
  10. Beli ke inggris yg pasti tdk blh buat melawan ausi dan sisinga + malingsit.ITU PASTI KARENA MEREKA PERSEMAKMURAN,...gamblang dan jelas...!!!!

    BalasHapus
  11. Betul ano 17.46 ..karena singa,malay dan ausi adalah msh potensial saat ini yg selalu mengganggu kedaulatan NKRI

    BalasHapus
  12. Dalam sejarah peradaban bangsa, pemuda merupakan aset bangsa yang sangat mahal dan tak ternilai harganya.

    Kamu yang Pemuda, betapa berharganya dirimu untuk kemajuan bangsa. Apakah dirimu sudah melakukan hal yang sepatutnya dilakukan oleh aset bangsa? Apakah Anda sudah siap Berubah menuju Financial Freedom?

    http://semangatmudaindonesia.com/young-executive-business-sales-for-wealth/

    Selamat Hari Pemuda!

    BalasHapus
  13. Yang pasti rudal manpads biaya pengadaan dan perawatannya lebih murah ketimbang rudal hanud jarak sedang. Tapi bukan berarti TNI ga punya keinginan beli rudal hanud menengah?! Dan semuanya sdh dipertimbangkan dg matang konsekwensinya,kalo starstreak dan mistral terjadi embargo maka rudal QW3 pertahanan terakhir.

    BalasHapus
  14. 1.radar :
    (+) Kalo udh ke lock ama sistem, penembak tggl tekan trigger aja. Sudah
    (-) Bisa di tipu dgn flare, pokok kerjanya mencari panas. Entah itu flare atau pesawat dia ga tau.
    2.laser :
    (+) Ga bisa di tipu flare, karena rudal nya di guidence ama laser tadi. Jadi selama laser nya masih tepat di sasaran, maka tipuan flare tak akan mempan.
    (-) kelemahan nya adalah, bisa tidak operator nya utk tetap mengarahkan laser ke sasaran yg super kencang sprti jet tempur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. maksudnya bukan radar kali, tapi infrared. emang rudal infrared umumnya fire&forget, dan dikecohnya pakai flare. kalau pemandu radar, dikecoh dengan chaff / towed decoy.
      2. emang, kalau laser guindance MANPADS yang dibawa perorangan, dipandunya pakai teleskop khusus. tapi kalau sudah pakai platform pembawa ( misal starstreak II yang berplatform ranpur ), guidance dengan laser dibantu sensor electro optic dengan memori siluet pesawat target yang ada di komputernya. penembak tinggal mengunci, dan arah perputaran laser dikontrol sama komputer.

      Hapus
  15. Setuju ama ano 18.55 !!
    Soalnya ane pernah nonton film " Battle of Los Angeles ", dan cara kerja rudal yang memakai laser sebagai penuntunya lebih kurang sama dgn yg diterangkan.
    Di bagian akhir film BoLA trsbt diceritakan bhwa pasukan delta/ranger merencanakan menghancurkan pembangkit sumber daya untuk BBM mesin tempur alien. Lalu komandan delta trsbt memberi koordinat tempat yg akan dibom ke pangkalan militer, dan salah satu anggota nya mengarahkan kotak laser (seukuran laptop) ke arah target.

    Yg jadi mslhnya, yg diceritakan dlm film td targetnya statis alias tidak bergerak.
    Nah, kalo yg jd targetnya adalah jet tempur modern yg punya kecepatan diatas 1.5mach, apakah operatornya bisa membidik dgn tepat ??

    BalasHapus
  16. Rudal apaan tuh kecil bngt? Itu cocok buat nembak pesawat capung. Mending beli rudal S-3000 bisa nembal pesawat stealth. Belum nanti kena embargo kyk pesawat hawk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha betul2 kecil ya om- liat nya harus pake mikrosscope biar gde om- ha ha- betul: klo dengan S300 -meskipun itu pesawat tempur UFO yg datang dari planet entah berantah" yg mau piknik ke jakarta-bisa ditembak jatuuh oleh S300- blaarrr duarrr-UFO nya hancur gak karuan- alien2 nya mati-ha ha ha

      Hapus
  17. Kalo gua bilang sih mending tunggu russia mau jual s-400 nya dulu (2014 ato 2015 gua lupa) jadi gak nanggung2, lngsung beli yg termutakhir wkwkwk

    BalasHapus
  18. wow mantab komentar para ano sekalian patut dapat applous, semua benar adanya.
    sebenarnya yang TNI lebih tahu apa yang dibutuhkan, soal rudal anti-pesawat "STARStreak" itu termasuk rudal yang mematikan, coba lihat kenapa inggris menambah rudal jenis ini.....????
    semua batalyon pertahanan udara di seluruh dunia pasti mengiginkan arsenal yang ampuh entah s-300, s-400, patriot, sistem MEADS atau yang lain untuk menggebuk pesawat lawan, tetapi sistem pertahanan ini tidak efektif untuk sitem perang berlanjut seperti perang kota atau gerilya merontokkan helikopter atau pesawat angkut dll, para pemikir pertahanan indonesia sudah memikirkan semua itu, seperti halnya inggris mereka pasti tidak jauh beda, rugi dong misalkan ada 100 helikopter serbu menyerang suatu daerah kalau dirontokkan dengan s-300 pasti deh diketawakan sama pembuatnya.....

    BalasHapus
  19. kayaknya kalo belum beli s300-400 semua yg dibeli salah ya, he..he.. ngebet bet...

    relax, kalo feeling saya, MenHan RI tinggal bilang ke MenHan Russia, "kirim donk sekarang" pasti detik ini langsung dibalas "OK". cuman yg namanya jurus kan diperagakan dari jurus 1, 2, 3, dst... mosok ujug-ujug langsung aji pamungkas, nggak sip

    BalasHapus
  20. jangan lupa minta OTE-OTE sama Inggris....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boro2 TOT,paling2 EMBARGO....pengalaman adalah guru yg paling berharga(hawk a100/200)...itu..

      Hapus